Amalan Malam 1 Muharram 1446 H: Bacalah Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriah
amalan tahun baru islam 1 Muharram 1446 H (Freepik)
20:29
6 Juli 2024

Amalan Malam 1 Muharram 1446 H: Bacalah Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriah

Menyambut Tahun Baru Islam 1446 H, ada beberaapa amalan yang bisa dilakukan oleh umat Muslim. Lantas, amalan tahun baru islam 1 Muharram 1446 H? Simak berikut ini ulasannya lengkap dengan jadwalnya.

Diketahui bahwa tahun baru Islam dirayakan setiap tanggal 1 Muharram.  Adapun bulan Muharram ini merupakan bulan pertama di penanggalan kalender Hijriah. Bulan haram (bulan suci) inipun menjadi momen tepat untuk menjalankan berbagai amalan baik.

Nah untuk mengetahui apa saja amalan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H yang disunnahkan untuk dilakukan oleh umat Muslim, simak berikut ini ulasannya lengkap dengan informasi jadwal pelaksanaan Tahun Baru Hijriah dalam kalender Masehi.

Amalan Tahun Baru Islam

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat Muslim saat Tahun Baru Islam yaitu membaca doa akhir tahun dan awal Tahun. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam dengan Tawa: Kumpulan Pantun Kocak Penuh Makna, Gaya Baru Beri Ucapan!

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqûbati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa'as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja'i minka ya karim.

Artinya: "Ya Allah, perbuatan apapun yang telah aku lakukan pada tahun ini yang Engkau larang dan aku belum bertaubat darinya, sedangkan Engkau masih bersabar terhadapku dengan karunia-Mu setelah Engkau memiliki kekuasaan untuk menghukumku, dan Engkau mengajakku untuk bertaubat setelah aku berani melakukan maksiat kepada-Mu, maka aku memohon ampunan-Mu, ampunilah aku. Dan perbuatan yang aku lakukan tahun ini yang Engkau ridai dan Engkau janjikan pahala atasnya, aku memohon kepada-Mu untuk menerimanya dariku. Janganlah Engkau memutuskan harapanku kepada-Mu, wahai Yang Maha Mulia."

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

 Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa 'ala fadhlikal 'azhimi wa karimi jûdikal mu'awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fihi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis sû'I, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat! Catat Waktu Tepat Baca Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H

Artinya: "Ya Allah, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Karena karunia dan kemurahan-Mu yang besar, Engkau menjadi harapan yang teguh bagiku. Saat memasuki tahun baru ini, aku memohon perlindungan dari godaan setan dan pengikut-pengikutnya. Aku juga memohon pertolongan-Mu dalam mengatasi hawa nafsu yang sering menggoda untuk berbuat jahat. Aku memohon petunjuk dari-Mu agar setiap aktivitas keseharianku dapat mendekatkan diriku pada rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia.”

Selain membaca doa akhir tahun dan awal tahun, ada amalan lainnya yang bisa dilakukan oleh umat Muslim saat Tahun Baru Islam diantaranya yaitu sholat sunnah, puasa sunnah Muharram atau puasa Sura, dan berdzikir.

Jadwal Tahun Baru Islam1446 H

Tahun baru hijriah atau tahun baru Islam jatuh setiap tanggal 1 Muharram. Berdasarkan SKB 3 Menteri, tahun ini pergantian tahun Baru Islam tanggal 1 Muharram 1446 Hijriah bertepatan dengan tanggal 7 Juli 2024, hari Minggu.

Demikian ulasan mengenai amalan tahun baru islam 1 Muharram 1446 H lengkap dengan jadwal kapan tahun baru islam 1446 H. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #amalan #malam #muharram #1446 #bacalah #akhir #awal #tahun #hijriah

KOMENTAR