Timnas Indonesia Banjir Pemain Naturalisasi, Ini 10 Kota Belanda yang Banyak Orang Indonesia
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ivar Jenner. [Dok. IG Ivar Jenner]
12:30
15 Juni 2024

Timnas Indonesia Banjir Pemain Naturalisasi, Ini 10 Kota Belanda yang Banyak Orang Indonesia

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong ukir rekor dan catatan sejarah di level Asia dan Asia Tenggara. Tim Merah Putih sukses lolos ke babak ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tidak bermaksud mengecilkan peran pemain lokal, keberhasilan Timnas Indonesia ini ada pengaruh dari permainan para pemain naturalisasi. Bukti nyatanya bisa dilihat dari satu dari dua gol Timnas Indonesia saat menang dari Filipina.

Lesakan indah dan terarah dari Thom Haye dari luar kotak penalti membuat kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza tak berkutik. Pun dengan gol kedua Indonesia yang dicetak oleh Rizky Ridho berasal dari free kick manis Nathan Tjoe A On.

Dalam beberapa tahun terakhir, PSSI begitu gencar di program naturalisasi pemain. Meski program ini banyak menimbulkan pro dan kontra di kalangan sepak bola nasional.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Ngakak Diledek Warga, Sikap Jutek Sang Pacar Malah Jadi Sorotan

Terlepas dari pro kontra soal program naturalisasi Timnas Indonesia, ada hal menarik yakni mayoritas pemain yang 'direkrut' berasal dari Belanda.

Tidak bisa dipungkiri, Belanda menjadi salah satu negara di dunia yang banyak ditinggali orang Indonesia. Mereka beranak pinak dan menciptakan generasi baru.

Dikutip dari data Kemenlu, Belanda memiliki karakteristik khusus dengan jumlah diaspora Indonesia yang besar, yakni sekitar 15 ribu WNI dan 1,7 juta diaspora keturunan Indonesia.

Dari sejumlah sebanyak itu, di kota-kota mana saja banyak ditinggal orang Indonesia di Belanda? berikut penjelasannya dikutip dari unggahan akun @vanpattie:

Arnhem

Baca Juga: Media Vietnam Remehkan Indonesia, Sebut Tak Akan Sukses di Ajang AFF Cup

Kota ini berlokasi di timur Belanda. Di kota ini tercatat ada sekitar 5200 orang Indonesia.

Kota ini terletak di kedua tepi sungai Nederrijn dan Sint-Jansbeek, yang merupakan sumber bagi pembangunan kota. Arnhem memiliki populasi sebesar 163.972 jiwa pada 1 Desember 2021.

Breda

Selanjutnya ada kota Breda. Tercatat ada sekitar 550 orang Indonesia bertempat tinggal di kota ini.

Nama "Breda" berasal dari brede Aa ("Aa lebar" atau "Aa luas") dan mengacu pada pertemuan sungai Mark dan Aa. Kota ini juga menjadi tempat lahir dari bek Liverpool dan Timnas Belanda, Virgil van Dijk.

Tilburg

Di kota Tilburg tercatat ada sekitar 5900 orang Indonesia. Kota ini merupakan kota yang menarik dan hangat, dikelilingi oleh alam yang indah seperti Moerenburg, De Loonse dan Drunense Duinen, Campina dan De Utrecht.

Pada Maret 2024, kota ini jadi sorotan publik Indonesia lantaran klub sepak bola Willem II Tilburg rekrut calon pemain naturalisasi, Zico Soree.

Groningen

Lalu ada kota yang berlokasi di Utara Belanda, Groningen. Di kota ini diperkirakan terdapat sekitar 6400 orang Indonesia.

Groningen adalah kota pelajar. Kota ini adalah rumah dari beberapa lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Belanda seperti Universitas Groningen dan Universitas Ilmu Terapan Hanze.

Almere

Selanjutnya ada Almere, di kota ini diperkirakan ada sekitar 7600 orang Indonesia bertempat tinggal di sana.

Kota ini menjadi tak asing bagi striker Persib, Ezra Walian. Pemain naturalisasi itu sempat bermain di klub kota ini, Almere City.

Eindhoven

Di urutan kelima ada salah satu kota terbesar di Belanda yakni Eindhoven. Di kota ini terdapat sekita 8700 orang Indonesia.

Bang Jay, begitu sapaan akrap suporter ke pemain naturalisasi Jay Idzes tak asing di kota ini. Jay Idzes mengawali karier sepak bolanya di akademi PSV Eindhoven.

Utrecht

Lalu ada kota Utrecht. Di kota ini diperkirakan terdapat 10.300 orang Indoensia bertempat tinggal.

Utrecht terletak di ujung timur Randstad dan merupakan kota terbesar keempat di Belanda. Pada tahun 2022, munisipalitas Utrecht akan memiliki sekitar 362.000 penduduk.

Rotterdam

Di kota Rotterdam diperkirakan terdapat 26.800 orang Indonesia. Rotterdam merupakan kota terbesar kedua di Belanda dan memiliki salah satu pelabuhan terbesar di dunia.

Sejarah kota ini berawal dari sebuah bendungan yang dibangun tahun 1260-an di Sungai Rotte dan orang-orang bermukim di sekitarnya.

Amsterdam

Di posisi kedua ada kota Amsterdam. Di kota yang dikenal memiliki klub bola bernama Ajax itu diperkirakan ada sekitar 39.200 orang Indonesia bertempat tinggal.

Bahkan di kota ini setidaknya terdapat 9 jalan yang berasal dari nama tokoh asal Indonesia. Seperti jalan Tan Malaka hingga jalan RM Soewadi Sojaningrat.

Den Haag

Terakhir kota yang banyak ditinggali oleh orang Indonesia di Belanda ialah Den Haag. Di kota ini diperkirakan terdapat 42.500 orang Indonesia bertempat tinggal.

Di kota ini terdapat masjid orang Indonesia yang bernama Masjid Al Hikmah di Medlerstraat 4, Den Haag, Belanda. Di kota ini juga terdapat klub Ado Den Haag, klub dari Rafael Struick, pemain naturalisasi yang digila-gilai kaum hawa fans Timnas Indonesia.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #timnas #indonesia #banjir #pemain #naturalisasi #kota #belanda #yang #banyak #orang #indonesia

KOMENTAR