Kenali 4 Tipe Kepribadian MBTI yang Memiliki Kecenderungan Bersifat Ambivert, Apakah Kamu Termasuk?
Ilustrasi 4 tipe kepribadian MBTI yang disebut-sebut memiliki kecenderungan ambivert. (Quora)
14:10
8 April 2024

Kenali 4 Tipe Kepribadian MBTI yang Memiliki Kecenderungan Bersifat Ambivert, Apakah Kamu Termasuk?

– Indikator Tipe Myers-Briggs (MBTI) tidak secara spesifik mengkategorikan individu sebagai ambivert karena berfokus pada empat dimensi kepribadian utama: Ekstraversi/Introversi, Penginderaan/Intuisi, Berpikir/Perasaan, dan Menilai/Persepsi. Namun, individu dengan preferensi tipe yang mendekati pertengahan dimensi Ekstraversi/Introversi mungkin saja menunjukkan kualitas ambivert.

Artinya, beberapa tipe kepribadian MBTI yang introvert namun paling ekstrovert mungkin saja mereka adalah seorang ambivert. Atau bisa juga orang-orang ambivert tersebut adalah tipe kepribadian yang ekstrovert namun cenderung introvert.

Dilansir dari Quora, Senin (8/4), berikut 4 tipe kepribadian MBTI yang disebut-sebut memiliki kecenderungan ambivert dan memiliki kedua sifat utama kepribadian (ekstrovert dan introvert).

1. INFJ

INFJ adalah tipe kepribadian MBTI paling ekstrover kesepuluh. Introvert ini bisa menjadi orang yang supel dan pendiam, tergantung situasinya. Mereka sangat intuitif dan mempunyai kemampuan untuk memahami motivasi orang, menjadikan mereka pemecah masalah yang hebat.

INFJ juga menikmati kebersamaan dengan orang lain tetapi mereka sering kali lebih memilih percakapan empat mata daripada kelompok besar dan mereka senang mengeksplorasi pikiran dan perasaan batin mereka.

Mereka juga menghargai seni dan keindahan, sering kali tertarik pada kegiatan kreatif. Meskipun INFJ membutuhkan waktu sendirian untuk berproses dan memulihkan tenaga, mereka adalah orang-orang yang sangat penyayang dan setia yang dapat menjadi teman yang baik.

2. ISFJ

ISFJ juga merupakan tipe kepribadian introvert yang paling ekstrovert. Orang-orang ini hangat dan baik hati, sering kali mengutamakan kebutuhan orang lain di atas kebutuhannya sendiri.

Mereka adalah introvert yang berorientasi pada orang dan memiliki keterampilan sosial yang kuat. Hal itu menjadikan mereka teman yang baik dan dapat diandalkan.

ISFJ senang bekerja dalam tim atau sendiri dan mereka berkembang dalam pekerjaan yang melibatkan membantu orang lain atau memberikan dukungan. Mereka juga sangat terorganisir dan pandai mengatur waktu, menjadikan mereka pemecah masalah hebat yang mampu menyelesaikan tugas-tugas kompleks.

3. ENTP

Kepribadian ENTP merupakan tipe yang paling introvert diantara tipe ekstrovert. ENTP bisa memilih kapan mereka ingin bersosialisasi dan mereka sering lebih memilih ditemani satu atau dua teman dekat daripada kelompok besar.

Mereka berkembang dalam tantangan intelektual dan senang berdebat tentang beragam topik, mulai dari sains hingga filsafat. ENTP juga sangat inventif.

Pikiran mereka memunculkan ide-ide baru dan kemungkinan-kemungkinan yang tampak mustahil bagi orang lain. Dan mereka membutuhkan waktu untuk berpikir untuk mendapatkan inspirasi dan kreatif, seperti halnya introvert.

4. ENFP

ENFP adalah tipe kepribadian paling ekstrover ketujuh. Uniknya, ENFP bisa bersifat introvert dan ekstrovert. Dunia batin mereka sangat kaya, yang berarti mereka memiliki beragam minat dan pendapat.

ENFP secara alami memiliki rasa ingin tahu dan senang mengeksplorasi ide dan konsep baru. Mereka juga beradaptasi dengan cepat terhadap situasi dan orang yang berbeda, menjadikan mereka komunikator hebat yang dapat terhubung dengan siapa saja.

Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki antusiasme yang menular terhadap hidup dan cenderung suka berpesta. Tapi mereka juga senang mengeksplorasi pikiran batin mereka dan membutuhkan waktu untuk diri mereka sendiri.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kenali #tipe #kepribadian #mbti #yang #memiliki #kecenderungan #bersifat #ambivert #apakah #kamu #termasuk

KOMENTAR