Tak Banyak yang Tahu, 5 Rahasia Tubuh Wangi Sepanjang Hari Tanpa Parfum Mahal
Ilustrasi Tubuh Wangi Sepanjang Hari (Shutterstock)
19:26
15 Juli 2024

Tak Banyak yang Tahu, 5 Rahasia Tubuh Wangi Sepanjang Hari Tanpa Parfum Mahal

Tubuh wangi sepanjang hari tanpa mengandalkan parfum mahal ternyata bukan cuma mimpi. Ya, kamu ternyata bisa memiliki tubuh wangi dengan melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup. Apa saja?

Beberapa orang kerap mengeluh lantaran memiliki bau badan yang mengganggu. Beberapa yang lain, bahkan harus mengandalkan parfum mahal untuk memiliki tubuh yang wangi.

Namun, tahukah kamu, rahasia tubuh wangi sepanjang hari ternyata sangatlah mudah. Coba simak tips berikut yang dilansir dari Brightside. Dijamin kamu semakin percaya diri karena memiliki aroma tubuh yang harum tanpa parfum mahal.

1. Batasi konsumsi daging merah dan produk susu

Baca Juga: Gak Kebayang Wanginya, Kris Dayanti Ngaku Campur 3 Parfum Sekaligus saat Manggung

Menurut para ilmuwan, makanan yang paling sering kita konsumsi dapat mempengaruhi bau keringat kita. Misalnya, daging merah mengandung banyak asam lemak, dan jika tubuh tidak mampu memecah zat tersebut, maka bau keringat bisa menjadi sangat menyengat.

Sayuran seperti brokoli dan kubis juga bisa menimbulkan banyak masalah. Jika kandungan sulfur di dalamnya mencapai bakteri yang hidup di permukaan kulit, mereka bisa mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Selain itu, tubuh sebagian orang tidak mampu sepenuhnya memproses zat trimetilamina yang terdapat pada kacang-kacangan, telur, dan susu. Akibatnya, senyawa organik ini dikeluarkan melalui pori-pori sehingga meninggalkan bau badan yang apek dan amis.

Tapi tenang saja, kamu tidak perlu mengubah pola makan dengan drastis, kok. Tapi, kamu bisa mencoba mengurangi jumlah makanan tertentu yang berpotensi menimbulkan bau badan tak sedap. Beberapa peneliti menyarankan untuk makan lebih banyak serat dan buah segar. Dan sebagian besar dokter kulit menyarankan untuk mengonsumsi minyak esensial peppermint yang dapat dimakan, karena dapat menyamarkan bau keringat.

2. Jangan minum kopi terlalu banyak

Baca Juga: Nambah Bisnis Baru, Song Ji Hyo Bakal Rilis Brand Pakaian Dalam dan Parfum

Tubuh kita mulai mengeluarkan bau tak sedap ketika bakteri di permukaan kulit bersentuhan dengan keringat. Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, merangsang kelenjar keringat tertentu, membuat tubuh memproduksi lebih banyak cairan, sehingga kemungkinan besar keringat akan berbau lebih kuat.

Sebaliknya, air putih membantu menghilangkan bau tak sedap. Saat tubuh dehidrasi, semua bau yang dikeluarkan justru semakin kuat, terutama yang berasal dari mulut. Beberapa ahli menyarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air sehari agar tubuh tetap terhidrasi.

3. Rawat pakaian dengan benar

Terkadang, bau bukan berasal dari tubuh kita, melainkan dari pakaian. Oleh karena itu, pakaian yang telah terkena keringat sebaiknya dicuci di bagian luar dan dalam agar zat-zat yang mengandung bau tidak sedap dapat dihilangkan sampai tuntas. Jika pakaian kamu berbau tidak sedap, kamu bisa merendamnya dalam larutan cuka sebelum dicuci.

Dan saran yang mengejutkan, kamu sebaiknya hindari memakai pelembut pakaian saat mencuci, karena cairan ini akan menutupi kain dengan lapisan tipis yang mencegah sirkulasi udara pada pakaian. Hal ini akan membuat si pemakainya akan lebih banyak berkeringat, dan bakteri yang mengeluarkan bau tidak sedap berkembang biak lebih cepat.

Selain itu, jangan menumpuk pakaian terlalu rapat di dalam lemari. Hal ini akan mengganggu sirkulasi udara di dalam dan menyebabkan pakaian cepat lembap.

4. Keringkan tubuh dengan benar setelah mandi

Setelah mandi, pastikan kamu mengeringkan seluruh tubuh dengan handuk bersih, dan berikan perhatian khusus pada area yang biasanya paling banyak mengeluarkan keringat. Bakteri penyebab keluarnya bau tak sedap paling cepat muncul di lingkungan lembap, jadi jangan memakai pakaian saat tubuh masih basah.

5. Olahraga teratur

Kita mengasosiasikan olahraga yang intens dengan produksi keringat, sehingga tidak akan berpikir kalau olahraga akan membuat kita terhindar dari bau badan. Namun para peneliti mengklaim bahwa berkeringat secara teratur dapat mengembalikan bau alami kulit. Semakin sering keringat keluar dari kelenjarnya, maka akan semakin harum bau keringat tersebut.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #banyak #yang #tahu #rahasia #tubuh #wangi #sepanjang #hari #tanpa #parfum #mahal

KOMENTAR