5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia dan Sehat, Simak dan Terapkan!
5 sederhana berikut untuk diikuti setiap hari agar Anda bisa mencapai kebahagiaan. (thesimplicityhabit.com)
12:14
27 Maret 2024

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia dan Sehat, Simak dan Terapkan!

Peneliti kebahagiaan sekaligus juga penulis The Happiness Advantage, Shawn Achor, memiliki misi untuk mengubah pikiran, hati, dan kehidupan.   Menurutnya, kebahagiaan bukan hanya tentang perasaan baik, tapi tentang kegembiraan yang kita rasakan saat berusaha mencapai potensi kita.   Penelitiannya menemukan bahwa, memilih kebiasaan bahagia sederhana yang memakan waktu lebih singkat dari menyikat gigi dapat meningkatkan suasana hati.  

  Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih bahagia, dan sebagai hasilnya, Anda akan jauh lebih sehat, lebih produktif, bahkan kreatif.

Dilansir dari continuumct.org, Rabu (27/3), Achor merekomendasikan setidaknya ada lima kebiasaan sederhana berikut untuk diikuti setiap hari agar Anda bisa mencapai kebahagiaan.

1. Syukuri 3 hal baru yang Anda temui

Selama 21 hari, luangkan dua menit sehari untuk mengamati dunia dan mencari tiga hal baru yang Anda syukuri. Aktivitas ini dapat melatih otak Anda untuk memindai dunia dengan pola baru — Anda memindai hal-hal positif, bukan memindai ancaman.

2. Pikirkan kembali pengalaman positif yang terjadi di 24 jam terakhir

Selama dua menit sehari, pikirkan satu pengalaman positif yang terjadi selama 24 jam terakhir. Tunjukkan setiap detail yang dapat Anda ingat.

Ini akan berhasil karena otak tidak dapat membedakan antara visualisasi dan pengalaman sebenarnya. Jadi, Anda baru saja mengulang pengalaman paling bermakna itu di otak Anda.

Lakukan selama 21 hari dan otak Anda mulai menghubungkan titik-titik tersebut untuk Anda. Maka, lintasan makna ini akan berjalan sepanjang hidup Anda.

3. Latihan kardiovaskular 15 menit

Latihan kardiovaskular selama lima belas menit sehari setara dengan mengonsumsi antidepresan selama enam bulan pertama.

Otak Anda akan merasa tenang dan hal itu akan mengalir ke seluruh bagian tubuh Anda secara keseluruhan dan memperbanyak kinerja Anda.

4. Bernapas

Selama dua menit, hentikan pekerjaan multitasking Anda, hentikan semuanya. Mulailah perhatikan masuk dan keluarnya udara di kerongkongan Anda. Hal ini dapat meningkatkan tingkat akurasi, kebahagiaan, dan menurunkan tingkat stres Anda.

5. Lakukan kebaikan kepada orang lain

Kebiasaan terakhir ini adalah yang paling ampuh. Selama dua menit setiap hari, mulailah hari Anda di tempat kerja atau di rumah dengan melakukan hal positif.

Anda mungkin bisa menulis catatan positif, email atau teks yang kemudian dikirimkan ke seseorang yang Anda kenal untuk memuji atau berterima kasih kepada orang itu.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #kebiasaan #sederhana #bisa #membuat #anda #lebih #bahagia #sehat #simak #terapkan

KOMENTAR