Tak Seperti Gibran Sang Ipar, Erina Gudono Ternyata Hobi Baca Buku, Ada yang Rekomendasi Anies!
Erina Gudono (Instagram/@erinagudono)
20:48
18 September 2024

Tak Seperti Gibran Sang Ipar, Erina Gudono Ternyata Hobi Baca Buku, Ada yang Rekomendasi Anies!

Pengakuan Gibran Rakabuming Raka soal tidak adanya budaya membaca di rumahnya kembali viral di media sosial. Blak-blakan Gibran mengaku lebih suka membaca komik dan menghindari bacaan yang dianggapnya berat.

"Apa aja saya bacalah kalau komik. Terus apa kalau artikel-artikel paling artikel-artikel ringanlah nggak pernah yang berat-berat," tutur Gibran, seperti dikutip pada Rabu (18/9/2024).

"Sebenernya budaya baca buku di rumah saya nggak ada. Ya itu tadi pada baca komik, main PS," lanjut sang Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 tersebut.

Video lawas Najwa Shihab saat bertanya soal hobi baca Gibran. (tangkapan layar/X)Video lawas Najwa Shihab saat bertanya soal hobi baca Gibran. (tangkapan layar/X)

Namun berbeda dari Gibran, Erina Gudono yang kini menjadi adik iparnya tampaknya tidak keberatan untuk menghabiskan waktu dengan membaca buku. Bahkan lewat akun Instagram-nya, Erina pernah membagikan judul-judul buku yang menurutnya harus dibaca oleh pengikutnya.

Baca Juga: Tampil Sederhana Temani Keluarga Gibran Rakabuming, OOTD Selvi Ananda Bisa Buat Gaji 80 Guru Honorer

Bahkan dilihat di Highlights IG-nya, Erina juga memberikan sedikit ulasan terhadap buku-buku yang pernah dibaca.

"Sapiens (Sapiens: Brief History of Humankind oleh Yuval Noah Harari) adalah salah satu buku yang membuatmu memiliki pemikiran yang berbeda tentang sejarah dan sains. Kayaknya ini harus jadi buku yang diwajibkan untuk semua orang di dunia," tulis Erina.

Beberapa buku lain yang sempat diulas oleh Erina di konten tersebut adalah Homodeus oleh Yuval Noah Harari, Tzu (Art of War) oleh Sun Zi, serta 7 Habits of Highly Effective People oleh Stephen Covey.

Tangkapan layar rekomendasi buku dari Erina Gudono. (Instagram/@erinagudono)Tangkapan layar rekomendasi buku dari Erina Gudono. (Instagram/@erinagudono)

Erina juga sempat memberikan penilaian dan ulasan singkat terhadap beberapa buku lain. Salah satunya adalah buku Atomic Habits karya James Clear.

"Panduan paling komprehensif untuk mengubah kebiasaan dan bisa membaik dari hari ke hari," tutur Erina. "4.2/5."

Baca Juga: Viral Video Gibran-Kaesang, Dari Gosip Syahrini Hingga Dugaan Obrolan Mesum

Menariknya, buku ini juga pernah direkomendasikan oleh Anies Baswedan. Dilihat di unggahan TikTok @/azhar_qien, Anies sudah beberapa kali merekomendasikan buku tersebut untuk mengembangkan diri.

"Menceritakan bagaimana perubahan yang kecil-kecil itu bisa berdampak yang besar di dalam capaian yang kita kerjakan," kata Anies di salah satu sesi siaran langsungnya.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #seperti #gibran #sang #ipar #erina #gudono #ternyata #hobi #baca #buku #yang #rekomendasi #anies

KOMENTAR