Kompak Beri Bantuan, Ini Beda Kegiatan Ganjar dan Jokowi saat Kunjungi Korban Banjir Demak
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo usai buka bersama bareng relawan di Posko Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024). [Suara.com/Bagaskara]
13:39
26 Maret 2024

Kompak Beri Bantuan, Ini Beda Kegiatan Ganjar dan Jokowi saat Kunjungi Korban Banjir Demak

Bencana banjir yang terjadi di Demak, Jawa Tengah mencuri perhatian dua politisi Indonesia. Mereka adalah calon presiden (capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam waktu yang hampir bersamaan, Ganjar dan Jokowi menyambangi Demak dan bertemu dengan para korban banjir.

Kegiatan mereka berdua disana mencuri perhatian publik. Lantas apa saja yang dilakukan Ganjar dan Jokowi di Demak? berikut ulasannya.

Ganjar beri bantuan dan buka bersama pengungsi

Ganjar Pranowo mengunjungi korban banjir Demak, Jawa Tengah pada Jumat (22/3/2024), sore hari, tepatnya di Desa Cangkring Rembang, Kecamatan Karanganyar

Pada kesempatan itu, ia juga mengirimkan sejumlah bantuan berupa bahan pokok. Bantuan tersebut datang sebelum Ganjar tiba di lokasi.

Momen datangnya bantuan dari Ganjar terekam dalam sebuah video yang diunggah akun TikTok @single_buthappy. Dalam video terlihat sejumlah mobil mengangkut bantuan sembako tersebut, mulai dari bahan pangan, sayuran, telur dan mie instan.

Melalui keterangan pers yang diterima awak media, Ganjar tiba di lokasi banjir sekitar pukul 15.00 WIB. Kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah itu langsung disambut korban banjir yang tengah beristirahat di dalam tenda pengungsian.

"Saudara-saudara kita ini butuh banyak bantuan. Kalau sembako cukup, makanan relatif punya," ujar Ganjar dalam keterangannya.

Ganjar langsung mendatangi sejumlah lokasi pengungsian, diantaranya di Balai Desa Ngaluran, SDN 3 Ngaluran dan MA Manbaul Huda.

Sambil menyapa para pengungsi, politikus PDIP itu membagi-bagikan bantuan, mulai dari beras, telur, popok bayi hingga pembalut.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyempatkan diri berbuka puasa bersama para pengungsi da bercengkrama dengan anak-anak di sana.

Jokowi ke Demak temui pengungsi, bagi-bagi amplop

Di hari yang sama, Presiden Jokowi juga menyambangi korban banjir di Demak, Jawa Tengah.  Berbeda dengan Ganjar, Jokowi menemui korban di posko pengungsian d SMK Ganesa Demak dan tiba pukul 09.30 WIB.

Di sana, presiden menginstruksikan Kementerian PUPR dan BNPB mengambil langkah untuk mengatasi banjir di Demak.

"Untuk bangunan yang rusak akibat bencana, Pemerintah melalui Kementerian PUPR dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan melakukan pengecekan serta pemulihan, termasuk hingga bibit tanaman dari Kementerian Pertanian untuk lingkungan yang terdampak," kata Jokowi melalui akun instagramnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi turut menyapa dan memberikan semangat pada para korban banjir. Dan tak lupa, ia juga membagikan amplop yang berisikan uang serta sepaket sembako untuk para pengungsi.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kompak #beri #bantuan #beda #kegiatan #ganjar #jokowi #saat #kunjungi #korban #banjir #demak

KOMENTAR