Intip 7 Manfaat Minum Kopi pada Pagi Hari, Kandungan Kafeinnya dapat Menjaga Kesehatan Tubuh
Ilustrasi secangkir kopi. (Freepik)
21:14
21 Oktober 2024

Intip 7 Manfaat Minum Kopi pada Pagi Hari, Kandungan Kafeinnya dapat Menjaga Kesehatan Tubuh

– Sudah tidak asing bukan melihat ada orang yang gemar minum kopi pada pagi hari? Bukan hanya bapak-bapak atau orang tua, melainkan kini juga adapula anak muda.

Banyak anak muda, khususnya di pusat kota besar seperti Jakarta yang pada pagi hari di tangannya sudah menggenggam segelas kopi dari berbagai merek sebelum mengawali aktivitas kantorannya.

Namun, tahukah kamu bahwa minum kopi pada pagi hari rupanya berdampak baik bagi tubuh? Lantas, apa saja manfaat dari mengonsumsi minuman yang identik dengan rasa pahit ini?

Mengutip dari NDTV, ada banyak manfaat yang didapat dari mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein ini, antara lain:

1. Menurunkan berat badan

Kopi yang termasuk salah satu minuman bebas kalori tentu dapat membantu dalam menstabilkan berat badan. Bahkan, dengan kandungan kafein dalam kopi juga dipercaya dapat mempercepat proses metabolisme, meningkatkan energi, dan mengurangi nafsu makan, sehingga tidak heran berat badan akan turun.

2. Meningkatkan suasana hati yang baik

Minum kopi hitam pada pagi hari dapat merangsang sistem saraf dalam tubuh dan meningkatkan pelepasan zat kimia yang membuat seseorang bahagia, sehingga bisa memicu suasana hati yang senang.

3. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Minum kopi hitam dalam sejumlah penelitian disebutkan dapat membantu mengurangi risiko penyakit diabetes dengan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, yang akhirnya membantu dalam mengendalikan kadar gula dalam darah.

4. Mengurangi perasaan depresi

Selain meningkatkan suasana hati yang senang, minum kopi pada pagi hari juga memiliki manfaat sebagai antidepresan yang disebabkan dari meningkatnya kadar serotonin dan dopamine di otak.

5. Meningkatkan kemampuan daya ingat

Selain berdampak pada kondisi mood dalam keadaan baik, kafein dari kopi hitam pada pagi hari juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang identik dengan daya ingat atau memori.

6. Membantu menjaga kesehatan organ hati

Kesehatan organ hati juga dapat dibantu dengan minum kopi hitam mengingat kadar enzim yang membahayakan dapat diturunkan dengan bantuan kafein, sehingga tidak heran apabila kopi menurunkan risiko hepatitis, sirosis hati, bahkan kanker hati.

7. Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan yang kaya dalam kopi hitam tentu berdampak baik bagi kesehatan tubuh seperti mangan, magnesium, kalium, vitamin B2, vitamin, B3, dan vitamin B5.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #intip #manfaat #minum #kopi #pada #pagi #hari #kandungan #kafeinnya #dapat #menjaga #kesehatan #tubuh

KOMENTAR