Atasi Tanda Penuaan Tak Harus dengan Operasi, Ini Alternatif Perawatan yang Bisa Dilakukan
Ilustrasi Gejala Penuaan Dini (freepik)
10:00
2 Juli 2024

Atasi Tanda Penuaan Tak Harus dengan Operasi, Ini Alternatif Perawatan yang Bisa Dilakukan

Tampilan awet muda kerap jadi dambaan banyak perempuan. Namun tak dapat dipungkiri sejumlah tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan, pada akhirnya akan muncul juga dengan seiring bertambah usia serta faktor gaya hidup. Untuk menjadikan kulit kembali kencang hingga wajah jadi nampak lebih muda sebenarnya tak harus selalu dengan pembedahan. 

Dokter spesialis dermatologi dan venereologi dr. Heru Nugraha, Sp.DVE, FINSDV., menjelaskan bahwa perawatan kecantikan secara umum mengombinasikan antara cara invasive atau pembedahan dan non invasive. Perawatan non invasive untuk permasalahan tanda penuaan dini itu tren yang ada saat ini dengan perawatan Morpheus8.

"Sebagai klinik yang mengikuti perkembangan jaman dalam menyediakan perawatan kecantikan kelas dunia, Holistique Clinic saat ini menghadirkan mesin terbaru yang sedang menjadi tren di dunia. Sehingga, Holistique Clinic meluncurkan treatment “Holistique Morpheus8," kata dokter Heru dalam keterangannya di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Ilustrasi cegah penuaan dini (Freepik/cookie_studio)Ilustrasi cegah penuaan dini (Freepik/cookie_studio)

Morpheus8 merupakan suatu alat medis yang digunakan pada permukaan kulit tidak rata. Fungsinya dapat digunakan untuk menghilangkan gari-garis halus, keriput, hingga bopeng bekas jerawat. Cara kerjanya dengan menyalurkan energi panas dan radio frekuensi yang dihantarkan melalui jarum berukuran sangat kecil.

Baca Juga: Teknologi AI Kini Bisa Bantu Deteksi Masalah Kulit Wajah Hingga Beri Rekomendasi Skincare

"Jarum itu nanti yang mengakibatkan koagulasi pada lemak dan jaringan yang di-treatment, kemudian akan menghasilkan perbaikan pada permukaan kulit, meratakan warna kulit dan menghilangkan garis-garis halus, kerutan dan bekas luka atau pun bekas jerawat pada wajah," terangnya. 

Selain digunakan pada kulit wajah, morpheus 8 juga dapat digunakan untuk badan dengan pilihan jumlah jarum kecil yang beragam. Manfaatnya dapat untuk mengurangi masalah pada kulit seperti stretch mark, kulit kendur hingga kulit berkerut. Perawatan itu juga dapat dikombinasi dengan liposuction seperti yang biasa dikerjakan oleh para bedah plastik untuk mengangkat lemak di bawah permukaan kulit.  

Dokter Heru menambahkan, lantaran bukan tindakan pembedahan sehingga selesai perawatan dengan morpheus 8, pasien tidak akan melalui fase pemulihan seperti halnya operasi. Pasien bahkan bisa berkegiatan seperti biasa. Hanya saja, selama beberapa hari pasien harus menggunakan krim khusus yang akan diberikan oleh dokter.

"Minimal 3 sampai 5 hari pakai krim yang diberi oleh dokter. Setelahnya, pasien bisa kembali ke rutinitas skincare seperti biasa," ujarnya.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Sheet Mask dengan AHA BHA, Cocok untuk Kulit Berminyak!

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #atasi #tanda #penuaan #harus #dengan #operasi #alternatif #perawatan #yang #bisa #dilakukan

KOMENTAR