Pete, Kacang-kacangan Ajaib yang Dapat Tingkatkan Energi Hingga Mendukung Fungsi Kognitif Otak
Pete, kacang-kacangan yang dapat tingkatkan energi hingga mendukung fungsi kognitif otak./ freepik/blackakaliko
14:18
22 Maret 2024

Pete, Kacang-kacangan Ajaib yang Dapat Tingkatkan Energi Hingga Mendukung Fungsi Kognitif Otak

 - Pete adalah jenis kacang-kacangan yang populer di Indonesia. Bentuknya mirip dengan kacang polong, tetapi pete memiliki biji yang lebih besar dan berwarna hijau.

Pete memiliki aroma yang khas dan rasa yang unik, yang beberapa orang menyukainya tetapi beberapa orang mungkin tidak terlalu menyukainya karena baunya yang sangat menyengat.

Pete sering digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan Indonesia, terutama dalam masakan Padang, Jawa, dan Sulawesi.



Pete  sering ditambahkan ke dalam sambal, tumis, atau hidangan kuah lainnya untuk memberikan cita rasa yang khas dan aroma yang kaya.

Meskipun pete memiliki aroma yang kuat dan menyengat, ternyata pete juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari Petai Malaysia pada Jumat (22/3), berikut merupakan 5 manfaat pete bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Mengandung banyak serat

Pete merupakan sumber serat dari makanan yang baik bagi kesehatan. Satu cangkir pete mengandung sekitar 7 gram serat, dimana angka ini memenuhi sekitar seperempat dari asupan serat harian yang disarankan untuk orang dewasa.



Serat sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap teratur dan membantu Anda untuk mencegah sembelit.

Selain itu, serat juga telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Serat juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan, dan membantu Anda dalam penurunan berat badan atau pengelolaan berat badan.

Selain itu, serat juga dikenal baik untuk pengobatan diabetes alami karena dapat menurunkan kadar glukosa darah dalam di tubuh Anda.

Jika Anda mencari makanan tinggi serat untuk ditambahkan ke dalam asupan makanan Anda, pete adalah pilihan yang lezat yang layak untuk dipertimbangkan.



2. Pete dapat meningkatkan pencernaan

Selain mengandung serat, pete juga mengandung prebiotik, yaitu zat-zat yang membantu pertumbuhan bakteri sehat dalam usus Anda.

Bakteri sehat ini sangat penting untuk pencernaan yang baik serta penyerapan nutrisi yang optimal.

Selain itu, bakteri-bakteri ini juga membantu menjaga agar sistem pencernaan Anda terbebas dari bakteri berbahaya.

Pete juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan diare karena mengandung senyawa yang dapat melunakkan kotoran, sehingga hal ini dapat menyebabkan aroma pete pada urine dan kotoran Anda selama beberapa hari.

3. Kaya akan vitamin dan mineral



Pete mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan luka serta melawan infeksi.

Selain itu, pete juga mengandung kalium, zat besi, dan triptofan yang sangat penting untuk keseimbangan cairan tubuh, kesehatan tulang, suasana hati hingga membantu tidur Anda agar lebih baik.

Tak hanya itu saja, pete juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Pete juga mengandung zat anti-kanker, yakni thioproline yang dapat membantu membersihkan organ hati dan dapat mencegah kanker.

4. Membantu meningkatkan energi



Pete meruoakan makanan yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda secara alami.

Jika Anda mencari cara yang alami untuk merasakan energi tambahan, cobalah untuk menambahkan pete pada asupan makanan Anda.

Pete mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Selain itu, pete juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah.

Lebih jauh lagi, pete juga mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak oksigen dan meningkatkan sirkulasi darah.

Oleh karena itu, pete dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik atau ketika Anda merasa lelah, untuk membantu meningkatkan tingkat energi Anda.



5. Anti-inflamasi

Pete mengandung zat anti-inflamasi, yakni senyawa fenolik yang diketahui memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi pada organ ginjal.

Antioksidan dalam oete dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sedangkan sifat anti-inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan.

Peradangan merupakan salah satu faktor utama yang ada dalam berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

Senyawa fenolik dalam pete juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah penurunan fungsi otak terkait usia. Hal ini membuat pete menjadi makanan yang baik untuk mencegah berbagai penyakit kronis.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #pete #kacang #kacangan #ajaib #yang #dapat #tingkatkan #energi #hingga #mendukung #fungsi #kognitif #otak

KOMENTAR