Menurut Psikologi, Orang yang Memperlakukan Hewan Peliharaan Mereka seperti Anak Mereka Sendiri Biasanya Memiliki 7 Kualitas Unik Ini
Orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti anak-anak mereka sendiri biasanya memiliki 7 kualitas unik ini, kata psikologi. (Freepik)
08:20
29 September 2024

Menurut Psikologi, Orang yang Memperlakukan Hewan Peliharaan Mereka seperti Anak Mereka Sendiri Biasanya Memiliki 7 Kualitas Unik Ini

- Ilmu Psikologi mengatakan, ada banyak hal tentang orang-orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka layaknya seperti seorang anak kecil.

Orang-orang ini biasanya memiliki beberapa kualitas uniknya tersendiri yang membedakan mereka dari yang lainnya.

Dalam artikel yang dikutip dari geediting.com, Minggu (29/9) ini, kita akan mengupas < kualitas unik yang kerap ditemukan pada orang-orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti keluarga.

1. Empati tinggi

Orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti anak-anak cenderung sangat berempati. Mereka mampu menempatkan diri pada posisi hewan peliharaan mereka (atau kaki mereka) dan memahami apa yang mungkin mereka rasakan.

Namun, empati ini tidak terbatas pada hewan peliharaan mereka. Mereka biasanya lebih pengertian dan berbelas kasih terhadap manusia juga.

Jadi, jika Anda termasuk orang yang tidak bisa tidak khawatir mengenai kenyamanan burung parkit Anda saat cuaca menjadi dingin, kemungkinan besar Anda termasuk orang yang memiliki hati yang besar terhadap semua makhluk, berbulu atau tidak.

2. Memiliki naluri mengasuh

Pernahkah Anda merasa khawatir akan kesehatan hewan peliharaan Anda, seperti halnya orang tua yang khawatir akan kesehatan anaknya? Anda tidak sendirian.

Naluri mengasuh ini adalah sifat umum lainnya di antara orang-orang yang memelihara hewan peliharaan. Ini merupakan keinginan yang melekat untuk merawat dan melindungi mereka yang bergantung pada kita.

Dan naluri ini tidak hanya terbatas pada hewan peliharaan kita; naluri ini sering kali meluas ke hubungan kita dengan manusia juga.

Menariknya, psikolog menemukan bahwa cinta yang Anda miliki terhadap hewan peliharaan sangat mirip dengan cinta seorang ibu terhadap anaknya.

Jadi, jika Anda repot dengan pola makan hewan peliharaan Anda atau kurang tidur karena mereka tampak agak 'aneh', ketahuilah bahwa itu adalah naluri mengasuh Anda yang sedang bekerja, dan itu adalah sesuatu yang sangat istimewa.

3. Mencari koneksi yang asli

Dalam dunia di mana hubungan yang dangkal sering kali menjadi norma, orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti anak-anak mereka sendiri mendambakan sesuatu yang lebih substansial.

Mereka mencari cinta dan persahabatan yang tulus dan tanpa syarat, sesuatu yang mereka temukan pada teman-teman mereka yang berkaki empat (atau bersayap atau bersirip).

Akan tetapi, kerinduan akan hubungan yang autentik biasanya meluas ke hubungan antarmanusia juga. Mereka menghargai ketulusan, kesetiaan, dan kejujuran, kualitas yang sering mereka temukan tercermin pada hewan peliharaan mereka.

4. Mereka menunjukkan ketahanan di saat stres

Orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti anak-anak mereka cenderung menunjukkan ketahanan yang lebih besar dalam situasi yang menegangkan.

Hewan peliharaan mereka memberikan kehadiran yang menenangkan, sumber kebahagiaan, dan kelegaan dari ketegangan kehidupan sehari-hari.

Dan inilah bagian yang menarik, penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan kita memberikan banyak manfaat kesehatan emosional dan mental.

Jadi, lain kali Anda berpaling pada teman berbulu Anda untuk mencari kenyamanan, luangkan waktu untuk menghargai mereka karena telah membantu Anda menjadi lebih tangguh.

5. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi

Tahukah Anda bahwa memiliki hewan peliharaan sama halnya dengan memiliki balita di sekitar rumah?

Hewan peliharaan, seperti halnya anak-anak, membutuhkan perawatan, perhatian, dan kasih sayang yang terus-menerus. Pekerjaan ini berlangsung 24/7 tanpa hari libur.

Orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti anak-anak mereka sendiri secara alami akan mengembangkan rasa tanggung jawab yang lebih tinggi. Mereka selalu waspada, memastikan kebutuhan hewan peliharaan mereka terpenuhi.

Rasa tanggung jawab ini sering kali meluas ke area lain dalam kehidupan mereka. Baik itu memenuhi komitmen pekerjaan atau menjadi teman yang dapat diandalkan, individu-individu ini cenderung menganggap serius tanggung jawab mereka.

Memiliki hewan peliharaan menumbuhkan rasa tanggung jawab yang jauh melampaui perawatan hewan peliharaan.

6. Menunjukkan kapasitas cinta yang mendalam

Ada sesuatu yang sangat indah tentang cinta antara seseorang dan hewan peliharaannya. Cinta itu murni, tanpa syarat, dan seringkali tak terbatas.

Orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti anak-anak mereka tidak hanya 'memiliki' mereka; mereka berbagi hubungan emosional yang mendalam dengan mereka.

Mereka bersukacita atas kebahagiaan hewan peliharaan mereka, berduka atas kehilangan mereka, dan mendukung mereka dalam suka dan duka.

Menariknya, para ilmuwan telah mengungkap perbedaan genetik pada orang-orang yang menunjukkan cinta dan kasih sayang yang mendalam terhadap hewan.

Perbedaannya terletak pada gen yang menghasilkan oksitosin (yang biasa disebut hormon cinta) yang mampu meningkatkan ikatan sosial antara orang-orang.

Jadi kalau Anda pernah menitikkan air mata saat melihat binatang peliharaan Anda tidur nyenyak atau merasakan hati Anda dipenuhi cinta saat mereka melakukan hal konyol, ketahuilah bahwa ini dikarenakan kapasitas cinta Anda yang luar biasa.

7. Mereka menghargai persahabatan dibanding kepemilikan

Orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti anak-anak mereka melihat lebih jauh dari sekadar dinamika pemilik-hewan peliharaan tradisional.

Mereka memandang hewan peliharaan mereka sebagai teman, setara, dan dalam banyak hal, sebagai anggota keluarga mereka. Mereka tidak percaya pada 'memiliki' hewan peliharaan, mereka percaya pada 'berbagi' kehidupan dengan hewan peliharaan.

Mereka menghargai momen bersama, percakapan hening, dan bahkan perselisihan sesekali (ya, hewan peliharaan juga bisa mengamuk!).

Sudut pandang ini sering kali tercermin dalam cara mereka berinteraksi dengan orang lain. Mereka menghargai rasa saling menghormati, kesetaraan, dan persahabatan dalam hubungan mereka.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #menurut #psikologi #orang #yang #memperlakukan #hewan #peliharaan #mereka #seperti #anak #mereka #sendiri #biasanya #memiliki #kualitas #unik

KOMENTAR