Tren Life After Break Up, Simak Strategi Membangun Kebahagiaan Kembali Agar Tidak Galau Maksimal
Ilutrasi perempuan yang sedang mengalami putus cinta. (Freepik)
14:52
8 Oktober 2024

Tren Life After Break Up, Simak Strategi Membangun Kebahagiaan Kembali Agar Tidak Galau Maksimal

– Putus cinta merupakan hal yang wajar dan sebagian besar orang dewasa pernah mengalami putus cinta. Putus cinta merupakan salah satu pengalaman paling menantang dalam hidup. Mereka yang terbiasa melakukan keseharian dengan pasangannya, seketika berubah dituntut harus bisa melakukan aktivitas sehari-hari sendirian.

Meski akhir suatu hubungan terasa seperti mengakhiri dunia, seharusnya orang tersebut harus berani menjalani kehidupannya kembali dengan bertumbuh dan menemukan jati diri.

Life After Break Up” merupakan sebuah tren yang hingga saat ini masih banyak dibahas di media sosial terutama di TikTok.

Banyak akun yang mengunggah mengenai kehidupannya setelah menjalani putus cinta. Isi konten yang ada seperti menjelaskan setelah menjalani hubungan bertahun tahun dan harus putus ketika beranjak usia dewasa sangatlah berat.

Hanya saja, dari konten tersebut dapat menjadi motivasi bagi para pemilik akun untuk tetap berkembang dan melanjutkan hidup dengan penuh kebahagiaan meskipun secara mandiri.

Dilansir dari laman paigebond.com, terdapat strategi untuk membangun kembali life after break up atau kembali hidup setelah putus cinta dengan fokus penyembuhan dan menemukan jalan kembali menuju kebahagiaan, antara lain :

Cut Off Mantan Anda

Menghentikan kontak dengan mantan merupakan salah satu strategi untuk membangun kembali kehidupan setelah putus cinta.

Dengan berhenti mengikuti atau berhenti berteman dengan mantan di media sosial bahkan memblokir dan menghapus nomor mantan sangat dibutuhkan. Karena jika terus menerus berada pada lingkup mantan, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk melepaskan diri dari kehidupan masing – masing.

Selain itu, jika anda terus menerus melakukan kontak dengn mantan, maka akan menerima pesan yang salah dan dapat berakhir dengan kekecewaan kembali karena telah memberikan harapan.

Mengingat Mengapa Hubungan Tersebut Berakhir

Jika anda mulai mengingat masa – masa indah dan meremehkan masa buruk dalam hubungan, maka hal ini dapat membawa anda berada pada realitas palsu mengenai hubungan tersebut.

Menemukan Kembali Jati Diri Anda

Jika hubungan telah berakhir, maka saatnya untuk fokus pada diri sendiri, lakukan hal yang disenangi oleh diri sendiri dan lakukan apa yang dapat menginspirasi diri sendiri.

Sehingga rekomendasi yang dapat dilakukan dengan membayangkan masa depan yang bahagia , damai dan penuh cinta tanpa adanya pasangan.

Mempraktikkan Perawatan Diri dan Cinta Diri

Memulai menuliskan perasaan negatif tentang diri karena aputus cinta pada sebuah kertas agar lebih lega dan merobek bahkan membakarnya dengan aman.

Melakukan hal hal positif lainnya seperti menyalurkan hobi yang sebelumya belum dilakukan, mengikuti kelas memasak, kelas merias, kelas yoga atau melakukan hal hal yang dapat membuat kesenangan tanpa pasangan penting untuk melanjutkan proses penyembuhan.

Membangun Sistem Dukungan

Anda akan lebih baik dengan membina hubungan dengan orang lain dan membiarkan diri anda menjadi rentan serta mencari dukungan.

Menjadwalkan waktu untuk bertemu dan berkumpul dengan tema-teman, telepon saudara atau bahkan pergi ke terapis untuk membantu anda mengatasi akibat dari putus cinta.

Mengambil Waktu untuk Mengolah Emosi

“Bersedihlah, Menangislah, Berdukalah”

Anda dapat menenangkan diri saat dilanda badai emosi menggunakan teknik terapi penerimaan dan komitmen untuk lebih memperhatikan emosi dan mengamatinya tanpa menghakimi.

Melepaskan Kebencian dan Memaafkan

Lakukan introspeksi untuk menemukan alasan mengapa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Belajar memaafkan kesalahan anda dengan menunjukkan belas kasih kepada diri sendiri dan melepaskan rasa berasalh dan dendam untuk memutus hubungan tesebut.

Menghindari Kesalaan Umum Saat Proses Penyembuhan

Selama proses penyembuhan, hindari untuk memulai hubungan baru terlalu cepat karena akan membuat anda mencegah untuk pulih sepenuhnya dan menemukan jati diri.

Selain itu, jangan membandingkan diri dengan orang lain karena perjalanan setiap orang berbeda. Maka fokuslah untuk pertumbuhan diri sendiri

Move On dan Merangkul Babak Baru dalam Hidup

Tidak harus berakhir dengan kebencian, anda boleh tetap menghargai bagian yang baik dari hubungan tersebut dan mendoakan yang terbaik dari mantan anda dan melakukan hal yng sama untuk perjalanan hidup anda sendiri.

Strategi tersebut dapat dilakukan berdasarkan kemampuan diri sendiri, namun jika merasa lebih sulit untuk mengatasi putus cinta harap pergi ke terapis atau psikiater untuk membantu memandu penyembuhan karena patah hati.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tren #life #after #break #simak #strategi #membangun #kebahagiaan #kembali #agar #tidak #galau #maksimal

KOMENTAR