Jangan Anggap Sepele! Ini 7 Tips Membesarkan Anak yang Sehat Secara Emosional, Salah Satunya Menjadi Teladan
Ilustrasi ibu sedang berusaha menenangkan anaknya yang kesal dan mengajari cara mengatur emosinya (freepik)
07:44
9 Mei 2024

Jangan Anggap Sepele! Ini 7 Tips Membesarkan Anak yang Sehat Secara Emosional, Salah Satunya Menjadi Teladan

Begitu anak lahir tentu orang tua selalu memastikan si kecil dalam keadaan sehat. Banyak orang tua yang hanya berfokus pada kesehatan fisik anak namun mengabaikan kesehatan emosional.

Pasalnya kesehatan emosional ini sangatlah penting untuk tumbuh kembang si anak. Mulai dari mendorong keterampilan sosial yang kuat dan dapat mengatasi masalah dalam hidup dengan baik.

Kesehatan emosional adalah kemampuan seseorang yang memahami dan mengelola emosinya.

Hal ini juga dikaitkan dengan keterampilan untuk memahami, mengekspresikan, memahami, memantau dan mengelola emosi.

Penting bagi anak untuk sehat secara emosional karena masa kanak-kanak adalah fase ketika nilai-nilai yang berbeda dikembangkan dan anak mengalami berbagai situasi yang bermacam-macam.

Menjadi sehat secara emosional akan membantu mereka mengembangkan hubungan antarpribadi yang akan membantu mereka meletakkan dasar sistem pendukung yang kuat untuk kehidupan mereka selanjutnya.

Dilansir dari laman Health Shots, Kamis (9/5), ada beberapa tips membesarkan anak agar sehat secara emosional. Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Mengajari anak Anda untuk mengenali berbagai jenis emosi

Ada berbagai jenis emosi seperti kemarahan, kekesalan, kebahagiaan dan kesedihan. Anda dapat mengajari anak Anda untuk mengenali emosi-emosi ini karena anak-anak sudah pernah mengalaminya.

Anda Anda mungkin bingung ketika mereka kewalahan dengan emosi-emosi ini dalam situasi kehidupan nyata.

Kondisi ini sangat penting peranan orang tua untuk mengenalkan jenis emosi yang sedang dirasakan.

2. Jangan bereaksi terhadap ledakan emosi

Cara kedua adalah Anda tidak boleh bereaksi terhadap ledakan emosi apapun dari anak Anda. Sebaliknya, Anda bisa mencoba untuk tetap tenang selama waktu tersebut.

Hal ini sangat membantu anak Anda belajar cara mengendalikan emosi dengan baik dan bijak.

3. Mengajarkan cara mengatur emosi

Ketika anak Anda sedang mengalami emosi yang meluap, maka Anda harus menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan pengaturan emosi kepada anak Anda.

Hal ini bisa dilakukan saat anak Anda sudah tenang. Mereka biasanya dapat merenungkan kembali apa yang terjadi dan mengetahui konsekuensi dari ledakan emosi tersebut.

4. Menjalin komunikasi yang sehat dengan Anak

Kata sang Ahli, ekspresi emosional seorang anak sering kali merupakan cara yang maladaptive dalam mengekspresikan kebutuhannya.

Anda dapat mengajari anak Anda untuk mengungkapkan kebutuhannya dengan cara alternatif dengan berkomunikasi secara benar melalui kontak mata dan verbalisasi.

5. Menjadi teladan buat si kecil

Menjadi panutan adalah salah satu cara untuk mengajarkan pengaturan emosi pada anak Anda. Anak sering kali meniru ekspresi emosi orang tuanya pada berbagai situasi.

6. Mengajarkan latihan pernapasan

Ada berbagai teknis praktis untuk mengendalikan emosi yang berlebihan seperti latihan pernapasan dalam dapat diajarkan kepada anak Anda. Anda dapat mengawasi mereka mempraktikkan dalam situasi kehidupan nyata.

7. Mengembangkan empati

Cara terakhir untuk membesarkan anak agar sehat secara emosional adalah melatih dan mengambangkan rasa empati.

Dengan cara ini, mereka dapat mengukur keadaan emosional orang lain dan berperilaku sesuai dengan keadaan tersebut.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jangan #anggap #sepele #tips #membesarkan #anak #yang #sehat #secara #emosional #salah #satunya #menjadi #teladan

KOMENTAR