Pantas Disebut Tak Napak Tanah: Nadiem Makariem Ternyata Jebolan Kampus Luar Negeri, Kekayaan Tembus Rp4,8 Triliun!
Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. (Antara)
17:06
22 Mei 2024

Pantas Disebut Tak Napak Tanah: Nadiem Makariem Ternyata Jebolan Kampus Luar Negeri, Kekayaan Tembus Rp4,8 Triliun!

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Makarim, tengah menjadi sorotan publik setelah terjadi kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di banyak perguruan tinggi negeri. Nadiem dikritik karena dinilai gagal mewujudkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Responsnya yang menyatakan bahwa kenaikan UKT hanya berlaku bagi mahasiswa baru dianggap tidak tegas.

Selain itu, latar belakang pendidikan Nadiem Makarim,  juga menjadi bahan perbincangan. Salah satu pendiri Go-Jek tersebut diketahui tidak pernah berkuliah di perguruan tinggi negeri di Indonesia.

"Pantas enggak napak tanah," tulis akun X @garethstud, menyindir kebijakan dan latar belakang pendidikan Nadiem.

Seperti diketahii, Nadiem Makarim menempuh pendidikan di luar negeri sejak masa SMA. Ia menyelesaikan pendidikan menengahnya di United World College of Southeast Asia di Singapura.

Baca Juga:Nadiem Makarim Banjir Kritikan Buntut Kebijakan Kenaikan UKT: Pernah Terjun ke Masyarakat Gak Sih? Nadiem Makarim di peluncuran IHA (Ist)Nadiem Makarim di peluncuran IHA (Ist)

Setelah itu, ia melanjutkan studi di Brown University, Amerika Serikat, dengan jurusan Hubungan Internasional. Pria kelahiran 4 Juli 1984 ini juga pernah mengikuti program pertukaran pelajar di London School of Economics.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), kekayaan Nadiem Makarim tercatat mencapai Rp4,8 triliun. Jumlah tersebut dilaporkannya ke KPK pada 31 Maret 2023, mencerminkan kekayaannya selama tahun 2022.

Setelah meraih gelar Bachelor of Arts dari Brown University, Nadiem sempat bekerja di McKinsey & Company. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Harvard Business School dan memperoleh gelar MBA di bidang Administrasi Bisnis.

Kekayaan Nadiem mencakup tujuh bidang tanah dan bangunan di Jakarta, Gianyar, dan Rote Ndao, dengan total nilai Rp55,3 miliar. Ia juga memiliki kendaraan Honda Brio senilai Rp162 juta, serta harta bergerak lainnya senilai Rp752 juta. Kekayaan dalam bentuk surat berharga mencapai Rp5,59 triliun, kas dan setara kas Rp12,27 miliar, dan harta lain senilai Rp3,4 miliar.

Nadiem juga memiliki utang sebesar Rp790,7 miliar, sehingga total kekayaannya berjumlah Rp4,87 triliun. Total kekayaan ini meningkat drastis dibandingkan laporan tahun 2021, yang saat itu mencatat harta Nadiem sebesar Rp1,17 triliun, mengalami kenaikan sekitar Rp3,6 triliun dalam setahun.

Baca Juga:Berapa Gaji Nadiem Makarim dari Rakyat? Kini Dinilai Gagal Jadi Menteri Pendidikan

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #pantas #disebut #napak #tanah #nadiem #makariem #ternyata #jebolan #kampus #luar #negeri #kekayaan #tembus #rp48 #triliun

KOMENTAR