Rahasia Brand Sepatu Lokal Cetak Cuan dari Live Streaming: Omzet Meledak Hingga 34 Persen!
Rahasia Dushishoes Cetak Cuan dari Live Streaming: Omzet Meledak 34% (Dok. Istimewa)
19:54
28 Juni 2024

Rahasia Brand Sepatu Lokal Cetak Cuan dari Live Streaming: Omzet Meledak Hingga 34 Persen!

Ketatnya persaingan industri fashion sepatu lokal yang kian kompetitif, membuat para pelaku usaha harus mampu berdaya saing lewat keunikan produk dan strategi bisnis yang efektif. 

Pada konteks ini, brand sepatu asal Bogor, Dushishoes, menjadi salah satu contoh sukses usaha lokal yang berhasil bertransformasi melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi e-commerce seperti Shopee Live.

Memulai bisnis sebagai penyuplai bahan untuk sandal dan sepatu, perjalanan Diana, pendiri Dushishoes, tidaklah mudah. Sama seperti pebisnis kecil lainnya, awal pandemi memiliki tantangan tersendiri akibat penurunan permintaan bahan yang signifikan. 

Namun, dibanding harus menyerah, Diana justru mencari peluang baru dengan menjadi produsen dan memproduksi sepatu serta sandal mereknya sendiri. Bahkan juga sukses beradaptasi dengan penjualan online melalui platform e-commerce, terutama Shopee dan fitur interaktif seperti Shopee Live.

Baca Juga: Hasil Perikanan Manggarai Barat Bukukan Cuan Rp 1 M, Produk UMKM Ikut Diekspor

"Sepatu itu soal kenyaman, jadi cara berjualannya pun juga harus membuat pelanggan nyaman, maka dari itu di tahun 2019 kami fokus memasuki pasar ritel online melalui platform Shopee. Berbagai inisiatif dan inovasi yang dihadirkan menjadi kunci kami untuk berkembang," kata Owner Dushishoes, Diana, dalam siaran pers yang Suara.com terima, Jumat (28/6/2024).

Mempunyai ambisi menjadi brand lokal yang dikenal masyarakat luas, Dushishoes sukses menjadikan Shopee Live sebagai fitur yang membantu untuk memperluas brand awareness produknya.

Selama Q1 2024 ini, fitur ini membantu brand tersebut berkontribusi lebih dari 34% pendapatan transaksinya. Setiap sesi livestream yang diadakan secara rutin oleh Dushishoes dari jam 8 pagi hingga 8 malam.

Tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan produk, tetapi juga sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan dan menerima evaluasi terkait kualitas dan masukan mengenai tren terkini yang bisa dijadikan inspirasi berikutnya untuk koleksi Dushishoes.

Membangun komunitas yang kuat, mendekatkan diri dengan calon pelanggan serta memberikan edukasi mendalam mengenai produk-produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Akses Link 1 dan Link 2 Live Streaming Nonton Drawing Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

"Lebih dari itu, ekosistem yang saling terintegrasi di Shopee berperan penting dalam menciptakan pengaruh yang berkelanjutan antar fitur. Untuk menarik lebih banyak pengguna ke sesi live, kami juga menyajikan konten video pendek yang kreatif dan menarik," kata dia.

Menariknya, lewat konten video ini, Dushishoes berhasil mendapatkan perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengunjungi toko secara langsung untuk mengeksplorasi produk-produk lainnya.

Perjalanan Dushishoes: Lebih dari Sekadar Fungsionalitas dan Kualitas

Di balik strategi bisnisnya untuk dinamis terhadap perubahan teknologi, Dushishoes memiliki visi yang kuat untuk memproduksi sandal dan sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau. 

Walau diawali dengan mengandalkan produk dari toko lain karena belum memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu dan pengalaman, Dushishoes akhirnya berhasil memulai produksi sendiri, seperti sandal plastik elmo, flatshoes, mules, heels dan berbagai model lainnya.

Proses produksinya dilakukan dengan sangat teliti, baik tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal, hingga sampling dan uji coba untuk memastikan kualitas produk telah sesuai standar sebelum diproduksi secara massal.

Dushishoes tidak hanya fokus pada aspek fungsionalitas dalam setiap koleksi sepatunya, tetapi juga membangun identitas dan cerita yang kuat di balik setiap desain yang dihadirkan. 

Dengan tidak mengesampingkan tren pasar, Dushishoes berhasil menciptakan produk yang tidak hanya mengikuti mode, tetapi juga memiliki nilai tambah bagi para penggunanya. Seperti Dushi Mizzu flat, Dushi Amara flat, dan Luna heels, modelnya yang casual, kekinian dan nyaman menjadi tiga produk terlaris di Shopee. 

Memiliki model yang beragam tidak membuat Dushishoes mengesampingkan kualitas terbaik dari setiap produk yang dijual. Melalui konsep home industry, baik bahan hingga pengrajin yang semuanya dalam Negeri, Dushishoes tidak hanya menjadi brand lokal sepatu yang diandalkan, tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #rahasia #brand #sepatu #lokal #cetak #cuan #dari #live #streaming #omzet #meledak #hingga #persen

KOMENTAR