7 Tanda Kamu Dibesarkan dengan Moral dan Nilai yang Kuat Menurut Psikologi
Ilustrasi perempuan sedang menyuapi makanan ke temannya merupakan salah satu hasil penerapan moral dan nilai yang kuat. (freepik)
11:58
2 April 2024

7 Tanda Kamu Dibesarkan dengan Moral dan Nilai yang Kuat Menurut Psikologi

 – Dalam kehidupan semua orang pasti ingin menjadi orang yang baik dan memiliki moral serta nilai-nilai yang kuat.

Hal ini bisa tercapai salah satunya pola asuh dalam keluarga sehingga bisa tumbuh dalam rumah tangga yang mengutamakan nilai dan moral.

Tak sedikit orang tidak menyadari bahwa dirinya sudah dibesarkan dengan moral dan nilai yang kuat atau belum.

Dilansir dari laman Ideapod, terdapat 7 tanda bahwa Anda sudah dibesarkan dengan moral dan nilai yang kuat diantaranya :

1. Mempunyai keyakinan bahwa penting untuk berkontribusi dengan cara apapun yang Anda bisa

Apabila Anda sebagai orang dewasa menemukan sebuah kepuasan dalam berkontribusi daripada egois hanya mementingkan diri sendiri maka ini merupakan tanda bahwa Anda sudah dibesarkan dalam nilai dan moral yang kuat.

Pusat Remaja Berkembang UCLA memberikan pernyataan bahwa berkontribusi dapat membantu kita mendapatkan rasa hormat dan penghargaan dari rekan-rekan kita, dan dapat membantu kita mengembangkan rasa makna dan tujuan dalam hidup kita sendiri.

2. Memiliki sopan santun

Tanda kedua Anda sudah dibesarkan dengan pedoman nilai dan moral yang kuat adalah memiliki sopan santun.

Tata krama atau adab yang baik tentu tidak serta merta langsung terbiasa tentu dari sejak usia disini sudah diberikan pola asuh yang selaras.

Tata krama yang santun tidak hanya mencerminkan siapa kita sebagai manusia, namun merupakan cara untuk menunjukkan rasa hormat dan kesopanan terhadap orang lain.

3. Tetap menghormati orang lain meskipun berbeda dari Anda

Empati dan kasih sayang adalah bagian besar hasil dari penerapan nilai dan moral yang kuat.

Nilai dan moral yang kuat membuat kepribadian yang mampu menghormati orang lain meskipun berbeda baik dari latar belakang atau pendapat.

4. Melakukan hal yang benar sangat berarti bagi Anda

Apabila Anda yang memiliki moral yang jelas dan sudah ditanamkan sejak dini tentu memiliki integritas yang kuat pula dalam segala tindakan.

Tidak hanya itu, Anda juga memiliki kompas internal yang memandu dalam melakukan hal yang benar.

5. Di sudut pandang Anda, keadilan lebih penting daripada kemenangan

Dengan didasarkan dengan nilai dan moral yang baik berarti percaya pada kesetaran dan keadilan. Sehingga tidak heran jika Anda selalu berusaha memperlakukan orang lain dengan adil.

6. Anda tidak pernah gagal dalam suatu argumen

Tanda lain yang bisa menunjukkan bahwa Anda dibekali moral dan nilai yang kuat adalah selalu mempunyai prinsip bahwa lebih baik tidak mengatakan apapun daripada mengatakan namun hal itu tidak baik.

7. Memiliki rasa bertanggung jawab terhadap diri Anda

Tanda terakhir yang menunjukkan bahwa Anda memiliki moral dan nilai yang baik yaitu memiliki rasa bertanggung jawab yang tinggi baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Rasa bertanggung jawab ini dibentuk sejak dini dan membutuhkan proses yang sudah dibiasakan dan tumbuh dari keluarga yang mengutamakan nilai dan moral.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tanda #kamu #dibesarkan #dengan #moral #nilai #yang #kuat #menurut #psikologi

KOMENTAR