Gen Z Wajib Tahu! Ini Pentingnya Melek Soal Literasi Keuangan di Era Digital Seperti Saat Ini
Ilustrasi generasi muda. (Dok: Ist)
11:31
3 Juli 2024

Gen Z Wajib Tahu! Ini Pentingnya Melek Soal Literasi Keuangan di Era Digital Seperti Saat Ini

Generasi Z dan milenial seringkali menghadapi tantangan unik dalam mengelola keuangan mereka, terutama di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang pesat.

Untuk itu, literasi keuangan bagi generasi muda menjadi hal penting yang perlu didapatkan. Siti Komara, pakar manajemen keuangan, mengatakan memberikan wawasan dan panduan praktis untuk membantu Gen Z dan milenial merencanakan keuangan mereka adalah hal yang efektif.

Terlebih di era digital seperti saat ini, generasi muda telah memiliki kemudahan akses dan pengelolaan keuangan. Jika tidak dimanfaatkan dengan maksimal, hal tersebut justru bisa menjadi bumerang tersendiri.

Kini mengakses dan mengelola rekening bank, melakukan pembayaran tagihan, atau mentransfer uang sudah dengan lebih efisien melalui perangkat smartphone atau komputer. Bahkan instrumen investasi pun sudah bisa didapatkan hanya dari genggaman.

Baca Juga: Jadi Garda Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Bidan Harus Diberdayakan dengan Literasi Keuangan

Namun, yang perlu dipahami adalah mengenali dan menghindari potensi risiko, mulai penipuan online atau kebocoran data pribadi sehingga dapat mengambil tindakan preventif untuk melindungi informasi keuangan.

Untuk itulah baru-baru ini, STAI Kuningan kembali mengadakan webinar nasional bertema "Tips Jitu Merencanakan Keuangan untuk Gen Z dan Milenial".

Digelar pada Sabtu (17/2/2024) melalui Zoom Meeting, acara ini menarik perhatian lebih dari 200 peserta dari berbagai kalangan. Dalam acara tersebut Siti Komara yang Wakil Ketua 1 STAI Kuningan, membagikan berbagai tips praktis dan strategi keuangan yang relevan bagi generasi muda di era digital.

"Perencanaan keuangan, pentingnya menabung dan investasi, hingga strategi mengelola utang adalah hal yang kini perlu ditekankan bagi generasi muda," ujar dia.

Webinar ini sendiri diharapkan dapat menjadi panduan praktis bagi generasi muda dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak dan efektif, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan finansial di masa depan dengan percaya diri.

Baca Juga: Allianz Flexi Medical: Solusi Gen Z Lindungi Masa Depan

Dengan menguasai literasi keuangan digital, generasi muda juga akan memiliki keunggulan dalam menghadapi tantangan keuangan di masa depan. 

Peningkatan keterampilan ini tidak hanya membantu mengelola keuangan pribadi secara lebih efisien, tetapi juga membuka peluang untuk meraih tujuan keuangan jangka panjang, seperti mempersiapkan dana pensiun atau membeli properti.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #wajib #tahu #pentingnya #melek #soal #literasi #keuangan #digital #seperti #saat

KOMENTAR