5 Fakta Menarik Garut, Kota yang Dikunjungi Kim Go Eun Dukun di Film Exhuma
Kim Go Eun di Garut. (Dok. Instagram)
15:07
24 Mei 2024

5 Fakta Menarik Garut, Kota yang Dikunjungi Kim Go Eun Dukun di Film Exhuma

Aktris Korea Selatan, Kim Go Eun baru-baru ini menarik perhatian penggemar di Indonesia karena tengah mengunjungi Garut, Jawa Barat.

Bahkan dalam unggahan akun Instagram pribadinya, @ggonekim, pemeran dukun Lee Hwa-rim di film Exhuma itu menunjukkan keindahan dan keunikan budaya lokal Garut.

Diduga Kim Go Eun sedang terlibat proyek iklan kopi, karena dari foto dan videonya yang beredar menampilkan salah satu logo brand kopi ternama.

Sontak saja kedatangan wanita berusia 32 tahun itu di Garut menjadi sorotan. Sebab biasanya aktris Korea Selatan hanya berkunjung di Jakarta atau Bali saja.

Baca Juga:Detail Karakter Choi Woong dalam Drama Korea 'Scandal', Jadi Aktor Terkenal Kim Go Eun di Garut, Jawa Barat. Kim Go Eun di Garut, Jawa Barat.

Bicara soal Garut, mungkin yang terbayang di pikiran adalah kuliner dodol yang terkenal itu. Padahal, kabupaten di Jawa Barat ini punya beragam hal unik lainnya, lho.

Berikut sederet fakta menarik Kota Garut yang didatangi Kim Go Eun.

1. Dijuluki Swiss Van Java

Kabupaten Garut juga memiliki julukan yaitu Swiss Van Java, julukan itu didapat karena iklim yang sejuk dan bentang alam berbukit yang mirip dengan pegunungan Swiss.

Garut memang dikelilingi pegunungan yang indah mulai dari Papandayan, Guntur, hingga Cikuray. Ketiga nya menjadi destinasi bagi para pendaki gunung dan pecinta alam.

Baca Juga:4 Drama Korea Tayang Bulan Juni 2024, Beragam Genre dan Cerita Baru

2. Punya Sirkus Tradisional

Garut memiliki kesenian tradisional yang mirip dengan atraksi sirkus bernama Lais. Pemain Lais beratraksi di atas tali yang dibentangkan antara dua bambu.

Pada tali itulah para pemainmelakukan atraksi menegangkan tanpa alat pengaman, seperti berayun-ayun, tiduran, atau bergelantungan dengan kaki.

Hingga kini, Lais masih bertahan dan dipertontonkan pada momen-momen tertentu.

Pemandangan Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/Feri Purnama)Pemandangan Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/Feri Purnama)

3. Padang Edelweis Terluas se-Asia Tenggara

Padang bungan Edelweis terluas se-Asia Tenggara ada di Tegal Alun, yang terletak di puncak Gunung Papandayan Garut. Namun jika Anda berkunjung ke sana, jangan coba-coba memetiknya karena bunga ini dilindungi.

4. Memiliki Domba Garut

Domba khas Garut ini merupakan hasil persilangan antara domba lokal dengan domba kapsta dari Afrika Selatan, dan domba Merino dari Australia.

Domba yang memiliki postur tubuh tegak dan tanduk yang kokoh ini awalnya diburu secara liar, namun kini diternakan. Domba Garut umum dipelihara untuk diambil dagingnya atau digunakan untuk seni ketangkasan.

Ilustrasi Domba Garut.

5. Pernah Didatangi Charlie Chaplin

Kabarnya komedian asal Inggris yang berjaya di era film bisu pada awal era 1900-an, yakni Charlie Chaplin pernah berkunjung ke Garut sampai dua kali. Ia ke Garut pada tahun 1927 dan 1932.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #fakta #menarik #garut #kota #yang #dikunjungi #dukun #film #exhuma

KOMENTAR