Tidak Selalu Buruk, Berikut 5 Alasan Baik Menunda Pekerjaan yang Bisa Membuat Lebih Produktif
Ilustrasi orang menunda pekerjaan. (Leader Task)
21:38
25 Oktober 2024

Tidak Selalu Buruk, Berikut 5 Alasan Baik Menunda Pekerjaan yang Bisa Membuat Lebih Produktif

- Menunda pekerjaan atau tugas sering disebut sebagai procrastination. Beberapa orang melakukan hal tersebut karena disengaja atau tidak.

Mengutip Alodokter, orang menunda pekerjaan berpikir bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang wajar dilakukan ketika tidak ada ide yang datang.

Selain itu, mereka menundanya karena pekerjaan yang dilakukan dirasa tidak menyenangkan atau membosankan.

Menunda pekerjaan memang membawa dampak negatif karena dapat memicu stres, gangguan kecemasan, hingga menimbulkan kebencian dari teman, keluarga, dan rekan kerja.

Namun, ada beberapa alasan mengapa menunda pekerjaan bisa membuat Anda produktif.

Dalam artikel ini akan memberikan informasinya sebagaimana dilansir Facile Things.

1. Menjadi lebih kreatif

Menunda pekerjaan memang membuat waktu terbuang sia-sia. Namun, bekerja di menit-menit akhir membuat Anda punya banyak peluang untuk berimprovisasi dan meningkatkan kreativitas.

Dengan mengandalkan kreativitas, masalah pekerjaan yang tidak terselesaikan itu akan bisa teratasi dari sudut pandang yang lain. Alhasil, solusinya bisa dapat ditemukan dan membuat Anda menjadi produktif.

2. Belajar memprioritaskan tugas

Pekerjaan menjadi tertunda karena banyaknya tugas yang Anda harus selesaikan. Karena sering berada dalam situasi tersebut, Anda belajar untuk memprioritaskan tugas yang lebih peting agar waktu tidak terbuang dan menjadi lebih produktif.

3. Hemat waktu

Tidak mungkin Anda terus bekerja tanpa melakukan istirahat sejenak. Jika mulai ada tanda-tanda untuk menunda pekerjaan, biarkan saja itu terjadi dan luangkan waktu Anda untuk lebih rileks.

Hal tersebut dinilai lebih efektif, daripada Anda mencoba untuk berusaha menyelesaikannya.

4. Meningkatkan energi

Menunda pekerjaan sering dihubungkan dengan perilaku negatif. Namun, hal tersebut mempunyai dampak yang positif jika dimanfaatkan dengan baik.

Saat ingin menunda pekerjaan, luangkan waktu untuk melakukan relaksasi agar bisa kembali menyelesaikan pekerjaan dengan produktif.

5. Meningkatkan motivasi

Ketika berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan tuntutan waktu yang pendek dan berhasil, Anda akan menjadi lebih termotivasi.

Saat menunda pekerjaan, manfaatkan waktu itu untuk kembali memotivasi diri agar bisa produktif lagi.

Itulah beberapa alasan mengapa menunda pekerjaan bukanlah sesuatu yang buruk. Namun, Anda harus mengetahui cara menunda pekerjaan agar bisa kembali produktif.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tidak #selalu #buruk #berikut #alasan #baik #menunda #pekerjaan #yang #bisa #membuat #lebih #produktif

KOMENTAR