Mawar Eva de Jongh Akui Dirinya Introvert, Ternyata Kepribadian Ini Ada 4 Jenis
Aktris Mawar De Jongh ketika ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (3/8). [Suara.com/Alfian Winanto]
15:17
16 April 2024

Mawar Eva de Jongh Akui Dirinya Introvert, Ternyata Kepribadian Ini Ada 4 Jenis

Aktris Mawar Eva de Jongh belum lama ini hadir menjadi bintang tamu di podcast Domani Siblings. Dalam kesempatan tersebut, mereka pun membahas perihal kepribadian introvert dan ekstrovert.

Sosok Mawar sendiri mengakui dirinya adalah yang pertama. Pemeran film Bumi Manusia itu perlu waktu sendiri untuk mengisi energi kembali setelah bersosialisasi.

"Aku introvert. Aku ngerasa kayak setelah seharian beraktivitas atau ngobrol, sosialisasi, aku butuh waktu buat sendiri sih," ujarnya, dikutip Selasa (16/4).

Mawar lantas menjelaskan bahwa karakter introvert sebenarnya menurut penelitian terbagi dalam 4 jenis. Keempat jenis introvert ini pun memiliki kebiasaan yang berbeda. Apa saja?

Empat Jenis Kepribadian Introvert

1. Social Introvert

Dilansir dari laman Refinery29, Introvert sosial lebih memilih untuk menghindari beraktivitas di keramaian. Orang yang memiliki kepribadian ini lebih senang untuk beraktivitas secara sosial dalam kelompok kecil.

2. Anxious Introvert

Jenis ini biasanya lebih memilih menghabiskan waktu dengan menyendiri. Pasalnya ia sering merasa malu dan canggung saat berinteraksi dengan banyak orang. Jadi jangan heran jika mereka tiba-tiba memilih berada di pojok ruangan sendiri.

Ilustrasi introvert (Unsplash/Matias North)Ilustrasi introvert (Unsplash/Matias North)

3. Thinking Introvert

Orang dengan kepribadian ini biasanya sangat introspektif, kreatif, dan imajinatif. Mereka begitu memanfaatkan 'me time' untuk mengeksplorasi diri sendiri. Sehingga tak heran kepribadian ini suka menghabiskan banyak waktu sendiri untuk berefleksi.

4. Restrained Introvert

Pemilik kepribadian ini cenderung lebih pendiam dan tetap jaim saat berada di antara orang lain, hingga mereka mengenal orang-orang tersebut. Mereka cenderung mempertimbangkan sesuatu secara matang sebelum melakukannya. Karena itu, mereka kurang cocok dengan kegiatan yang spontan.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #mawar #jongh #akui #dirinya #introvert #ternyata #kepribadian #jenis

KOMENTAR