Buku Sapiens Tentang Apa? Karya Hits Penulis Israel yang Dibaca Zara Anak Ridwan Kamil
Buku Sapiens yang dibaca Zara anak Ridwan Kamil. (TikTok/tentangkeluargark)
17:34
18 April 2024

Buku Sapiens Tentang Apa? Karya Hits Penulis Israel yang Dibaca Zara Anak Ridwan Kamil

Keputusan Camillia Laetitia Azzahra untuk melepas hijab masih menjadi perbincangan di media sosial. Buku bacaan gadis cantik yang akrab disapa Zara itu pun turut disorot setelah mengumumkan lepas hijab.

Bacaan yang dimaksud netizen adalah buku berjudul "Sapiens" karya penulis Israel, Yuval Noah Harari. Buku ini sangat hits hingga sudah dicetak jutaan kali dan diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Indonesia.

Zara terlihat membaca buku tersebut dalam postingan Instagram pribadinya pada 6 Maret 2024. Mengiringi postingannya, Zara menuliskan caption soal niatnya untuk belajar mencintai buku non-fiksi.

"Sedang belajar mencintai buku non fiksi," begitu bunyi caption yang ditulis oleh Zara kala itu.

Siapa sangka buku bacaan Zara belakangan kembali diungkit seiring keputusannya untuk menanggalkan hijabnya. Netizen menyoroti isi buku tersebut dan menduga-duga Zara telah terpengaruh oleh isinya.

Memangnya, buku Sapiens bercerita tentang apa sih? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Seperti disebutkan sebelumnya, "Sapiens" merupakan karya Yuval Noah Harari yang dikenal sebagai profesor sejarah kelahiran Israel. Judul lengkap buku tersebut adalah "Sapiens: A Brief History of Humankind".

Buku "Sapiens" pertama kali dirilis pada tahun 2014. Secara singkat, buku ini merupakan bahasan sejarah tentang riwayat umat manusia dari masa pra-sejarah hingga sekarang.

Sebagai profesor sejarah, Yuval Noah Harari menyajikan bahasan soal umat manusia, mulai dari Homo Erectus, Homo Neanderthal, hingga Homo Sapiens. Ia menceritakan secara gamblang soal revolusi umat manusia.

cover buku sapiens (Twitter/@warungsastra)cover buku sapiens (Twitter/@warungsastra)

Dalam buku tersebut, Yuval Noah Harari menyebutkan setidaknya ada tiga revolusi penting tentang jalannya sejarah dunia. Salah satunya adalah Revolusi Saintifik yang sudah tumbuh sejak 500 tahun lalu.

Yuval Noah Harari berteori bahwa Revolusi Saintifik kemungkinan besar akan mengakhiri sejarah sekarang untuk kemudian memulai sesuatu yang baru.

Pada tahun 2015, Yuval Noah Harari merilis buku baru sebagai lanjutan "Sapiens". Diberi judul "Homo Deus: A Brief History of Tomorrow", buku ini berisi tentang prediksi manusia mengenai masa depan, lengkap dengan pendekatan sejarahnya.

Buku "Homo Deus: A Brief History of Tomorrow" kembali menjadi karya yang populer dan menjadi bacaan orang-orang ternama dunia. Di antaranya Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Mantan Presiden USA-Barack Obama.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #buku #sapiens #tentang #karya #hits #penulis #israel #yang #dibaca #zara #anak #ridwan #kamil

KOMENTAR