10 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari Ini Dapat Mengubah Hidup Lebih Baik, Apa Saja?
Membaca Merupakan Salah Satu Kebiasaan di Pagi Hari yang Dapat Mengubah Hidup Anda. /Sumber foto: freepik/superpeet
08:44
29 Februari 2024

10 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari Ini Dapat Mengubah Hidup Lebih Baik, Apa Saja?

 

 - Kebiasaan di pagi hari merupakan serangkaian kegiatan atau rutinitas yang Anda lakukan setiap pagi sebagai persiapan untuk memulai hari.

Kebiasaan di pagi hari sangatlah penting karena hal itu dapat membantu Anda memulai hari dengan energi positif dan pikiran yang jernih.

Kebiasaan-kebiasaan ini membantu menetapkan suasana hati dan mindset yang tepat untuk menghadapi tantangan yang mungkin Anda hadapi sepanjang hari.

Dengan melakukan kebiasaan di pagi hari yang positif dan memotivasi, Anda dapat meningkatkan produktivitas, konsentrasi, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Ini juga dapat membantu Anda membangun kebiasaan baik dan menjaga keseimbangan mental dan emosional Anda. Dengan kata lain, kebiasaan di pagi hari dapat menjadi fondasi yang kuat untuk mencapai tujuan dan menjalani kehidupan yang memuaskan.

Dilansir dari Robbins Research International, Inc pada Rabu (28/2), berikut merupakan 10 kebiasaan positif yang dapat mengubah hidup Anda.



1. Priming

Priming adalah suatu metode atau praktik yang melibatkan latihan pernapasan, visualisasi, dan berlatih rasa syukur yang dilakukan setiap pagi.

Tujuannya adalah untuk mempersiapkan diri Anda secara mental dan emosional agar siap menghadapi segala rintangan atau tantangan yang mungkin Anda hadapi sepanjang hari.

Dengan meluangkan waktu hanya 10 menit setiap pagi untuk melakukan priming, Anda dapat merasa lebih siap dan termotivasi untuk mengatasi segala hal yang dihadapi.

2. Mandi dengan air dingin

Mandi dengan menggunakan air dingin dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, meningkatkan kebahagiaan, merapatkan kulit, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, di antara manfaat-manfaat lainnya.

Bagi pemula, Anda dapat memulainya dengan durasi selama 30 detik dan meningkatkan hingga lima hingga sepuluh menit seiring Anda sudah mulai terbiasa.



3. Journaling

Journaling adalah kegiatan mencatat atau menulis jurnal yang memiliki banyak manfaat. Seperti mengurangi kecemasan, meningkatkan ingatan, dan membantu dalam pemecahan masalah.

Tidak heran bahwa banyak orang sukses, seperti pengusaha Tim Ferriss, memulai hari mereka dengan menulis jurnal.

Ada berbagai gaya penulisan jurnal, mulai dari jurnal rasa syukur, dan lain-lain yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

4. Olahraga

Olahraga saat di pagi hari dapat mengurangi depresi dan kecemasan serta membantu Anda menjalani hidup yang lebih panjang dan sehat. Temukan jenis olahraga yang Anda nikmati dan lakukan setidaknya lima kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik.



5. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu kebiasaan di pagi hari yang paling direkomendasikan. Ini dapat membantu Anda menguasai emosi dan pola pikir Anda, mengurangi stres, tetap fokus, dan menjadi lebih produktif.

6. Yoga

Yoga di pagi hari dapat membuat Anda merasa tenang, membangun pola pikir positif untuk hari itu, dan memberikan manfaat peregangan pada tubuh. Bahkan, Anda bisa mencoba menyertakan beberapa teknik meditasi atau priming saat melakukan yoga.

7. Pola pikir

Pola pikir Anda di pagi hari akan memengaruhi suasana hati Anda sepanjang hari. Perhatikan apa yang Anda pikirkan di dalam hati dan ubah pikiran negatif menjadi positif agar Anda bisa menghadapi hari dengan semangat.



8. Bersyukur

Selalu penting untuk bersyukur, terutama saat Anda memulai hari. Ketika Anda memulai dengan pikiran yang positif, Anda akan lebih kuat dalan menghadapi tantangan. Cukup pikirkan satu hal yang membuat Anda bersyukur selepas bangun tidur, dan Anda akan melihat perbedaannya sepanjang hari.

9. Mendengarkan Musik 

Kekuatan musik dapat memberikan ruang untuk berekspresi, dan bahkan bisa membuat Anda lebih bahagia dan produktif.

10. Membaca

Mengisi pikiran Anda dengan membaca adalah cara yang bagus untuk memulai hari. Apapun yang Anda baca, pastikan bahwa bacaan itu dapar membuat Anda merasa termotivasi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kebiasaan #sederhana #pagi #hari #dapat #mengubah #hidup #lebih #baik #saja

KOMENTAR