Jusuf Hamka Beri Saran Untuk yang Punya Gaji UMR: Makan di Rumah, Jangan Beli Mobil!
Poin Klarifikasi Jusuf Hamka. (Instagram/@jusufhamka)
20:34
16 April 2024

Jusuf Hamka Beri Saran Untuk yang Punya Gaji UMR: Makan di Rumah, Jangan Beli Mobil!

Pengusaha Muslim-Tionghoa, Jusuf Hamka, terus menjadi sorotan hingga saat ini, karena sosoknya yang dinilai sederhana meski memiliki kekayaan luar biasa dari beberapa ruas jalan tol yang dimilikinya. 

Meski begitu, kata Jusuf Hamka, semua itu diraihnya tidak dengan cara yang instan. Bahkan untuk itu ia harus berjuang selama 40 tahun dan merintisnya sejak usianya masih 20 tahunan.

Tak heran ia memberikan saran bagi para pemuda yang juga tengah merintis, terutama untuk mereka yang masih memiliki gaji setara UMR. Menurut Jusuf Hamka, banyak-banyaklah menabung.

"Gaji 4 juta UMR, udah makan di rumah aja dulu deh. Simpen nih duit tabungin," ungkapnya dikutip di TikTok @bang_arsa7 pada Selasa (16/4/2024).

Sebab, kata dia yang paling penting saat seseorang tengah merintis bukanlah gaya hidup. Ada baiknya, kata dia kumpulkan uang untuk membeli rumah.

"Rumah itu kalo bisa kita harus punya sebagai manusia kita harus punya tempat hunian, kalo rumahnya layak, rumahnya enak, pikiran juga enak, tenang. Baru kita bisa berkarya lebih banyak," tambah dia lagi. 

Sementara untuk mobil, belilah saat kita sudah memiliki rumah. Toh, kata Jusuf Hamka saat ini transportasi sudah semakin mudah diakses. 

"Nah setelah sudah mumpuni, sudah mapan, sudah ada uangnya cukup banyak rumah udah terbeli, baru mulai pikirin mobil," ucap Jusuf Hamka lagi.

Lebih lanjut kata dia, kita tak perlu memikirkan benda-benda mewah demi gaya hidup, seperti ponsel hingga jam tangam mewah. Mobil pun, kata dia jika perlu ikut dikaryakan untuk menambah pemasukan.

"Nggak perlu pake jam-jam mewah, mobil pun juga pakai mobil yang bisa menggelinding aja bahkan kalo perlu mobil itu bisa dikaryakan. Misalnya kalau lagi nggak pake bisa sambil nyari grab supaya nambah-nambahin duit gitu," tambah dia lagi.

"Anak sekarang pada gengsi jangan gengsi. Gengsi makan biaya bos!," tutup dia.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #jusuf #hamka #beri #saran #untuk #yang #punya #gaji #makan #rumah #jangan #beli #mobil

KOMENTAR