Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas, Kisah Cinta Terhalang Perbedaan Ideologi
Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas (YouTube/Cinema 21)
21:03
7 Oktober 2024

Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas, Kisah Cinta Terhalang Perbedaan Ideologi

Film berjudul 'Kupu-Kupu Kertas' kini kembali tayang setelah sempat ditarik dari bioskop. Film ini ditarik peredarannya 3 hari usai penayangan lantaran berdekatan dengan masa tenang Pemilu 2024 lalu. Seperti apa sinopsis film Kupu-Kupu Kertas ini?

Film yang diproduksi oleh Denny Siregar Production dan bekerjasama dengan Maxima Picture tersebut menggandeng sutradara Emil Heradi. Film Kupu-Kupu Kertas menceritakan tentang sepasang kekasih dengan latar pada tahun 1965, yang terhalang perbedaan ideologi. Kisah dalam Kupu-Kupu Kertas terinspirasi dari peristiwa pemberontakan G30S PKI dan pembantaian di Banyuwangi pada tanggal 18 Oktober 1965.

Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas

Film Kupu-Kupu Kertas mengisahkan tentang cinta yang terhalang oleh perbedaan ideologi dengan mengemas perpaduan antara tema thriller dan romansa dalam cerita yang cukup menegangkan. Ning (Amanda Manopo) adalah seorang gadis cantik yang tumbuh dalam keluarga yang memiliki paham Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca Juga: Sinopsis Laut Tengah, Film Bergenre Drama Religi Rasa Drakor

Suatu hari, ia jatuh hati pada Ihsan (Chicco Kurniawan), seorang pria yang lahir dan besar dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU). Awalnya, Ning dan Ihsan tidak mempedulikan perbedaan latar belakang itu. Akan tetapi, keadaan menjadi berubah drastis saat konflik besar pecah.

Sampai di suatu malam, Rasjid (Samo Rafael), kakak dari Ihsan, bersama dengan puluhan anggota Ansor lainnya, tiba-tiba diserang dan dibunuh oleh simpatisan PKI. Kelompok yang menghabisi Rasjid dan rekan-rekannya, ternyata dipimpin oleh ayah Ning, Rekoso (Iwa K), dan anak buahnya, Busok (Reza Oktovian).

Kekerasan tersebut memicu kebencian yang begitu mendalam di kalangan masyarakat, hingga membuat situasi makin tak terkendali. Menyadari bahaya yang mengancam nyawa keluarga Ning, Ihsan pun berusaha membawa Ning melarikan diri dari amukan massa yang membabi buta.

Film Kupu-Kupu Kertas akan menyajikan perjalanan cinta yang terjal di tengah konflik ideologis yang memuncak. Film ini akan menampilkan ketegangan begitu dramatis hingga menggambarkan kondisi sosial-politik Indonesia pada tahun 1965.

Daftar Pemain Kupu-Kupu Malam

Baca Juga: Perankan Suami Beristri 2, Ibrahim Risyad Pede Tak Akan Dimusuhi Ibu-Ibu karena Ini

Film Kupu-Kupu Kertas dibintangi oleh deretan aktor ternama di Indonesia. Berikut beberapa diantaranya:

  • Amanda Manopo berperan sebagai Ning
  • Chicco Kurniawan sebagai Ihsan
  • Iwa K sebagai Prakoso
  • Reza Oktovian sebagai Busok
  • Samo Rafael sebagai Rasjid
  • Fajar Nugra sebagai Zul
  • Ayu Laksmi sebagai Sulastri.

Itulah tadi rangkuman tentang sinopsis film Kupu-Kupu Kertas beserta daftar pemainnya. Film ini tayang perdana pada tanggal 26 September 2024 di seluruh bioskop Indonesia.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #sinopsis #film #kupu #kupu #kertas #kisah #cinta #terhalang #perbedaan #ideologi

KOMENTAR