Adu Karier-Pendidikan Anang Hermansyah vs Adian Napitupulu: Kompak Kalah dari Anak Airlangga Hartarto
Kolase Adian Napitupulu dan Anang Hermansyah. (Istimewa)
19:41
17 Pebruari 2024

Adu Karier-Pendidikan Anang Hermansyah vs Adian Napitupulu: Kompak Kalah dari Anak Airlangga Hartarto

Ravindra Airlangga, anak Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, unggul dalam perolehan suara sementara Pileg 2024 Dapil Jawa Barat V. Tak main-main, Ravindra bahkan mengalahkan perolehan suara dua politisi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu dan Anang Hermansyah.

Berdasarkan penghitungan real count KPU sementara, hingga Sabtu (17/2/2024) pukul 09.00 WIB, Ravindra berhasil mengantongi 59.956 suara dari total perolehan suara Partai Golkar sebanyak 162.568 suara.

Sementara itu, Adian memperoleh 31.862 suara. Sedangkan suami Ashanty, Anang, meraih 19.156 suara dari total perolehan suara PDIP sebanyak 91.374 suara. Hasil ini didapat dari 56,02 persen TPS dari total 152.228 TPS.

Lantas, seperti apakah adu rekam jejak Adian Napitupulu vs Anang Hermansyah yang dikalahkan anak Airlangga Hartarto?

Karier dan Pendidikan Adian Napitupulu

Wakil Ketua TKRPP PDIP, Adian Napitupulu. (Suara.com/Bagaskara)Wakil Ketua TKRPP PDIP, Adian Napitupulu. (Suara.com/Bagaskara)

Pemilik nama lengkap Adian Yunus Yusak Napitupulu ini merupakan anggota DPR dari PDIP. Sebelum terjun sebagai politikus, sosoknya dikenal lebih dulu sebagai seorang aktivis, sekaligus menggagas pergerakan mahasiswa parlemen jalanan.

Tidak diketahui di mana Adian menempuh pendidikan sekolah dasar. Tetapi ia diketahui menempuh pendidikan sekolah menengah pertamanya di SMPN 166 Jagakarsa, Jakarta Selatan. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan di SMUN 49 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Namun belum lulus, Adian sempat pindah dari SMUN 49 Jagakarsa ke SMUN 55 Duren Tiga Jakarta Selatan. Selepas lulus SMA, ia melanjutkan pendidikan tinggi ke Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Karier Adian di politik mulai diperhitungkan setelah ia terlibat dalam berbagai gerakan serta aktivis yang pro rakyat.

Pada tahun 2008, ia sempat mendaftar untuk menjadi calon anggota DPR melalui PDIP. Sayang kala itu ia belum berhasil menembus Senayan. Sampai akhirnya pada 2014, Adian berhasil duduk menjadi anggota DPR dari PDIP Dapil Jabar V. Kini ia kembali maju dari Dapil yang sama.

Karier dan Pendidikan Anang Hermansyah

Anang Hermansyah dan keluarga usai berikan hak pilihnya di TPS 87 Taman Mercurius, Villa Cinere Mas, Tangerang Selatan, Rabu (14/2/2024) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]Anang Hermansyah dan keluarga usai berikan hak pilihnya di TPS 87 Taman Mercurius, Villa Cinere Mas, Tangerang Selatan, Rabu (14/2/2024) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Anang Hermansyah dikenal sebagai penyanyi, pencipta lagu, sekaligus produser musik sejumlah penyanyi. Tak cuma sukses di dunia hiburan, mantan suami Krisdayanti ini juga berhasil terjun ke dunia politik sebagai anggota DPR RI.

Pria kelahiran Jember, 18 Maret 1969 ini menghabiskan masa kecil hingga SMP di Jember, Jawa Timur. Sejak kecil, bapak 4 anak ini memang sudah tertarik menekuni musik dan mempunyai grup band.

Anang diketahui menempuh pendidikan dasar di SD Jember Kidul, Jawa Timur pada 1975-1981. Ia kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Jember pada 1981 hingga 1984. Barulah saat SMA, Anang bersekolah di Surabaya, tepatnya di SMA Negeri 4 Surabaya pada 1984-1987.

Setelah menamatkan SMA, Anang merantau ke Jawa Barat dengan berkuliah di Universitas Islam Bandung. Dari sanalah ia mulai aktif menekuni dunia musik. Kesibukannya di dunia musik membuat Anang tidak menamatkan kuliahnya.

Anang justru milai bergabung dengan kelompok musik milik Doel Sumbang. Ia juga pernah mengeluarkan album, meski album ciptaannya itu tak sempat dipublikasikan.

Perjalanan karier Anang di Jakarta dimulai sejak tahun 1989. Ia memutuskan untuk melebarkan kariernya di ibu kota dan bertemu dengan Pay Siburian, gitaris dari grup Pay yang saat itu memperkuat grup Slank.

Nama Anang kian terkenal setelah menjalin kasih dengan Krisdayanti. Dan sejak saat itu, kariernya terus melejit seiring dengan berbagai karya diciptakannya.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #karier #pendidikan #anang #hermansyah #adian #napitupulu #kompak #kalah #dari #anak #airlangga #hartarto

KOMENTAR