Satgas Pamtas Tingkatkan Patroli Perbatasan Jelang Kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste, Cegah Penyelundupan  
Patroli bersama TNI dan Polri di Perbatasan RI-Timor Leste menjelang kunjungan Paus Fransiskus di Dili, Timor Leste. (ANTARA/HO-Humas Polda NTT)
10:40
9 September 2024

Satgas Pamtas Tingkatkan Patroli Perbatasan Jelang Kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste, Cegah Penyelundupan  

 

– Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Republik Demokratik Timor Leste 742/SWY Pos Silawan bersama personel Polsek Tasifeto Timur menggelar patroli bersama.

Patroli digelar di perbatasan RI-RDTL menjelang kedatangan Paus Fransiskus ke Dili, Timor Leste.

Kabidumas Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Kombespol Ariasandy mengatakan, patroli bersama di perbatasan itu guna memastikan keamanan wilayah perbatasan. Khususnya menjelang kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste pada 9–11 September 2024.

"Sasarannya adalah penyelundupan barang, senjata tajam serta kejahatan lintas batas lainnya," katanya, Senin (9/9) sebagaimana dilansir dari Antara.

Dia mengatakan, selama ini sudah rutin dilakukan patroli bersama, namun kali ini intensitasnya ditingkatkan. Operasi kali ini dipimpin Wakapolsek Tasifeto Timur Ipda Abdul Haris Panara dan Komandan Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL Letda Sahli.

Dengan bersenjata lengkap dan membawa bendera merah putih, aparat TNI dan Polri menyusuri wilayah perbatasan di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Patroli dilakukan dengan berjalan kaki, melintasi hutan, pesisir pantai, hingga sungai-sungai kecil di bawah terik matahari. Meskipun medan yang ditempuh cukup berat, kekompakan antara TNI dan Polri tetap terjaga selama patroli berlangsung.

Dalam kegiatan patroli tersebut, aparat tidak menemukan adanya aktivitas penyelundupan barang atau orang dan pilar-pilar batas negara juga terpantau dalam kondisi aman.

Hal ini menunjukkan bahwa situasi di perbatasan tetap terkendali menjelang kunjungan Paus Fransiskus.

"Patroli itu untuk mengantisipasi pelintas ilegal dari Indonesia ke Timor Leste, serta mencegah penyelundupan barang-barang seperti kendaraan bermotor, BBM, dan sembako," ujar dia.

"Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus berlangsung untuk menjaga stabilitas di wilayah tapal batas RI-RDTL, terutama dalam menghadapi momen-momen penting seperti kunjungan internasional," imbuh Ariasandy.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #satgas #pamtas #tingkatkan #patroli #perbatasan #jelang #kunjungan #paus #fransiskus #timor #leste #cegah #penyelundupan

KOMENTAR