Ratusan Personel Komcad Tuntaskan Latsarmil Selama Tiga Bulan, Begini Pesan Prabowo
Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menutup Latsarmil yang dilakoni oleh 500 personel Komcad Matra Darat. (Biro Humas Setjen Kemhan)
19:08
9 September 2024

Ratusan Personel Komcad Tuntaskan Latsarmil Selama Tiga Bulan, Begini Pesan Prabowo

 

Sebanyak 500 personel Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat menuntaskan Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) Gelombang Pertama. Ratusan personel Komcad itu menyelesaikan pelatihan yang mereka jalani sejak 15 Juli 2024.

Setelah lebih kurang tiga bulan ditempa di Resimen Induk Rayon Militer (Rindam) VI/Mulawarman, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menutup Latsarmil tersebut pada Senin (9/9). 

Mayjen Tri Budi Utomo mewakili Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam sambutan yang dibacakan oleh jenderal bintang dua TNI AD itu, Menhan Prabowo meminta seluruh personel Komcad menjaga nama baik mereka.

”Memelihara soliditas dan solidaritas di antara anggota Komponen Cadangan,” kata Tri Budi. Tidak hanya itu, seluruh personel Komcad juga diminta bersinergi dengan segenap komponen bangsa. 

Menhan Prabowo juga menitipkan pesan kepada 500 personel Komcad yang sudah ditempa di Rindam VI/Mulawarman. Mereka diminta menjaga nama baik Komcad. 

”Bekerjalah dengan niat ibadah, loyal, tulus, dan ikhlas untuk menjadi Komponen Cadangan yang terlatih, teruji, dan terpercaya dengan etos kerja tinggi. Hindari sikap tinggi hati, sombong, dan eksklusif. Jadilah Komponen Cadangan yang bersahaja, disiplin, tegas, dan dicintai masyarakat dimanapun saudara berada,” ungkap Mayjen Tri Budi. 

Lewat sambutan itu, Tri Budi menyampaikan bahwa Indonesia memiliki cita-cita besar pada 2045 mendatang. Yakni Indonesia Emas. Untuk itu, seluruh komponen bangsa harus bahu-membahu membangun Indonesia untuk menyambut momen tersebut. Sebab, pada 2045 mendatang Indonesia genap berusia seratus tahun.

”Komponen Cadangan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa dalam membangun negara menuju Indonesia Emas 2024 yang maju,” imbuhnya. 

Setelah tiga bulan menjalani Latsarmil, ratusan personel Komcad diyakini mendapat banyak ilmu, pelajaran, pengetahuan, dan keterampilan, untuk itu mereka diminta mengimplementasikan semua yang mereka dapat dalam menjalankan tugas sebagai Komcad.

”Menhan juga berpesan agar anggota Komcad mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama Latsarmil untuk mendeteksi potensi ancaman agar dapat dicegah secara dini,” ungkap Tri Budi. 

Merujuk laman resmi Kementerian Pertahanan (Kemhan), kehadiran Komcad sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Program Komcad dimulai tidak lama setelah Prabowon diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi  menhan. Hingga saat ini, sudah ada Komcad dari tiga matra TNI. Baik itu Matra Darat, Matra Laut, maupun Matra Udara. 

 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #ratusan #personel #komcad #tuntaskan #latsarmil #selama #tiga #bulan #begini #pesan #prabowo

KOMENTAR