5 Cara Mudah Agar Lebih Aktif Bersosialisasi untuk Orang yang Kesulitan Berkomunikasi
Ilustrasi bersosialisasi. (tirachardz /Freepik)
10:26
19 September 2024

5 Cara Mudah Agar Lebih Aktif Bersosialisasi untuk Orang yang Kesulitan Berkomunikasi

 

 – Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup ataupun mencukupi kebutuhannya sendiri, meskipun memiliki kedudukan dan kekayaan, manusia selalu membutuhkan manusia lain.

Bersosialisasi merupakan komponen kehidupan, sebagai bagian dari masyarakat kita perlu untuk saling berhubungan. Namun, tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik. Dalam beberapa kasus, ada orang yang bisa menyampaikan seluruh informasi secara lisan, namun tidak secara tertulis, begitu pula sebaliknya.

Setiap individu memiliki tingkat energi dan minat yang berbeda dalam bersosialisasi, jika seseorang merasa puas dengan jumlah interaksi sosial yang didapatkan, mungkin tidak ada apapun yang perlu diubah. Namun, jika kamu merasa kesepian atau terisolasi, mungkin artikel ini dapat sedikit membantu.

Dilansir dari alzheimer.ca, berikut akan dijabarkan 5 cara mudah aktif bersosialisasi untuk orang yang kesulitan berkomunikasi:

  1. Manfaatkan kesempatan harian

Mulailah dengan memanfaatkan peluang bersosialisasi setiap hari. Usahakan untuk tidak diam sepanjang waktu, kamu bisa mengawalinya dengan:

- Menyapa tetangga,

- tidak sungkan bertanya kepada sopir taksi yang baru saja kamu tumpangi,

- atau bertanya langsung kepada penjual saat kamu sedang berbelanja.

  1. Menebarkan kebaikan

Berbagi kebahagiaan tidak hanya mencerahkan hari orang lain, tapi juga akan membuat harimu menyenangkan, kamu bisa mulai dari yang paling sederhana seperti:

- Tersenyum kepada teman atau orang yang baru saja lewat,

- membantu menunjukkan jalan,

- atau membantu lansia menyebrang

  1. Menjadi relawan

Baik bergabung dengan klub layanan masyarakat atau berkumpul bersama komunitas kelompok hobi yang diminati, menjadi sukarelawan memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini dapat membantu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri serta bisa membantu memperluas jaringan sosial.

  1. Menggabungkan interaksi sosial dengan aktivitas

Undanglah seseorang untuk mencoba beberapa permainan bersama, selain untuk bersenang-senang kegiatan ini juga akan memberikan dampak positif pada kesehatan otak, kamu juga bisa pergi jalan-jalan bersama, mengikuti kelas memasak, atau aktivitas fisik lainnya.

  1. Pertahankan persahabatan lama dan bangun persahabatan baru

Tetaplah bersosialisasi melalui pekerjaan, kegiatan relawan, perjalanan, hobi, keluarga, dan teman. Bersikaplah terbuka terhadap pengalaman baru, terima undangan dan perluas pengalaman. Kamu bisa mempertahankan pertemanan lama dan baru melalui telepon, mengobrol online melalui email dan media sosial, atau bahkan melalui tulis menulis surat.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #mudah #agar #lebih #aktif #bersosialisasi #untuk #orang #yang #kesulitan #berkomunikasi

KOMENTAR