5 Ide Tumpeng Kreatif untuk Merayakan HUT RI ke-79, dari Merah Putih hingga Batik
Ilustrasi nasi tumpeng yang bisa dijadikan ide untuk lomba. (Twitter/@armyfess_)
10:47
15 Agustus 2024

5 Ide Tumpeng Kreatif untuk Merayakan HUT RI ke-79, dari Merah Putih hingga Batik

Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2024 akan segera dilakukan. Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-79 ini sudah dilakukan dengan sejumlah lomba.

Misalnya seperti lomba balap karung, makan kerupuk, hingga lomba-lomba lainnya sudah dilakukan. Termasuk adanya lomba merias hingga lomba membuat nasi tumpeng.

Biasanya lomba membuat tumpeng ini dilakukan menjelang hari H. Bagi peserta lomba biasanya akan mencari ide tumpeng apa yang menarik untuk memenangkan lomba.

Berikut ini sejumlah ide kreatif dan menarik membuat tumpeng saat lomba 17 Agustusan:

Baca Juga: Rekomendasi Hadiah Lomba 17 Agustus Hemat Biaya, Dijamin Bermanfaat!

Tumpeng Merah Putih

Ini adalah pilihan klasik yang selalu menarik. Anda bisa menggunakan nasi merah dan putih untuk membentuk tumpeng, lalu hias dengan lauk pauk berwarna-warni.

Tumpeng Berbentuk Peta Indonesia

Tumpeng ini unik dan sangat cocok untuk perayaan kemerdekaan. Peserta bisa membentuk nasi menjadi peta Indonesia, lalu tambahkan lauk pauk yang mewakili kekayaan alam dan budaya Nusantara.

Memang membutuhkan effort lebih, tapi jika satu kelompok memiliki satu orang kreatif, ide tumpeng ini bisa membuat mereka menang lomba.

Baca Juga: Ini Tempat Pertama Kali Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus Sebelum Pindah ke Istana Negara dan Kini IKN

Tumpeng Bertema Pahlawan

Ide ini bisa diakukan dengan menghias tumpeng dengan gambar atau patung pahlawan nasional. Tambahkan lauk pauk yang menggambarkan perjuangan mereka.

Ilustrasi nasi tumpeng yang memiliki beranekaragam lauk pauk. (Twitter/@freefoodies)Ilustrasi nasi tumpeng yang memiliki beranekaragam lauk pauk. (Twitter/@freefoodies)

Tumpeng Bertema Batik

Tumpeng dengan ide ini memiliki kerumitan sendiri, tetapi hasilnya akan menarik jika berhasil diterapkan. Pertama-tama Anda bisa mendesain dulu seperti apa bentuk tumpeng yang diinginkan.

Hiasi tumpeng dengan motif batik yang beragam. Ini akan menambah keindahan dan nilai seni pada tumpeng Anda.

Tumpeng Lauk Khas Daerah

Ide ini tak fokus membuat gunungan nasi pada umumnya. Bisa dilakukan dengan menyiapkan sejumlah lauk-pauk khas daerah.

Terdapat filosofi mendalam jika ide ini dilakukan, mengingat Indonesia memiliki keberagaman suku yang hidup dalam satu negara, seperti arti Bhineka Tunggal Ika.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #tumpeng #kreatif #untuk #merayakan #dari #merah #putih #hingga #batik

KOMENTAR