Simak! 5 Cara Cerdas dan Efektif Untuk Menghadapi Orang yang Sulit Dalam Menjalani Hidup
Ilustrasi orang yang menghadapi teman yang mengalami kesulitan. (Pexels)
17:16
21 Oktober 2024

Simak! 5 Cara Cerdas dan Efektif Untuk Menghadapi Orang yang Sulit Dalam Menjalani Hidup

Anda mungkin memiliki kenalan atau rekan kerja yang terlihat kesulitan, entah itu dalam kehidupan, bersosialisasi, atau mengungkapkan emosi mereka. Bertemu dengan orang yang sulit adalah bagian yang tidak bisa Anda hindari dari kehidupan.

Setiap orang, baik dalam lingkungan pribadi dan profesional pasti terdapat orang seperti itu. Anda perlu memiliki strategi yang efektif untuk mengelola interaksi untuk menjaga kesejahteraan dan produktivitas seseorang.

Dengan menangani orang-orang yang sulit, Anda membutuhkan pendekatan yang lebih bijaksana untuk memastikan bahwa tidak terjadi konflik dan menjaga rasa saling menghormati satu sama lain.

Oleh karena itu, beberapa strategi yang cukup cerdas perlu Anda terapkan untuk menghadapi orang yang memiliki kehidupan sulit, agar mereka merasa nyaman dan tidak terintimidasi dengan Anda.

Dilansir dari Times of India, terdapat lima cara cerdas dan efektif yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi orang yang kehidupannya sulit, baik di lingkungan pertemanan, keluarga, atau profesional.

1. Berempati dan memvalidasi

Terkadang, ketika Anda sedang berinteraksi, empati dan validasi kekhawatiran orang lain dapat membantu meredakan situasi yang sedang tidak kondusif. Ini akan menciptakan suasana yang saling memahami, dan menghormati, serta rasa nyaman bagi orang lain.

Dengan Anda mengatakan pada mereka yang sedang mengalami masa sulit “Aku melihat bahwa ini benar-benar membuatmu frustasi.” Jadi, validasi tidak berarti Anda setuju dengan orang tersebut, tetapi akan membuat mereka merasa didengar dan membuat mereka merasa nyaman.

2. Fokus pada solusi

Ketika Anda sedang berinteraksi dengan seseorang yang sulit, dan mereka mencoba menceritakan permasalahan mereka. Cobalah untuk fokus pada pembicaraan mengenai pendapat menemukan jalan keluar.

Daripada Anda terus menekan mereka untuk menggali masalah atau perilaku mereka. Terapkan interaksi yang lebih efektif dengan bertanya “Apa yang dapat kita lakukan untuk menyelesaikan ini?” atau “Bagaimana kita bekerja setelah ini?”

Ini akan membuat Anda menciptakan suasana yang mendukung kerja sama dan menunjukkan komitmen Anda untuk menyelesaikan masalah bersama-sama atau memikirkan jalan keluar untuk menyelesaikannya.

3. Berlatih mendengarkan aktif

Ketika Anda bertemu dengan orang yang mengalami kehidupan sulit, mereka kebanyakan memiliki ketangguhan dalam menghadapi masalah. Jadi, terkadang mereka hanya ingin merasa didengar ketika sedang berkeluh kesah tentang kesulitan mereka.

Libatkanlah mereka dalam suasana yang saling mendengarkan secara aktif dan memperhatikan mereka dengan seksama serta menunjukkan pengertian terhadap perasaan mereka tanpa harus menghakiminya.

Gunakanlah frasa seperti “saya mengerti apa yang Anda katakan” untuk menunjukkan bahwa Anda setuju dengan perspektif mereka. Hal ini mampu meredakan ketegangan dan membuka interaksi yang jauh lebih konstruktif.

4. Tetap tenang dan kalem

Ketenangan dapat membuat Anda terlihat lebih cerdas dan bijaksana. Dan terkadang, ketika Anda berhadapan dengan orang yang sulit dalam hidupnya, penting untuk tetap tenang dan kalem.

Jika Anda kehilangan kendali dan terlalu bereaksi dengan emosi, itu dapat menjadi pemicu dan hanya memperburuk situasi menjadi lebih dramatis.

Cobalah untuk tetap tenang dengan tarik nafas dalam-dalam, dan bicaralah dengan nada netral dan hindari bersikap defensif.

Setiap kali Anda menanggapi dengan tenang, semua pikiran Anda akan jernih, dan Anda akan cenderung dapat merespon situasi dengan lebih baik, sehingga percakapan akan menjadi produktif.

5. Tetapkan batasan

Setiap interaksi tentu harus memiliki batasan, dan jelaskan secara spesifik perilaku apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan kepada Anda. Sampaikan batasan Anda dengan sangat jelas kepada orang tersebut.

Seperti contoh, dengan Anda mengatakan “ Saya dapat terus melakukan percakapan ini dengan Anda, tetapi saya tidak dapat melakukannya jika Anda menggunakan nada bicara yang tinggi.”

Batasan yang jelas ini akan melindungi Anda dan menetapkan standar tentang bagaimana komunikasi seharusnya terjalin, dan menciptakan interaksi yang saling menghormati.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #cara #cerdas #efektif #untuk #menghadapi #orang #yang #sulit #dalam #menjalani #hidup

KOMENTAR