10 Cara Mengatasi Pikiran Negatif yang Terus Berulang dan Membuat Mental Down, Salah Satunya Adalah Detoks Media Sosial!
Ilustrasi saat mental down. (Freepik)
21:14
29 September 2024

10 Cara Mengatasi Pikiran Negatif yang Terus Berulang dan Membuat Mental Down, Salah Satunya Adalah Detoks Media Sosial!

 

 

 – Kondisi saat seseorang merasa sangat lelah secara fisik maupun emosional, umum dialami oleh berbagai kalangan, baik itu anak-anak, orang dewasa, maupun lanjut usia. Pikiran ini bersifat berulang dan cenderung ke arah negatif, yang tentu saja akan berdampak merugikan bagi siapa saja yang mengalaminya.

Pikiran yang terus berulang di kepala bisa terjadi karena berbagai penyebab, termasuk saat seseorang terlalu memaksakan diri untuk memecahkan masalah, stres kehidupan sehari-hari, trauma, atau gangguan kesehatan mental lainnya.

Jika suasana hati kita sedang down, kita mungkin beralih ke kebiasaan buruk alih-alih kebiasaan baik. Perlu diingat, bahwa pikiran negatif tidak memberikan tujuan yang berguna bagi kita, untuk itu, ada beberapa upaya yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Dilansir dari Declutter The Mind, berikut adalah 10 cara untuk mengatasi pikiran berulang yang membuat mental down:

  1. Berlatih meditasi

Meditasi merupakan teknik menjernihkan pikiran untuk mempertajam fokus dan memusatkan perhatian mendalam, dilakukan dengan cara memejamkan mata sambil mengatur pernapasan. Melakukan meditasi akan membantu Anda untuk membangun pola pikir positif, serta mengatasi rasa takut dan kecemasan yang menyebabkan mental down.

 

  1. Detoks media sosial

Orang cenderung melakukan perbandingan yang tidak sehat saat sedang berselancar di media sosial, mereka membandingkan pencapaian orang lain dengan kegagalan yang dia alami, beberapa orang terlalu terpengaruh oleh rasa iri ini dan melihat kesuksesan orang lain sebagai tanda bahwa dunia tidak adil terhadapnya.

Mengurangi waktu di media sosial memungkinkan kita untuk menjalani hidup yang lebih bermakna tanpa melihat unggahan foto dan video orang lain yang segalanya terlihat lebih baik. Ini juga akan menjauhkan kita dari rasa rendah diri dan membandingkan diri dengan orang lain.

 

  1. Pindahkan fokus pikiran Anda

Ketika pikiran Anda sudah mulai melenceng, katakan pada diri sendiri untuk berhenti. Ganti fokus Anda dengan melakukan kegiatan lain, seperti belajar alat musik atau memainkan permainan yang mengasah otak.

Anda adalah pemegang kendali pikiran Anda sendiri, oleh karena itu fokuskan pikiran Anda pada kegiatan positif, alih-alih membiarkan diri terjebak dalam pikiran negatif.

 

  1. Sibukkan tubuh Anda

Melakukan olahraga dapat membantu menghentikan pikiran buruk yang berulang, jika pikiran itu masih menguasai Anda bahkan saat sedang berolahraga, salah satu trik efektif yang bisa Anda coba adalah mengucapkan secara lisan mengenai apa yang sedang Anda lihat atau lakukan, misalnya ucapkan kata ‘lompat’ saat Anda sedang melompat, atau jika Anda berada di luar ruangan sebutkan apa saja yang Anda lihat, seperti, pohon, bunga, mobil, ayam, dan sebagainya.

 

  1. Ubah lingkungan Anda

Mengubah lingkungan tidak selalu berbentuk permanen, ini bisa berupa tinggal di tempat kerabat yang jauh sampai Anda bisa menata pikiran, atau luangkan waktu pergi berlibur dua sampai tiga minggu untuk membantu merangkai kembali pikiran Anda, sehingga Anda akan lebih siap menghadapi situasi dengan pikiran yang segar.

 

  1. Gantikan pikiran negatif Anda

Mengganti pikiran jelek Anda dengan pikiran baru lainnya adalah cara untuk melihat situasi dengan lebih positif. Daripada memikirkan “saya melakukannya dengan buruk” Anda lebih baik berpikir bahwa “saya sudah cukup baik melakukannya” Semakin sering Anda melatih latihan ini, semakin mungkin pikiran berulang Anda akan menjadi pikiran yang positif.

 

  1. Tingkatkan kesejahteraan Anda

Ketika kita tidak dalam keadaan yang baik, pikiran buruk yang berulang cenderung akan menguasai, pertimbangkan untuk menjaga pola tidur yang cukup dan berkualitas, serta kombinasikan dengan diet yang seimbang.

Usahakan untuk mengambil beberapa hari cuti dari pekerjaan untuk menenangkan pikiran, tidur lebih awal, dan atur pola makan yang sehat. Upaya ini akan membantu menaikkan kesejahteraan mental dan fisik Anda.

 

  1. Tingkatkan harga diri Anda

Ketika seseorang merasa tidak percaya diri, mereka akan terjebak dalam pikiran negatif membayangkan tentang bagaimana pandangan orang lain terhadap dirinya.

Hiduplah di saat ini alih-alih terjebak dalam pikiran, berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain, berikan afirmasi positif pada diri sendiri, katakan bahwa Anda berharga, cerdas, dan layak dicintai.

Habiskan lebih banyak waktu di sekitar orang-orang positif yang mendukung Anda. Dengan melakukan beberapa hal tersebut akan membantu Anda mengurangi pikiran buruk yang berulang.

 

  1. Buat jurnal pemikiran Anda

Tulislah di buku setiap kali pikiran berulang tersebut muncul, ini akan membantu Anda untuk melihat bagaimana alur pikiran Anda, dan mempertanyakan validitasnya. Aktivitas ini juga dapat memudahkan Anda untuk membagikannya kepada terapis yang akan membantu Anda untuk mengatasi pikiran tersebut.

 

  1. Mengunjungi terapis

Jika kebiasaan pikiran berulang yang membuat mental down ini tidak hilang meskipun Anda sudah mencoba berbagai cara, pertimbangkan untuk segera mengunjungi bantuan profesional di rumah sakit terdekat.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #mengatasi #pikiran #negatif #yang #terus #berulang #membuat #mental #down #salah #satunya #adalah #detoks #media #sosial

KOMENTAR