6 Tanda Kamu Harus Segera Berbenah Isi Lemari Pakaian, Jangan Sampai Berantakan!
ilustrasi lemari berantakan. Sumber foto: Freepik
11:46
25 Februari 2024

6 Tanda Kamu Harus Segera Berbenah Isi Lemari Pakaian, Jangan Sampai Berantakan!

Memiliki lemari yang terorganisir menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari.

Namun sayangnya, meskipun lemari pakaian terlihat estetis, bukan berarti isi lemari tersebut juga tertata rapi.

Kamu mungkin menyadari tanda-tanda ini jika sudah waktunya isi lemari ditata ulang. 

Mulai dari penyangga gantungan pakaian yang jatuh karena menahan beratnya tumpukan baju atau terlihat tidak rapi karena berserakan di lantai.

Dikutip JawaPos.com dari Real Simple, Minggu (25/2), berikut enam tanda sudah waktunya kamu menata ulang isi lemari pakaian:

Tumpukan pakaian

Pernakah kamu menghabiskan waktu untuk memilah-milah pakaian bertumpuk di lemari? Itu terjadi karena lemari kehabisan ruang dan menjadi tanda perlu menata seluruh isinya.

“Sebagian besar dari kita memiliki semua ruang yang diperlukan, namun kita dikondisikan untuk berpikir bahwa kita memerlukan lebih banyak ruang, itulah sebabnya kita mendapatkan unit penyimpanan dan meletakkan barang-barang di sana. Semakin banyak barang yang dimiliki, semakin sulit untuk merawat rumah kita,” kata pendiri Shantaeize Your Space, Shantae Duckworth.

Dia menyarankan untuk memeriksa barang-barang setidaknya setahun sekali guna menentukan apa yang benar-benar dibutuhkan.

Banyak barang serupa

Meskipun ada baiknya membeli sesuatu dalam berbagai warna jika terlihat bagus untuk kamu, tapi bila kamu punya 16 kaus hitam dari toko berbeda, ini saatnya memikirkan kembali sisa ruang di dalam lemari.

Kesadaran seperti itu juga bisa bantu menghemat uang dalam jangka panjang karena tidak akan terus menerus membeli barang yang sama.

Buang waktu saat mencari pakaian

Pendiri Badass Homelife LLC Katrina Green mengatakan jika seseorang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari pakaian alih-alih memutuskan apa yang akan dikenakan, maka ini menjadi saat yang tepat untuk mengatur lemari.

Sulit menemukan pakaian

“Jika kamu sedang mencari pakaian tertentu dan tidak dapat menemukannya, kemungkinan besar pakaian tersebut terkubur di sudut gelap lemari,” ungkap pendiri Thoughtful Home Rose Pulver.

“Kami sarankan meluangkan waktu untuk mengatur lemari dan mengidentifikasi setiap item pakaian yang dimiliki. Ini akan bantu menemukan bagian-bagian penting yang mungkin terlupakan,” tambahnya.

Lebih banyak pakaian daripada isi ruang lemari

Jika kamu tinggal di rumah luas, kontrakan atau apartemen, kenyataannya kita semua memiliki ruang lemari terbatas. Jika seluruh lemari pakaian tidak muat di lemari, kamu mungkin perlu mengurangi koleksi pakaian.

“Saat bekerja dengan klien, kami selalu memulai dengan memisahkan semua item pakaian ke dalam beberapa kategori seperti sepatu, kemeja lengan pendek, kemeja lengan panjang, celana, jumpsuit, rok, gaun, dan aksesoris. Selanjutnya, kamu bisa memeriksa setiap barang dan buang apa pun yang tak terpakai,” jelas Pulver.

Tidak ingat kapan terakhir kali menata ulang isi lemari

Apa kamu ingat kapan terakhir kali memeriksa pakaian dan menyingkirkan barang-barang yang tidak pernah dikenakan? Pulver menekankan pentingnya merapikan lemari setidaknya setiap enam bulan.

“Setel pengingat untuk meninjau barang apa pun yang kamu ragu untuk menyimpan atau membuangnya. Jika belum memakainya, buanglah. Dengan melalui proses ini, lemari akan berfungsi maksimal dan lebih tertata,” pungkasnya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #kamu #harus #segera #berbenah #lemari #pakaian #jangan #sampai #berantakan

KOMENTAR