Ragam Manfaat Tersembunyi Semangka: dari Hidrasi Tubuh hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi semangka. [Unsplash.com/Sahand Babali]
15:23
21 Juli 2024

Ragam Manfaat Tersembunyi Semangka: dari Hidrasi Tubuh hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Semangka bukan hanya buah yang lezat dan menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Semangka mengandung berbagai macam nutrisi yang penting untuk tubuh.

Semangka mengandung 92 persen air, menjadikannya pilihan tepat untuk hidrasi dan membantu memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Kandungan kalium dan magnesium dalam semangka membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

"Semangka kaya akan air yang membuatnya bagus untuk hidrasi dan keseimbangan elektrolit karena mengandung kalium dan magnesium," kata ahli diet Maggie Michalczyk RDN, melansir Antara, Minggu (21/7/2024).

Semangka kaya akan likopen, antioksidan kuat yang memberikan warna merah cerah pada buah ini. Likopen membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Kombinasi likopen dan vitamin C membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, atau penyakit neurodegeneratif.

Semangka juga merupakan sumber vitamin C yang baik, antioksidan lain yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Likopen juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah. Keduanya penting untuk kesehatan kardiovaskular, karena tidak mengandung lemak, kolesterol, dan sodium.

Kandungan seratnya juga membantu memberikan beban glikemik rendah yang artinya berefek kecil pada gula darah. Manfaat lain yang patut dicatat dari semangka adalah asam amino yang dikandungnya yaitu citrulline dan arginine, Ini adalah dua dari 20 asam amino yang kita butuhkan untuk membantu pembentukan otot, saraf, dan sel.

Satu cangkir semangka potongan dadu berisi nutrisi 46 kalori, 12 gram karbohidrat, 9 gram gula, dan merupakan sumber vitamin C dan A yang sangat baik, dan memberi manfaat hidrasi karena tambahan kalium dan magnesium.

Meskipun semangka merupakan buah yang bergizi, mengonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang dapat berdampak negatif pada seseorang yang sedang mengelola diabetes atau resistensi insulin.

Kedua, seseorang dapat mengalami reaksi alergi terhadap semangka jika mereka alergi terhadap rumput, bersama dengan buah-buahan seperti persik, seledri, tomat, jeruk, dan melon lainnya.

Reaksi ini dikenal sebagai sindrom alergi oral, yang merupakan alergi kontak di tenggorokan dan mulut yang terjadi saat Anda mengonsumsi makanan ini mentah. Jika Anda mengalami gatal atau bengkak di tenggorokan, mulut, wajah, bibir, atau lidah, segera cari pertolongan medis.

Editor: Suhardiman

Tag:  #ragam #manfaat #tersembunyi #semangka #dari #hidrasi #tubuh #hingga #meningkatkan #kekebalan #tubuh

KOMENTAR