2 Gerhana di Bulan Ramadhan 2024 Tanda Kemunculan Imam Mahdi? Ternyata Ini yang Terjadi!
2 Gerhana di Bulan Ramadhan 2024 Tanda Kemunculan Imam Mahdi? Ternyata Ini yang Terjadi! (Pexels)
13:19
19 Maret 2024

2 Gerhana di Bulan Ramadhan 2024 Tanda Kemunculan Imam Mahdi? Ternyata Ini yang Terjadi!

Bulan Ramadhan 2024 kali ini akan turut diwarnai dengan dua jenis fenomena gerhana. Yang pertama adalah Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 24-25 Maret 2024, lalu Gerhana Matahari Total (GMT) pada 8 April 2024. Apakah kemunculan gerhana di bulan Ramadhan 2024 ini pertanda kemunculan Imam Mahdi?

Tidak semua fenomena gerhana ini dapat diamati di Indonesia. Dikutip dari laman resmi BMKG, GBP tanggal 25 Maret 2024 dapat diamati di daerah Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku, mulai sekitar pukul 13.50 WIT, kemudian mencapai puncaknya pada 16.12 WIT, dan berakhir pada 18.34 WIT.

Gerhana Bulan Penumbra Maret 2024. [In The Sky]Gerhana Bulan Penumbra Maret 2024. [In The Sky]


Sedangkan untuk GMT-nya tidak dapat diamati dari Indonesia. Menurut Peneliti Pusat Riset Antariksa, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Farahhati Mumtahana, GMT tidak melintasi wilayah Tanah Air. GMT pada 8 April 2024 ini dapat diamati di kawasan Meksiko hingga Kanada.

Berdasarkan sebuah laporan, peristiwa GMT dapat memicu perlambatan kecepatan internet. Rupanya hal ini berkaitan dengan banyaknya orang yang berusaha mencari informasi tentang GMT sehingga memicu terjadinya lonjakan trafik di mesin pencari. Selain itu, GMT juga dapat menyebabkan masalah pada sinyal ponsel karena tingginya aktivitas.

Ilustrasi Gerhana Matahari (Enrique/Pixabay)Ilustrasi Gerhana Matahari (Enrique/Pixabay)

Gerhana Tanda Munculnya Imam Mahdi?

Di sisi lain, terjadinya dua fenomena gerhana pada bulan Ramadhan juga memunculkan beragam pertanyaan. Salah satunya apakah gerhana di bulan Ramadhan menjadi pertanda akan kedatangan Imam Mahdi?

Buya Yahya pernah menegaskan bahwa tidak ada keterkaitan langsung antara gerhana matahari dengan kemunculan Imam Mahdi. Pasalnya gerhana adalah fenomena alam yang dapat diprediksi dan terjadi secara teratur.

Walau begitu, kedatangan Imam Mahdi sudah diriwayatkan di berbagai hadis sehingga harus diyakini. Kedatangan Imam Mahdi merupakan salah satu tanda-tanda besar kiamat.


“Secara pribadi saya yakin betul insya Allah Imam Mahdi akan datang. Salah satu tanda besar kiamat adalah Imam Mahdi, semasa dengan turunnya Nabi Isa AS. Imam Mahdi nggak usah dicari, nanti akan datang pada waktunya,” tutur Buya Yahya, dikutip dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, Selasa (19/3/2024).

Buya Yahya menegaskan, tidak ada satu orang pun yang tahu kapan waktu pasti peristiwa tersebut akan terjadi. Karena itulah yang terpenting sekarang adalah tetap beriman kepada Allah SWT dan mempersiapkan yang terbaik untuk menghadapi hari akhir.

Ini Prediksi Para Pakar

Menurut laporan terbaru, peristiwa langka ini berpotensi menyebabkan penurunan kinerja internet. Manajemen Darurat Lorain County (EMA) di Ohio, Amerika Serikat, telah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk bersiap menghadapi fenomena gerhana matahari total yang dijadwalkan terjadi pada 8 April 2024.

Berdasarkan catatan IFL Science dari fenomena sebelumnya, terjadi lonjakan lalu lintas pencarian di Google. Banyak orang yang mencari informasi tentang apa yang terjadi ketika seseorang melihat langsung ke arah Matahari sesaat setelah Gerhana terjadi.

EMA juga memperingatkan bahwa akan terjadi masalah dengan sinyal ponsel karena banyaknya aktivitas penggunaan ponsel yang berlebihan. Selain itu, masalah logistik juga menjadi perhatian, dengan kemungkinan banyaknya orang yang ingin berwisata untuk melihat Gerhana Matahari Total secara langsung.

Untuk menghadapi potensi lonjakan aktivitas, pihak berwenang di Lorain County telah melakukan upaya mitigasi. Mereka memperingatkan tentang kemungkinan peningkatan lalu lintas, waktu tunggu di layanan umum seperti rumah sakit dan pompa bensin, serta kesulitan akses ke makanan dan kebutuhan lainnya.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #gerhana #bulan #ramadhan #2024 #tanda #kemunculan #imam #mahdi #ternyata #yang #terjadi

KOMENTAR