Cara Membersihkan Mukena atau Pakaian dari Bintik Hitam dan Noda Jamur dengan Praktis, Segera Praktikkan!
Koleksi Siti Khadijah dengan mukena Moon Series./Dok JawaPos.com
10:22
31 Maret 2024

Cara Membersihkan Mukena atau Pakaian dari Bintik Hitam dan Noda Jamur dengan Praktis, Segera Praktikkan!

 

 Seperti yang kita ketahui, mukena merupakan busana ibadah yang biasa digunakan wanita saat melakukan salat.

Penggunaan mukena mungkin memang tidak selama dengan busana lain seperti pakaian sehari-hari, sehingga banyak orang tidak terlalu memikirkan untuk sering mencuci mukena.

Namun tanpa disadari, penggunaan mukena dengan keadaan kepala yang basah selepas wudhu, meskipun pemakaiannya sebentar, dapat memicu munculnya bintik hitam atau jamur. Jika dibiarkan, bintik hitam akan menyebar dan sulit dihilangkan.

Hal ini juga kerap terjadi bukan hanya pada mukena, namun  juga pada beberapa pakaian lainnya atau bahkan barang dengan bahan kulit.

Lalu bagaimana cara membersihkan dan mencegah munculnya noda hitam atau jamur pada mukena, pakaian, atau barang dengan bahan kulit?

Sebelum itu, mari kita kenali dulu apa penyebab sesungguhnya noda hitam pada mukena atau pakaian kita.

Penyebab timbulnya noda hitam

Konidia adalah bakteri non motil dan aseksual yang berasal dari reproduksi jamur. Beberapa jenis konidia seperti Aspergillus niger dan Cladosporium dapat menyebabkan noda hitam pada pakaian putih setelah dicuci.

Selain konidia, aktivitas bakteri Escherichia dan Staphylococcus aureus juga dapat membahayakan pakaian termasuk mukena Anda jika tidak dikeringkan dengan benar.

Flek hitam atau bintik jamur pada pakaian atau mukena biasanya disebabkan oleh kondisinya yang kotor. Bahkan, noda juga dapat muncul setelah mencuci atau mengeringkan pakaian.

Penyebabnya bisa berasal dari perilaku mencuci yang salah, penggunaan peralatan dan bahan pembersih yang tidak tepat, atau dari penumpukan minyak pada drum mesin cuci.

Mencuci pakaian tanpa memisahkan warna atau menggunakan bahan pembersih tertentu seperti deterjen atau pelembut kain juga dapat menyebabkan flek hitam pada pakaian.

Mengutip dari laman SanitisationSingapore dan SewGuide, Minggu (31/3) berikut adalah cara yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan noda hitam atau bintik jamur pada mukena, pakaian, dan alat berbahan kulit.

1. Pemutih klorin: Gunakan pemutih klorin hanya pada mukena atau pakaian putih atau berwarna putih. Jika mukena tahu pakaian Anda berwarna, gunakan pemutih oksigen.

Jangan gunakan pemutih klorin pada kain yang sensitif. Campur pemutih dengan sabun cuci piring dan air hangat, rendam pakaian selama waktu yang diperlukan sesuai jenis noda. Periksa secara teratur.

2. Cuka putih: Cuka putih dapat menghilangkan kedua jamur gelap dan bau apek. Anda harus menambahkan 3/4 cangkir cuka ke seember air bersih. Kemudian, rendam pakaian Anda dalam campuran.

3. Cuka putih dan baking soda: Campurkan secangkir cuka putih dan secangkir baking soda untuk membuat pasta pembersih.

Gosok perlahan pasta pembersih dengan sikat gigi bekas di area yang terkena. Bilas area yang terkena dengan air hangat bersih. Tekan dan pijat lembut item pakaian sampai seluruh bintik-bintik gelap menghilang.

4. Lemon dan garam: Campurkan kedua bahan ini untuk membuat pasta pembersih. Gosokkan pasta ke daerah yang terkena. Kemudian, cuci dan keringkan pakaian Anda.

5. Bola lampu: Tempatkan beberapa bola lampu ramah lingkungan di sekitar bagian dalam mesin cuci Anda. Tindakan ini akan mencegah bakteri menyerang permukaan pakaian Anda.

Cara membersihkan jamur pada barang berbahan dasar kulit atau yang tidak bisa dicuci:

Untuk membersihkan pelapis/suede yang tidak bisa dicuci, Anda dapat mencoba menghilangkan noda jamur dengan menyikat permukaannya dengan sikat kaku.

Gunakan alkohol encer (70 persen alkohol dan 30 persen air) atau alkohol isopropil untuk membersihkan jamur, lalu lap dengan kain basah dan kering. Jangan gunakan pada kulit berwarna atau suede.

Jika Anda sudah mengetahui langkah membersihkan mukena atau pakaian dari noda jamur, saatnya untuk lebih peduli dan melakukan pencegahan agar masalah yang sama tidak terulang kembali.

Mengutip dari SewGuide, cara mencegah pakaian atau mukena agar terhindar dari jamur adalah sebagai berikut.

  1. Jemur pakaian, mukena, atau sejenisnya di luar ruangan di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering penuh panas.
  2. Cepat-cepat cuci mukena yang basah, karena keadaan basah atau lembab tersebut yang dapat memicu tumbuhnya jamur.
  3. Hindari menyimpan pakaian dan juga mukena yang sudah dicuci dalam mesin cuci terlalu lama karena dapat memicu pertumbuhan jamur.
  4. Gunakan kristal anti-jamur atau gel silika penyerap kelembapan di lemari untuk mencegah jamur. Simpan kristal paradiklorobenzena di dalam lemari untuk membunuh jamur, tetapi hindari kontak langsung karena bahan ini beracun.
  5. Gunakan lampu lemari untuk mencegah jamur.

Silakan praktikkan langkah-langkah di atas agar mukena dan pakaian Anda terbebas dari noda hitam atau bintik jamur. Selamat mencoba!***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #membersihkan #mukena #atau #pakaian #dari #bintik #hitam #noda #jamur #dengan #praktis #segera #praktikkan

KOMENTAR