5 Cara Move On dari Patah Hati Calon Presiden Pilihan Kalah saat Pemilu
Ilustrasi Pemilu 2024 (jateng.nu.or.id)
09:27
18 Februari 2024

5 Cara Move On dari Patah Hati Calon Presiden Pilihan Kalah saat Pemilu

Pemilu 2024 nyaris usai, banyak pendukung patah hati calon yang didukungnya kalah dalam kontestasi politik. Lantas gimana caranya move on?

Media sosial masih diramaikan perdebatan paslon capres dan cawapres 01, 02 dan 03, meskipun hari pencoblosan sudah usai pada 14 Februari 2024 lalu.

Meski hasil quick count atau hitung cepat menunjukan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai pemenang pemilu, namun pendukung paslon 01 dan 03 disebut belum bisa move on.

Nah, berikut ini 5 langkah move on kekalahan kandidat politik yang bisa dilakukan, melansir Andscape, Sabtu (17/2/2024).

1. Mengolah perasaan kehilangan

Ilustrasi sedih (pexels/ Liza Summer)Ilustrasi sedih (pexels/ Liza Summer)

Agar move on dari kekalahan penting untuk catat semua perasaan satu per satu, dari mulai kecewa, sedih, depresi dan cobalah mengosongkan pikiran serta emosi. Salah satu caranya bisa dengan duduk bersama teman dekat, pasangan atau bahkan berteriak.

2. Istirahat dari media sosial

Saat melihat berbagai situs media sosial, biasanya ada meme, postingan hingga foto orang yang mengungkap perasaanya tentang pemilu. Khusus bagi pendukung yang menang mereka bisa sambil merendahkan orang lain.

Sedangkan postingan seperti itu bisa memancing perasaan dan emosi tidak sehat, jadi cobalah untuk menjauh dan istirahat.

3. Tulis minimal tiga hal menarik tentang presiden terpilih

Bagi kebanyakan orang kondisi ini bisa menyulitkan, tidak apa dan biarkan berproses dengan membentuk perspektif. Bisa dengan memulainya satu persatu yang membuat penasaran  baik hal baik maupun buruk.

4. Reset

Tidak hanya teknologi yang butuh riset atau pengaturan ulang, emosi kekecewaan juga perlu mendapatkan hal tersebut. Bisa dilakukan dengan bernapas dan menyadari terpilihnya kandidat tersebut memang bukan hal yang Anda inginkan, tapi bukan sesuatu yang bisa mudah diubah.

5. Pilih lingkaran pertemanan

Memiliki orang sekitar yang menghormati Anda, memahami mendengarkan hingga tahu kebutuhan diri sendiri adalah hal yang penting untuk melalui masa tersebut. Jadi cobalah tertentu orang-orang dengan tipe orang tersebut.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #cara #move #dari #patah #hati #calon #presiden #pilihan #kalah #saat #pemilu

KOMENTAR