Bukan Sekadar Rekreasi, Taman Bermain Maksimalkan Keterampilan Sosial hingga Salurkan Emosi Anak
Taman bermain Thamrin Garden di TM Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 
22:30
12 Agustus 2024

Bukan Sekadar Rekreasi, Taman Bermain Maksimalkan Keterampilan Sosial hingga Salurkan Emosi Anak

- Taman bermain bagi anak-anak bukan sekadar rekreasi.

Lebih daripada itu, taman bermain menawarkan lingkungan yang unik untuk membangun keterampilan.

Ada banyak perkembangan dan pertumbuhan terapeutik yang dapat terjadi di lingkungan seperti taman bermain.

"Melalui taman bermain, anak-anak dapat melatih kekuatan dan keterampilan motorik kasar. Mereka juga mempelajari kesadaran tubuh, pengaturan sensorik, keterampilan fungsi eksekutif, dan harga diri," ucap Emilee Shoemaker, seorang terapis okupasi dari Julie A. Cole Rehab and Sports Medicine Clinic, Hancock County, Ohio, AS, seperti dikutip Blanchard Valley Health System.

Permainan yang mendorong aktivitas fisik seperti dikutip Mind family, memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, antara lain:

1. Memaksimalkan keterampilan sosial

Waktu bermain menyediakan lingkungan yang sempurna bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya, saudara kandung, dan pengasuh mereka, yang membuat keterampilan sosial mereka meningkat.

Mereka bisa bekerja sebagai tim dalam permainan kooperatif atau memerankan skenario imajiner, anak-anak belajar cara berkomunikasi secara efektif.

Mereka juga belajar cara berbagi sumber daya, menegosiasikan konflik, dan bekerja sama secara harmonis dengan orang lain.

Kemudian, membangun empati dan kecerdasan emosional adalah kunci bagi mereka untuk berhasil dalam berbagai hubungan dan interaksi dalam hidup.

2. Menyalurkan emosi

Bermain adalah ruang yang aman bagi anak-anak untuk mengekspresikan dan mengatur emosi di dalam diri mereka.

Sementara aktivitas fisik membantu melepaskan energi yang terpendam, mengelola stres, kecemasan, atau frustrasi juga menjadi lebih mudah. 

3. Mendorong kebugaran fisik

Dengan terlibat dalam aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda, main trampolin, membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar jauh lebih banyak daripada metode lain yang pernah diharapkan.

Ini juga merangsang keseimbangan, koordinasi, dan pengembangan kekuatan sekaligus.

Aktivitas fisik meminimalkan risiko obesitas; meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan; meningkatkan tingkat kemahiran motorik.

4. Menumbuhkan imajinasi dan kreativitas

Permainan imajinatif melepaskan kreativitas anak-anak dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi imajinasi mereka.

Membuat karya seni dengan cat dan tanah liat, atau menciptakan cerita dan karakter, anak-anak terlibat dalam permainan imajinatif untuk mengekspresikan diri dan memperluas batasan kreativitas mereka.

Dengan mendorong pengalaman bermain yang terbuka, dapat memelihara imajinasi, rasa ingin tahu, dan keterampilan berpikir divergen anak-anak.

Permainan imajinatif juga mendorong anak-anak mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir inovatif, yang menjadi dasar bagi inovasi dan kreativitas di masa mendatang.

5. Mendorong Penemuan Diri

Bermain membantu anak-anak belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri, mengekspresikan diri mereka, dan mencari tahu siapa mereka.

Apakah anak Anda berpura-pura menjadi Ironman, perawat, atau guru favorit mereka di sekolah, waktu bermain memberi anak-anak kesempatan untuk menguji diri menjadi orang yang berbeda.

Ini penting karena saat mereka bermain pura-pura, anak-anak dapat membayangkan dan mengeksplorasi minat, kekuatan, dan aspirasi mereka.

Selain itu, waktu bermain menciptakan ruang yang aman bagi anak-anak untuk mengeksplorasi individualitas mereka sendiri.

6. Fleksibilitas kognitif dan kemampuan beradaptasi

Melalui permainan yang terstruktur atau aktivitas bermain bebas, anak-anak belajar fleksibilitas dalam hal mempelajari hal-hal baru atau menyesuaikan perilaku dengan situasi tertentu.

Mereka juga mulai mengembangkan keterampilan seputar pemecahan masalah dengan mengalami berbagai pendekatan dan solusi selama waktu bermain.

Paparan terhadap berbagai jenis permainan pada akhirnya akan membantu membangun ketahanan dalam situasi sulit yang mungkin muncul di sekolah atau bahkan di kemudian hari saat dewasa.

Menyadari kebutuhan dan manfaat tersebut, taman bermain kini ada di mana-mana. Termasuk di pusat belanja. Salah satunya Thamrin Garden di lantai 3, TM Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Wahana rekreasi seluas 5 ribu meter per segi tersebut dikelola dan dioperatori CV Wahana Mitra Mulia.

Ada berbagai macam permainan mulai dari Ice Skating, Bom, Bom Car, Rainbow Car, Prosotan Pelangi, Balon Air dan masih banyak lagi.

Center Director TM Thamrin City Mualim Wijoyo, mengatakan selama ini TM Thamrin City dikenal baik sebagai pusat batik dan tenun, pusat kebaya, busana muslim, perlengkapan haji dan umrah di Jakarta.

“Di sini kami ingin menunjukkan bahwa kami siap melakukan penyesuaian-penyesuaian yang dapat memberikan pengalaman berbelanja terbaru dan berbeda untuk setiap pelanggan kita,” ucapnya lewat keterangan, Jumat (9/8/2024).

Menurut dia, kehadiran wahana rekreasi ini akan meningkatkan pengalaman berbelanja yang asyik dan nyaman bagi keluarga khususnya anak-anak.

Adapun Thamrin Garden beroperasi mulai Jumat, 9 Agustus 2024 dengan jam operasional pukul 10.00 sampai dengan 21.00 WIB.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #bukan #sekadar #rekreasi #taman #bermain #maksimalkan #keterampilan #sosial #hingga #salurkan #emosi #anak

KOMENTAR