Habib Husein Jafar Singgung Dalil Bayi Ikut Naik Haji, Apakah Sah dan Dapat Pahala?
Habib Husein Jafar (YouTube).
08:50
6 Juli 2024

Habib Husein Jafar Singgung Dalil Bayi Ikut Naik Haji, Apakah Sah dan Dapat Pahala?

Pendakwah Habib Husein Jafar ikut singgung mengenai bayi yang ikut orang tuanya beribadah haji ke Tanah Suci. Obrolan itu mencuat ke publik lantaran ucapan Geni Faruk beberapa waktu lalu, yang bersikeras mengatakan anaknya Thariq Halilintar telah berhaji sejak usianya dua bulan. 

Pada postingan Habib Husein Jafar di Instagram, dia menuliskan satu hadis sahih yang menjelaskan tentang fenomena tersebut. 

"Ibnu Abbas meriwayatkan, Nabi Saw pernah bertemu dengan rombongan dari Rauha’, lalu seorang perempuan dari mereka mengangkat bayinya kepada Nabi Saw dan bertanya: “Apakah (bayi ini) juga melaksanakan haji?” Nabi Saw menjawab: “Ya, dan kamu pun mendapatkan pahala.” (HR. Muslim)," tulis Habib Husein Jafar, dikutip Jumat (5/7/2024). 

Pada lanjutan caption tersebut, Habib Husein Jafar juga menuliskan kalau haji anak kecil tersebut tetap sah dan mendapatkan pahala haji juga. 

Baca Juga: Ivan Gunawan Parodikan Video Thariq Halilintar Naik Haji Usia 2 Bulan, Bikin Artis Lain Tertawa tapi Disindir Nggak Lucu

"Haji anak kecil sah dan mendapat pahala, tapi tak memenuhi rukun haji (karena belum baligh) sehingga dihitungnya sunah dan belum menggugurkan kewajiban hajinya," imbuhnya. 

Ucapan Geni Faruk tentang Thariq yang telah berhaji saat bayi itu terjadi ketika acara lamaran anaknya dengan Aaliyah Massaid pada Juni lalu. Ibu dari Gen Halilintar itu bersikeras mengatakan kalau Thariq sudah punya gelar haji sejak masih bayi. Hal itu lantaran Thariq telah dibawa sang ibu ke Mekkah ketika menunaikan ibadah tersebut. 

"Ini Thariq ini juga haji, jadi waktu umur dua bulan sudah naik haji sama kita. Jadi begitu selesai nifas terus pergi haji," ucap Geni Faruk saat acara lamaran usai Atta Halilintar memberikan sambutan.

Perkataan itu sebenarnya sempat tidak disetujui oleh Atta. Namun, Geni Faruk tetap bersikeras menyebut kalau anak keempatnya itu telah punya gelar haji. 

Perkataan itu rupanya bukan baru pertama kali dilontarkan oleh Geni Faruk. Sejak beberapa tahun lalu, telah beredar di media sosial video Geni Faruk menceritakan perjalanan pertama Thariq ke Tanah Suci Mekkah saat masih bayi. Namun, Geni Faruk sendiri mengakui kalau dirinya pada saat itu masih dalam akhir masa nifas

Baca Juga: Sahabatan dari Kecil, Amel Carla Ditunjuk Jadi Bridesmaid Aaliyah Massaid

Editor: Vania Rossa

Tag:  #habib #husein #jafar #singgung #dalil #bayi #ikut #naik #haji #apakah #dapat #pahala

KOMENTAR