Wajib Dihindari, Simak 8 Kesalahan Saat Menyetrika Pakaian: Bikin Waktu Kurang Produktif
Kegiatan menyetrika pakaian. (iStockphoto/Marcus Chung)
22:12
22 Maret 2024

Wajib Dihindari, Simak 8 Kesalahan Saat Menyetrika Pakaian: Bikin Waktu Kurang Produktif

 – Menyetrika merupakan salah satu kegiatan rumah tangga yang rutin dikerjakan dan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih lama. Namun, terdapat beberapa kesalahan saat menyetrika pakaian yang mana hal ini bisa menyebabkan pakaian atau setrika rusak.

Kesalahan saat menyetrika pakaian sangat penting diketahui oleh pelaku ibu rumah tangga karena selain membuat waktu lebih efisien tentu mampu memperpanjang umur alat setrika.

Banyak waktu yang terbuang dan menjadi tidak produktif karena belum memahami kesalahan saat menyetrika pakaian.

Dilansir dari laman Saku Laundry, terdapat 8 kesalahan yang terjadi saat menyetrika pakaian yang wajib dihindari diantaranya :

1. Mengabaikan pengaturan suhu panas saat setrika

Sering dijumpai saat menyetrika pakaian tidak memperhatikan suhu panas yang akan digunakan. Untuk pakaian yang tipis tentu mengunakan suhu panas yang rendah agar tidak merusak pakaian.

2. Menyetrika tanpa alas setrika yang aman dan memadai

Kesalahan kedua yaitu biasanya tidak menggunakan alas setrika yang aman dan tepat yang mana hal ini bisa menyebabkan tidak nyaman, dan lebih membutuhkan waktu lama.

Alas setrika yang aman dan tepat bisa menggunakan alas khusus setrika atau menggunakan 2-3 selimut.

3. Menjemur pakaian yang akan disetrika hingga benar-benar kering

Banyak terjadi pakaian yang setelah dicuci kemudian dikeringkan dengan mesin cuci dan dijemur lagi di bawah sinar matahari hingga sangat kering.

Hal ini akan membuat agak susah saat menyetrika sehingga waktu lebih lama.

4. Tidak membersihkan setrika

Kesalahan selanjutnya adalah mengabaikan kebersihan alat setrika. Padahal kebersihan ini membuat alat lebih lama pemakaiannya dan lebih awet.

5. Menyetrika tanpa pelicin pakaian

Tak banyak orang saat menyetrika pakaian tidak menggunakan pelicin pakaian. Pakaian yang sedikit lembab akan jauh lebih mudah disetrika daripada yang kondisi kering dan tidak memakai pelicin pakaian.

6. Tidak memperhatikan care symbol pakaian

Setiap pakaian tentu memiliki simbol tertentu mulai dari suhu panas yang dianjurkan saat menyetrika hingga simbol yang melambangkan boleh tidaknya disetrika.

7. Tidak memperhatikan lipatan pakaian

Lipatan pakaian sangat penting diperhatikan sebelum menyetrika pakaian. Hal ini bertujuan agar tidak menciptakan lipatan baru pada pakaian yang bisa mengganggu penampilan.

8. Tidak memperhatikan jenis dan bentuk setrika

Memperhatikan jenis dan bentuk setrika merupakan langkah agar tidak terjadi kesalahan selama menyetrika berlangsung. Sebelum membeli alat setrika bisa dicek terlebih dahulu daya agar bisa menghemat listrik.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #wajib #dihindari #simak #kesalahan #saat #menyetrika #pakaian #bikin #waktu #kurang #produktif

KOMENTAR