Mengintip Indahnya Gumuk Pasir Parangkusumo, Lokasi Syuting MV Gala Bunga Matahari
MV Gala Bunga Matahari (YouTube)
11:53
10 Agustus 2024

Mengintip Indahnya Gumuk Pasir Parangkusumo, Lokasi Syuting MV Gala Bunga Matahari

Rilisnya music video (MV) dari lagu berjudul 'Gala Bunga Matahari' sukses menjadi perbincangan publik. Tembang ciptaan Sal Priadi itu memang naik daun sebagai salah satu lagu tentang orang yang ditinggalkan untuk selamanya.

Selain lagunya, MV Gala Bunga Matahari yang dirilis Kamis (8/8/2024) juga berhasil trending di YouTube. MV garapan sutradara Aco Tenri itu dibintangi oleh Gempita Nora Marten dan aktor senior Landung Simatupang.

MV dengan durasi 5 menit tersebut rupanya diambil di Yogyakarta, salah satunya di Gumuk Pasir Parangkusumo. Jadi tempat syiting MV Gala Bunga Matahari, seperti apa Gumuk Pasir Parangkusumo?

Gumuk Pasir Parangkusumo

Baca Juga: Psikodukasi Kelompok KKN 95 UMBY dengan Pedagang Pasar Beringharjo Tengah

Gumuk Pasir Parangkusumo bukan tempat wisata baru di Yogyakarta. Wisata ini sudah banyak dikenal sejak awal tahun 2000-an.

Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri berada di kawasan Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Uniknya, termpat tersebut menjadi salah satu dari 2 Gumuk Pasir yang ada di dunia. 

Diketahui hanya ada dua gumuk pasir alami di dunia yakni di Mexico dan Yogyakarta.

Gundukan pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo berasal dari letusan abu vulkanik gunung yang terbawa aliran Sungai Opak dan Sungai Progo yang mengalir sampai Pantai Parangtritis.

Gumuk Pasir Parangkusumo (Instagram.com/@gumukpasir)Gumuk Pasir Parangkusumo (Instagram.com/@gumukpasir)

Abu vulkanik kemudian terbawa ombak dan berubah menjadi butiran halus yang menepi ke pantai. Hal ini yang kemudian membentuk gundukan pasir yang terkumpul di sepanjang Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Baca Juga: Video Klip Gala Bunga Matahari Trending, Gading Marten Kirim Pesan Manis untuk Gempi

Gumuk Pasir Parangkusumo di sekitar dua pantai tersebut kini semakin melebar seiring dengan kencangnya tiupan angin.

Dengan keunikannya, Gumuk Pasir Parangkusumo tak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga lokasi syuting. Selain itu, tempat ini juga sering menjadi bahan penelitian.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #mengintip #indahnya #gumuk #pasir #parangkusumo #lokasi #syuting #gala #bunga #matahari

KOMENTAR