11 Hal Tentang Kepribadian Introvert yang Kerap Bikin Salah Paham, Salah Satunya Tidak Mengidap Agoraphobia
Ilustrasi- sosok Introvert yang kerap disalah pahami/ https://www.freepik.com
18:50
18 April 2024

11 Hal Tentang Kepribadian Introvert yang Kerap Bikin Salah Paham, Salah Satunya Tidak Mengidap Agoraphobia

 

 

 Menghadapi dunia sebagai seorang introvert seringkali terasa seperti berenang melawan arus.

Pasalnya, kepribadian introvert yang unik seringkali membut mereka tidak dipahami oleh orang di sekitarnya.

Alhasil, kesalahpahaman tentang orang-orang dengan kepribadian introvert sering kali terjadi.

Melansir Verywell Mind, Kamis (18/4), inilah kesalahpahaman yang paling sering terjadi tentang introvert.

 

1. Diam Tidak Berarti Malu

Introvert sering disalahpahami sebagai orang yang pemalu, tetapi ada perbedaan yang jelas antara introversi, rasa malu, dan kecemasan sosial.

Meskipun beberapa introvert mungkin merasa malu pada beberapa hal, mereka lebih banyak ditandai dengan sifat yang tertutup serta introspeksi.

Dalam bersosialisasi, Introvert lebih suka percakapan yang bermakna daripada basa-basi dan cenderung berpikir banyak sebelum berbicara dengan orang lain.

2. Mereka Tidak Marah atau Sedih

Ketika introvert mencari kesendirian, seringkali hal ini disalahartikan sebagai emosi negatif seperti kemarahan atau depresi. Padahal, mereka hanya memerlukan waktu sendiri untuk mengisi ulang energi setelah interaksi sosial yang melelahkan.

3. Mereka Bisa Bersenang-senang

Berlawanan dengan kepercayaan umum, introvert bukanlah pengganggu pesta atau kesenangan orang lain.

Meskipun mungkin bukan orang yang paling menyenangkan dalam pesta, introvert mendapatkan kesenangan dari mengamati dan menyerap lingkungan sekitarnya.

Introvert adalah individu yang penasaran dan lebih suka mendengarkan dan merenung daripada bergabung dan memulai percakapan dengan orang lainnya.

4. Mereka Tidak Angkuh

Ketertutupan saat awal bertemu dengan introvert, kadang-kadang disalah artikan sebagai keangkuhan. Namun, penting untuk memahami bahwa introvert mungkin memerlukan waktu untuk akrab dengan kenalan baru.

Daripada menafsirkan sikap diam mereka sebagai keangkuhan, anggaplah itu sebagai bagian dari kepribadian mereka yang unik dalam kehidupan sosial mereka.

5. Introvert Bukanlah Orang yang Aneh

Introvert adalah sifat kepribadian yang umum, separuh dari populasi dunia telah mengidentifikasi diri mereka sebagai introvert.

Meskipun prevalensinya tinggi, introvert kadang-kadang secara tidak adil dikategorikan sebagai sosok eksentrik atau aneh karena kecenderungannya dalam mengikuti minat mereka sendiri daripada tren sosial di sekitarnya.

6. Mereka Tidak Ingin Sendirian Sepanjang Waktu

Meskipun introvert menghargai kesendirian, itu tidak berarti mereka ingin sendirian terus-menerus. Mereka menghargai hubungan yang bermakna sambil menikmati waktu dengan teman dekat dan orang yang mereka cintai.

Namun, berinteraksi sosial bisa melelahkan bagi sosok Introvert, oleh karenanya mereka memerlukan periode istirahat serta refleksi sebelum bercengkrama dengan orang lain.

7. Mereka Tidak Mengidap Agoraphobia

Introvert tidak bisa disamakan dengan agoraphobia. Mereka mungkin menikmati waktu di rumah, tetapi bukan berarti mereka selalu takut untuk berada pada ruang publik.

Introvert hanya cenderung memberikan prioritas lebih pada ruang pribadi serta lingkungan yang tenang untuk mengisi ulang energi sosial mereka yang sangat terbatas.

8. Introvert Tidak Rendah Diri

Bertentangan dengan stereotip, introvert tidak menunjukkan sikap rendah diri. Mereka mungkin bertutur kata dengan hati-hati, tetapi ini tidak mencerminkan ketidakpercayaan diri mereka.

9. Introvert Tidak Membenci Orang

Introvert bukanlah misantropik, mereka hanya selektif dalam interaksi sosial. Basa-basi mungkin bukan keahlian mereka, tetapi percakapan yang bermakna akan selalu disambut dengan baik oleh mereka.

Memahami minat seorang introvert dan melibatkan mereka dalam diskusi yang relevan dapat mengungkap sisi ramah mereka yang cukup sulit dilihat secara sekilas.

10. Introvert Tidak Perlu Diperbaiki

Introvert bukanlah kelemahan yang perlu diperbaiki, Introvert adalah sifat dan kepribadian yang perlu dipahami dan dihormati.

Memaksa introvert menjadi ekstrovert dapat menyebabkan mereka stres dan merasa tidak nyaman.

Dukungan yang penuh kasih bukan paksaan merupakan hal yang sangat penting bagi sosok introvert untuk berkembang.

11. Mereka Tidak Suka Dikatakan Terlalu Pendiam

Sama seperti ekstrovert yang tidak suka disebut terlalu banyak bicara, introvert merasa tersinggung saat diberi tahu bahwa mereka dikatakan terlalu pendiam.

Dikatakan terlalu pendiam menyatakan bahwa ada yang salah dengan kepribadian mereka, hal ini sama saja tidak mengakui sifat unik mereka dalam bersosialisasi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tentang #kepribadian #introvert #yang #kerap #bikin #salah #paham #salah #satunya #tidak #mengidap #agoraphobia

KOMENTAR