5 Tips Ampuh Tetap Work Life Balance saat WFH, Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan Tidak akan Bercampur
Tips tetap work life balance saat WFH (unsplash/SCREEN POST).
18:04
26 September 2024

5 Tips Ampuh Tetap Work Life Balance saat WFH, Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan Tidak akan Bercampur

Sejak covid 19 melanda semua negara di seluruh dunia, banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja WFH. WFH (Work from Home) merupakan sistem kerja yang dilakukan di rumah alias tidak perlu pergi ke kantor.

Tidak semua pekerjaan bisa menerapkan sistem WFh tersebut. Namun, WFH dirasa efektif untuk menghemat biaya operasional perusahaan serta efisiensi waktu bekerja.

Tetapi, WFH juga bisa mengganggu kehidupan personal seseorang. Seperti contoh, karena bekerja di rumah, maka tidak ada jam pasti kapan pekerjaan tersebut selesai.

Hal-hal seperti ini bisa mengganggu kinerja seseorang hingga stres. Kehidupan personal seseorang dan pekerjaan jadi bercampur dan tentunya tidak baik untuk mereka yang ingin menerapkan work life balance.

Dikutip dari The Muse, berikut ini adalah deretan tips dalam mempertahankan work life balance saat WFH.

Jadwal Kerja Paralel

Tips pertama yaitu dengan menerapkan jam kerja paralel. Jika kamu sudah memiliki keluarga, maka penting untuk meluangkan waktu khusus bersama mereka.

Jam kerja paralel yang dimaksud yaitu bekerja ketika anggota keluarga lain sibuk dengan aktivitasnya. Seperti contoh ketika anak-anak pergi ke sekolah atau pasangan berada di kantor.

Tips ini akan membuatmu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan masih bisa meluangkan waktu bersama keluarga.

Menerapkan jam kerja paralel juga menunjukkan kepada anggota keluarga lainnya kalau kamu peduli pada mereka.

Tetapi, tips ini hanya bisa efektif ketika kamu fokus menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Kamu akan fokus dalam bekerja dan istirahat tepat waktu.

Patuh pada Kapan Waktunya Berhenti Kerja

Saat kita WFH, seringkali seseorang lupa waktu dan bekerja sampai larut malam. Selai tidak baik untuk kondisi tubuh, hal ini juga bisa merusak hubungan dengan lingkungan sekitar, terutama keluarga.

Maka dari itu, tentukan jam berapa kamu harus berhenti bekerja dan mentaatinya. Seperti contoh, kamu menerapkannya jam enam sore, maka setelah itu kamu tidak boleh menyentuh pekerjaan sama sekali.

Punya Aktivitas Untuk Mengakhiri Pekerjaan

Biasanya orang-orang yang baru saja selesai bekerja akan memilih untuk bersantai sambil tiduran main HP. Daripada bersantai, lebih baik melakukan aktivitas setelah selesai bekerja.

Hal ini efektif sebagai pemicu atau trigger kapan waktunya kamu berhenti bekerja. Selain itu, momen tersebut menyadarkanmu bahwa ini saatnya kamu menjalani kehidupan pribadi.

Seperti contoh, kamu pergi ke gym atau jogging sore hari setelah selesai bekerja. Hal ini dapat membuat work life balance tetap terjaga.

Jauh-jauh dari Segala Hal yang berbau Pekerjaan

Saat WFH, banyak orang membuat ruangan sendiri sebagai tempat bekerja. Agar tetap work life balance, maka tutup dan kunci ruangan tersebut setelah selesai bekerja.

Bagi kamu yang tidak menggunakan ruangan, simpan segala peralatan pekerjaan seperti laptop di dalam lemari dan kunci. Perilaku seperti ini akan membuatmu terhindar dari bekerja sampai larut malam.

Jadwalkan Hari Tanpa Gadget

Mereka yang bekerja secara WFH selalu tidak pernah lepas dari gadget. Entah itu laptop, tablet, hingga HP, semua gadget tersebut bisa digunakan untuk bekerja sewaktu-waktu.

Ketika WFH, akan sangat bijak jika kamu menerapkan hari tanpa gadget. Selain terhindar dari kehidupan pekerjaan yang tiada hentinya, kamu bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang sekitar dengan mengobrol dan berbagi cerita.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tips #ampuh #tetap #work #life #balance #saat #kehidupan #pribadi #pekerjaan #tidak #akan #bercampur

KOMENTAR