Begini Cara Efektif Menghadapi Mertua yang Suka Ikut Campur, Salah Satunya Komunikasi Terbuka dan Jujur!
Ilustrasi menantu dan mertua. (Freepik)
16:56
23 September 2024

Begini Cara Efektif Menghadapi Mertua yang Suka Ikut Campur, Salah Satunya Komunikasi Terbuka dan Jujur!

 

 

Apakah Anda seorang menantu yang terus-menerus menghadapi campur tangan dari mertua, sehingga kini mulai terasa sulit untuk dihadapi?

Faktanya, beberapa orang mengalami situasi yang sama setiap hari, tanpa tahu harus berbuat apa.

Jika Anda lelah dengan campur tangan sehari-hari dan menginginkan strategi untuk menghadapi situasi seperti itu, baca terus di sini!

Dikutip dari Times of India, Senin (23/9), inilah cara efektif yang dapat Anda terapkan untuk memperbaiki situasi sekaligus menumbuhkan pemahaman dan hubungan yang lebih baik dengan sang mertua.

Berkomunikasi secara terbuka dan jujur

Komunikasi jadi kuncinya, ini secara efektif bisa meringankan semua masalah dan situasi sulit yang Anda hadapi dengan mertua yang suka ikut campur.

Dengan berupaya untuk berinteraksi secara jujur dan mendalam dengan mertua soal bagaimana perilaku dan campur tangan mereka bisa memengaruhi Anda, serta hubungan dengan pasangan.

Lewat penjelasan yang jujur, nada sopan dan tenang, sambil bersikap tegas dan percaya diri, Anda dapat memperbaiki situasi tersebut.

Tetapkan batasan yang jelas

Menetapkan batasan yang jelas dan sehat tidak berarti bersikap tidak sopan, kasar, atau bahkan mengabaikan seseorang.

Itu hanya berarti mengambil sikap yang sangat dibutuhkan untuk diri sendiri dengan menetapkan batasan jelas dan menyebutkan apa yang membuat Anda nyaman dan apa yang tidak.

Ingatlah bahwa yang terbaik ialah selalu membahas situasi tersebut terlebih dahulu dengan pasangan, menjelaskan kepadanya bagaimana Anda terpengaruh oleh seluruh situasi tersebut, lalu mengambil tindakan yang diperlukan sebagai sebuah tim.

Berlatih empati dan pengertian

Meskipun tidak diragukan lagi sulit untuk menghadapi campur tangan dalam hubungan, penting juga mempertimbangkan situasi pihak lain.

Dengan memahami dan mengakui fakta bahwa tidak selalu ada niat buruk atau negatif, di balik perilaku tersebut, serta memvalidasi perasaan dan emosinya, Anda mungkin dapat menemukan solusi yang cocok bagi semua orang.

Libatkan pasangan

Pasangan dan Anda adalah satu tim, penting bagi pasangan untuk berperan aktif dalam situasi ini.

Pastikan untuk bersikap sopan dan hormat saat menjelaskan kepada pasangan soal perspektif Anda guna memastikan dirinya memahami secara jelas.

Ingatlah untuk melakukan penjelasan ini sebagai diskusi dan tidak menyalahkan pasangan atau mertua atas masalah yang Anda hadapi, mengingat ini topik sensitif dan dapat memicu atau menyakiti perasaan.

Batasi interaksi jika perlu

Jika strategi seperti komunikasi jujur, melibatkan pasangan, merangkul empati, dan menetapkan batasan tidak berjalan efektif, maka mengambil langkah untuk membatasi interaksi merupakan pilihan bijaksana.

Pastikan bahwa batasan ini masih bersifat sementara, Anda harus mencoba lagi setelah beberapa saat untuk menyelidiki masalah tersebut dan menemukan solusi terbaik yang bermanfaat bagi semua pihak.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #begini #cara #efektif #menghadapi #mertua #yang #suka #ikut #campur #salah #satunya #komunikasi #terbuka #jujur

KOMENTAR