Viral Turis Indonesia Rusak Pohon Sakura di Jepang, Padahal Punya Makna Mendalam Buat Warga Lokal
Perbedaan Pohon Meihua dan Sakura (freepik)
11:59
14 April 2024

Viral Turis Indonesia Rusak Pohon Sakura di Jepang, Padahal Punya Makna Mendalam Buat Warga Lokal

Tingkah wisatawan Indonesia di luar negeri tengah disorot. Beberapa waktu lalu viral perilaku orang Indonesia yang sedang liburan di Jepang dinilai merusak alam sekitar. Kejadian itu dibagikan oleh akun Instagram @kanankiriwow.

Pemilik akun itu menunjukkan perbedaan perilaku wisatawan asing dan warga lokal Jepang selama bunga sakura bermekaran di musim semi. 

"Orang lokal merunduk saat lewat untuk menjaga pohon sakura agar tidak rusak,” demikian tulisan pada awal video, dikutip pada Minggu (14/4/2024).

Dari rekaman video terlihat warga lokal yang berjalan hati-hati sambil merunduk ketika melewati jalanan yang terhalang ranting pohon sakura yang tumbuh menjalar ke jalan. Seorang pria bahkan terekam mengangkat ranting pohon secara perlahan agar orang di belakangnya bisa lewat dengan leluasa. 

Namun, adab tersebut rupanya tak dicontoh turis asing. Pada lanjutan videonya, akun @kanankiriwow menunjukan tindakan kelompok wisatawan asing yang justru merusak pohon sakura itu dengan cara menggoyangkan dengan keras hingga bunganya berguguran. Tak hanya itu, ranting-ranting kecil juga ikut rontok dan berjatuhan ke tanah. 

Setelah itu, kelompok wisatawan tersebut justru malah tertawa melihat bunga dan ranting pohon sakura berguguran. 

Momen ini seketika menjadi perbincangan di salah satu grup perjalanan wisata Jepang di Facebook, Japan Travel Tips & Plannings. 

"Semakin banyak alasan orang lokal buat nggak suka sama turis,” komentar warganet. 

"Mereka ngomong pakai bahasa apa deh?” tanya warganet lain, yang lalu dibalas oleh admin grup perjalanan tersebut.

“Aku udah nanya sama mereka dan mereka ngakunya dari Indonesia. Aku sampai nggak bisa ngomong apa-apa lagi waktu lihat mereka begitu (merusak pohon sakura)," jawab pemilik akun tersebut.

Kemudian pemilik akun Instagram @kanankiriwow yang memviralkan lagi video tersebut juga meminta kesadaran wisatawan Indonesia untuk menegur bila ada turis lain yang melakukan hal tak terpuji seperti itu.

Makna Bunga Sakura Bagi Warga Jepang

Bunga Sakura memang jadi kebanggaan sendiri bagi warga Jepang. Maknanya juga sangat mendalam. Masyarakat Jepang menjadikan bunga nasional negara itu sebagai ikon budaya yang dihormati di seluruh dunia tidak hanya karena keindahannya yang luar biasa, tetapi juga karena ekspresi kehidupan, kematian, dan pembaharuannya yang abadi.

Bunga sakura berbentuk kecil berwarna merah muda lembut yang tumbuh dari pohon sakura. Bunga sakura akan bermekaran dengan cantik setiap musim semi saja. Saat itu tiba akan jadi tontonan yang mewah sebab waktu mekarnya bunga sakura sangat singkat. Bunga tersebut hanya bisa mekar sekitar dua minggu, hingga akhirnya akan jatuh ke tanah dan layu.

Tak heran bila warga Jepang memperlakukan pohon sakura yang sedang bermekaran secara hati-hati untuk menjaga keindahannya.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #viral #turis #indonesia #rusak #pohon #sakura #jepang #padahal #punya #makna #mendalam #buat #warga #lokal

KOMENTAR