Beda Nasib Kuliah Iriana Jokowi dan Titiek Soeharto Mantan Istri Prabowo, Padahal Kompak Ambil Studi yang Sama
Kolase Iriana Jokowi dan Titiek Soeharto
09:34
16 Februari 2024

Beda Nasib Kuliah Iriana Jokowi dan Titiek Soeharto Mantan Istri Prabowo, Padahal Kompak Ambil Studi yang Sama

Titiek Soeharto sedang ramai menjadi perbincangan. Ia diisukan akan rujuk dengan Prabowo Subianto apabila mantan suaminya itu berhasil memenangkan Pilpres 2024.

Jika benar Titiek Soeharto rujuk karena Prabowo Subianto berhasil duduk di kursi RI 1, maka otomatis Titiek Soeharto akan menjadi ibu negara seperti Iriana Jokowi.

Sebagai informasi, hingga hari ini pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak dalam hasil perhitungan cepat Pilpres 2024.

Sejalan dengan hebohnya kabar ini, menarik untuk dikulik mengenai riwayat pendidikan putri Presiden ke-2 RI tersebut. Ternyata, ia pernah mengambil studi tentang ekonomi, sama seperti istri Presiden Joko Widodo.

Namun, kendati kompak mengambil studi yang sama di perguruan tinggi, Titiek Soeharto dan Iriana Jokowi memiliki nasib yang berbeda dalam perkuliahan. Berikut adalah ulasannya.

Titiek Soeharto: Berhasil Raih Gelar Sarjana Ekonomi

Titiek Soeharto, Didit Prabowo dan Prabowo Subianto (instagram)Titiek Soeharto, Didit Prabowo dan Prabowo Subianto (instagram)

Pemilik nama lengkap Siti Hediati Hariyadi ini merupakan putri dari Presiden Soeharto. Aktif di dunia politik, Titiek Soeharto memiliki riwayat pendidikan yang cukup moncer.

Ia pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 3 Jakarta pada 1974 hingga 1977. Kemudian, melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

Pada 1978, Titiek Soeharto mengambil kuliah di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (UI). Tak diketahui detail jurusan yang diambil oleh mantan istri Prabowo Subianto ini.

Setelah kurang lebih 7 tahun berkuliah di UI, Titiek Soeharto akhirnya berhasil merai gelar Sarjana Ekonomi (S.E) dari salah satu perguruan tinggi terbaik di Tanah Air tersebut.

Iriana Jokowi: Pilih Mandeg Kuliah di Semester 6

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi Kenakan Baju Adat Betawi di Gala Dinner KTT ASEAN (Instagram/Sekretariat.Kabinet)Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi Kenakan Baju Adat Betawi di Gala Dinner KTT ASEAN (Instagram/Sekretariat.Kabinet)

Iriana Jokowi pernah berkuliah di Jurusan Ekonomi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sayang, ia tak berhasil menyelesaikan kuliahnya.

Wanita kelahiran Surakarta itu hanya berhasil bertahan hingga semester 6 dan memutuskan keluar kuliah karena menikah dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Hal ini pernah dibeberkan oleh orang nomor 1 RI tersebut beberapa tahun silam dalam sebuah wawancara.

"Supaya tahu saja, Bu Jokowi juga dulu kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, tapi baru Semester 6 sudah saya ajak kawin," ungkap Jokowi pada 2018 lalu.

Jika saja Iriana Jokowi melanjutkan kuliahnya hingga selesai, ia akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E), sama seperti Titiek Soeharto.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #beda #nasib #kuliah #iriana #jokowi #titiek #soeharto #mantan #istri #prabowo #padahal #kompak #ambil #studi #yang #sama

KOMENTAR