Pantas Rela Mundur Demi Ganjar, Honor Manggung Abdee Slank Bisa Setara Gaji Komisaris BUMN
Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)
16:32
25 Januari 2024

Pantas Rela Mundur Demi Ganjar, Honor Manggung Abdee Slank Bisa Setara Gaji Komisaris BUMN

Gitaris band Slank, Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank, dikabarkan telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris Independen Telkom. Hal ini berkaitan dengan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024.

Padahal sebagai seorang Komisaris Independen, musisi berusia 54 tahun itu berhak menerima gaji dan tunjangan yang mencapai miliaran Rupiah per tahun. Hal ini seperti diatur oleh Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-12/MBU/11/2020, di mana renumerasinya ditentukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham.

Gaji Abdee Slank Sebagai Komisaris Independen Telkom

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)

Pendapatan komisaris BUMN pada dasarnya dibagi dalam beberapa komponen, seperti gaji/honorarium, Tunjangan Hari Raya, tunjangan transportasi, serta tunjangan asuransi purna jabatan. Selain itu komisaris juga berhak menerima fasilitas kesehatan, bantuan hukum, dan tantiem atau insentif kerja.

Total renumerasi yang dibayarkan kepada Dewan Komisaris Telkom per tahun 2022 adalah sebesar Rp119,259 miliar. Abdee sendiri dikabarkan menerima sebesar Rp10,85 miliar di tahun tersebut, yang mencakup gaji dan tunjangan senilai Rp3,63 miliar, dan tantiem atau insentif kerja senilai Rp7,22 miliar.


Jika dikonversi menjadi pendapatan per bulan, Abdee diperkirakan mengantongi uang senilai Rp904,2 juta yang terdiri atas gaji, tunjangan, dan tantiem.

Honor Manggung Abdee Slank

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)

Namun di luar pekerjaannya sebagai Komisaris Independen Telkom, Abdee diketahui juga masih aktif bersama grup band-nya, Slank. Bahkan meskipun sudah berdiri selama lebih dari 40 tahun, band rock legendaris ini masih kerap meramaikan acara-acara musik off air.

Dikutip dari berbagai sumber, grup band dengan penggemar bernama Slankers ini disebut-sebut mematok harga sebesar Rp500 juta untuk sekali manggung.

Padahal bila dilihat di Instagram-nya, Slank masih terbilang aktif manggung. Setidaknya Slank terlihat meramaikan satu festival atau acara musik setiap pekannya, sehingga bisa dibayangkan berapa banyak pendapatan Abdee hanya dari manggung setiap bulannya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #pantas #rela #mundur #demi #ganjar #honor #manggung #abdee #slank #bisa #setara #gaji #komisaris #bumn

KOMENTAR