Timeline Perjalaan Proyek Beach Club Raffi Ahmad: Sudah Groundbreaking, Kini Disebut Belum Berizin
Timeline Perjalaan Proyek Beach Club Raffi Ahmad: Sudah Groundbreaking, Kini Disebut Belum Berizin (IG Raffi Ahmad)
15:21
13 Juni 2024

Timeline Perjalaan Proyek Beach Club Raffi Ahmad: Sudah Groundbreaking, Kini Disebut Belum Berizin

Usai ramai diperdebatkan di media sosial, Raffi Ahmad akhirnya mengumumkan bahwa dirinya sudah mundur dari proyek pembangunan beach club di Pantai Krakal, Gunungkidul.

Pengunduran diri tersebut tentu mengundang perhatian karena suami dari Nagita Slavina ini sudah melakukan peletakan batu pertama, lantas, bagaimana kelanjutan proyek ini? Berikut kronologi lengkapnya.

16 Desember 2023 - Peletakan Batu Pertama

Pada tanggal 16 Desember 2023, Raffi Ahmad mengumumkan rencana pembangunan proyek beach club melalui akun Instagramnya.

Ia bahkan sudah melakukan peletakan batu pertama di Pantai Krakal, Gunungkidul, Yogyakarta. Tak tanggung-tanggung, acara ini bahkan dihadiri oleh Bupati Gunungkidul, Suryananta.

Proyek beach club ini diberi nama "Bekizart Beach Club" yang rencananya akan memiliki 300 vila dengan tiga restoran.

20 Desember 2023 - Ditentang WALHI

Sejak kabar tersebut, sudah banyak pihak yang menentang proyek Raffi Ahmad. Sebab, lokasi beach club tersebut berada di daerah karst yang seharusnya dilindungi.

Gerakan penolakan semakin kuat ketika Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) ikut turun tangan. Belum lagi, ada dampak lingkungan (AMDAL) yang mengancam darii pembangunan tersebut.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Harry Sukmono selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul. Namun, proyek beach club tersebut masih terus berlanjut.

29 Desember 2023 - Sandiaga Uno buka suara

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa timnya akan mengubah konsep beach club tersebut menjadi pariwisata hijau sehingga tidak akan merusak karst dan sumber air di sekitar.

Pernyataan tersebut juga sempat mengundang protes. Sebab, alih-alih menentang, Sandiaga Uno menyebut bahwa investasi Raffi Ahmad tersebut bisa menarik lebih banyak wisatawan.

21 Maret 2024 - Petisi Penolakan

Gerah dengan proyek yang masih terus berlanjut, Muhammad Raafi membuat petisi penolakan melalui change.org.

Petisi berjudul “Tolak Pembangunan Resort Raffi Ahmad di Gunungkidul!”. Sampai saat ini, petisi tersebut sudah ditandatangani oleh lebih dari 50 ribu orang.

11 Juni 2024 - Raffi undur diri

Di sela-sela ibadah haji, Raffi Ahmad mengumumkan bahwa saat ini, ia sudah mundur dari proyek beach club di Gunungkidul.

“Saya sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum juga mengerti terhadap beberapa kekhawatiran masyarakat terkait proyek yang belum sejalan dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya melalui sebuah video di Instagram.

12 Juni 2024 - Belum ada izin Pemda

Asar Janjang Riyanti selaku Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gunungkidul menjelaskan bahwa pihaknya belum menerima izin permohonan dari investor beach club.

Diduga, alasan izin yang masih belum juga diterima itu adalah pihak investor belum bisa memastikan perizinan apa yang harus diurus.

“Karena semua akan ditapis oleh sistem, kalau belum ada pengajuan permohonan, belum bisa dipastikan apa yang diurus,” ujar Riyanti.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #timeline #perjalaan #proyek #beach #club #raffi #ahmad #sudah #groundbreaking #kini #disebut #belum #berizin

KOMENTAR