Netizen Puji Menlu Retno Marsudi Walk Out saat Duta Besar Israel Bicara: Gak Ada Negara Kebal Hukum!
Menlu Retno Marsudi. [Antara]
11:40
27 Januari 2024

Netizen Puji Menlu Retno Marsudi Walk Out saat Duta Besar Israel Bicara: Gak Ada Negara Kebal Hukum!

Sikap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi walk out saat duta besar Israel memberikan pernyataan dalam Dewan Keamanan PBB, dipuji netizen Indonesia.

Peristiwa ini terjadi di Markas Besar PBB di New York pada Selasa 23 Januari 2024 lalu. Tidak hanya seorang diri, Menlu Retno Marsudi walk out bersama puluhan delegasi lainnya dari berbagai negara, khususnya yang tergabung dalam OKI.

OKI adalah Organisasi Kerja Sama Islam yang terdiri 57 anggota yang juga tergabung dalam PBB dan Uni Eropa, seperti Arab Saudi, Brunei Darussalam, Uzbekistan, Palestina, Qatar, Malaysia dan sebagainya.

Menariknya, sebelum walk out dalam keterangan awal di sidang tersebut sebelum sidang Menlu Retno tegas tetap akan membela kemerdekaan Palestina yang dijajah Israel lebih dari 75 tahun.

"Saya sudah 3 kali dalam 3 bulan ikut debat dewan tentang Palestina. Dan Indonesia tegas akan teguh dengan Palestina sampai adanya keadilan," ujar Menlu Retno.

Menariknya, meski Menlu Retno hanya satu dari beberapa perempuan yang sebagian peserta sidang merupakan lelaki. Namun menteri berusia 61 tahun itu tidak gentar, dan tetap beranjak ke luar pintu sidang.

Menariknya melihat hal ini netizen mengaku sangat bangga dan berterimakasih dengan aksi Menlu Retno di pertemuan dunia. Hal ini membuktikan mayoritas Indonesia masih berdiri bersama Palestina untuk bisa merdeka.

"Ibu Retno Marsudi mantap keren, punya sikap tegas menolak Israel dan dukung penuh Palestina merdeka," komentar seorang netizen membalas unggahan @RagilSemar.

"Israel harus bertanggung jawab atas tindakannya, termasuk kekejaman di Gaza. Tidak ada negara yang kebal hukum,” komentar @AaronJamesEkman yang mengulang pernyataan Menlu Marsudi dalam pertemuan UNSC.

Melihat aksi ini juga, banyak netizen yang mengaku puas dengan kinerja Menlu Retno Marsudi tidak gentar di panggung dunia yang penuh tekanan. Bahkan tidak sedikit yang ingin perempuan asal Semarang itu masih menjadi menteri luar negeri di beberapa tahun ke depan.

"Berharap bu Retno jadi Menlu Indonesia buat lima tahun ke depan lagi entah siapa presidennya. Dan gue nggak bisa ngebayangin kalau Menlu Indonesia bukan bu Retno lagi," kata @lusty_Gallan7.

Seperti diketahui, sesuai dengan bunyi UUD 1945 sebagai salah satu dasar negara Indonesia, disebutkan dengan tegas penjajahan harus dihapuskan di muka bumi. Sehingga sejak presiden RI pertama hingga saat ini Indonesia akan berada bersama Palestina yang terjajah.

Menariknya, Indonesia sama sekali tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Ini karena Indonesia tidak mengakui negara yang dukung Amerika Serikat itu sebagai negara, sehingga tidak aneh jika tidak ada Kedutaan Besar Israel di Indonesia sebagai perwakilan diplomasi.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #netizen #puji #menlu #retno #marsudi #walk #saat #duta #besar #israel #bicara #negara #kebal #hukum

KOMENTAR