Inilah 5 Frasa yang Sering Digunakan oleh Orang dengan Harga Diri Tinggi, Menurut Penelitian Psikologi
5 Frasa yang Hanya Diucapkan Orang dengan Harga Diri Tinggi (freepik)
06:16
18 September 2024

Inilah 5 Frasa yang Sering Digunakan oleh Orang dengan Harga Diri Tinggi, Menurut Penelitian Psikologi

Harga diri sangatlah penting dimiliki dalam kehidupan yang keras ini.

Memiliki tingkat harga diri yang sehat dapat memberikan banyak manfaat, termasuk hubungan yang lebih baik, ketahanan yang lebih baik, dan kesehatan mental yang lebih baik.

Di sisi lain, harga diri yang rendah dapat menyebabkan kecemasan dan depresi serta mempersulit pembentukan hubungan yang sehat.

Tetapi bagaimana kita dapat mengidentifikasi harga diri yang tinggi pada seseorang? Nah, seperti banyak hal lainnya, hal itu sering kali tersampaikan lewat kata-kata yang kita ucapkan.

Jadi, jika Anda mendapati seseorang yang Anda kenal menggunakan frasa seperti di bawah ini, mungkin mereka memiliki tingkat harga diri yang baik.

Dilansir dari ideapod.com, Rabu (18/9), berikut 5 frasa yang sering diungkapkan oleh orang dengan harga diri yang tinggi, menurut penelitian.

1. “Saya bisa mengatasinya.”

Kehidupan memberi kita banyak tantangan, dan kadang-kadang, terasa terlalu berat untuk ditangani. Namun orang-orang dengan harga diri tinggi memiliki senjata rahasia, yakni ketahanan.

Seperti yang dicatat oleh orang-orang di Weber State University, mereka cenderung “Lebih tangguh, lebih mampu menahan stres dan kemunduran.”

Setiap kali mereka menghadapi tantangan atau situasi yang menegangkan, bahasa mereka sering kali mencerminkan hal ini, dan salah satu frasa yang mungkin mereka gunakan adalah “Saya bisa mengatasinya.”

Hal ini menunjukkan keyakinan akan kemampuan seseorang, tetapi juga berfungsi sebagai pengingat akan kekuatan dan ketahanan seseorang.

Dengan kata lain, mengatakan, "Saya bisa mengatasinya," menanamkan rasa kendali dan kemampuan, mengurangi kecemasan, dan menumbuhkan pendekatan positif terhadap pemecahan masalah.

2. “Tidak”

Kata kecil ini memiliki kekuatan besar, terutama bagi mereka yang memiliki harga diri tinggi. Ini tentang menetapkan batasan yang jelas dan memprioritaskan kebutuhan dan nilai-nilai seseorang.

Hal ini diakui oleh para ahli, tetapi mungkin John Kim, seorang terapis, menjelaskannya dengan lebih baik dalam sebuah posting di Psychology Today di mana ia menulis, “Memiliki rasa percaya diri dan harga diri yang kuat berarti mengetahui dan menerima siapa diri Anda sebenarnya…. Ini berarti berlandaskan pada nilai-nilai, keyakinan, dan keinginan Anda sendiri dan menjalani hidup secara autentik sesuai dengan nilai-nilai, keyakinan, dan keinginan tersebut.”

Pada dasarnya, harga diri yang tinggi memungkinkan individu untuk membedakan antara apa yang benar-benar penting bagi mereka dan apa yang tidak sesuai dengan prioritas mereka.

Kebijaksanaan ini sangat penting dalam dunia yang terus-menerus menuntut perhatian dan kepatuhan kita.

Greg McKeown, dalam buku terlarisnya Essentialism: The Disciplined Pursuit of Less , dengan sempurna merangkum gagasan ini: "Jika Anda tidak memprioritaskan hidup Anda, orang lain akan melakukannya." Orang-orang dengan harga diri yang tinggi memahami hal ini dan tidak takut untuk menjalaninya.

Mereka memahami bahwa mengatakan "tidak" bukanlah tanda kelemahan atau keegoisan. Sebaliknya, itu adalah penegasan harga diri yang kuat dan alat penting untuk menjaga kesejahteraan mental dan emosional.

Selain itu, mengatakan “tidak” juga bisa menjadi tindakan menghargai diri sendiri . Hal ini memberi sinyal kepada orang lain bahwa kita menghargai pendapat dan kebutuhan kita sendiri dan bahwa kita tidak mudah terpengaruh oleh tekanan atau harapan eksternal.

3. “Itu sudah berlalu.”

Pernahkah Anda mendapati diri Anda merenungkan komentar canggung yang Anda buat di pesta makan malam atau proyek di tempat kerja yang tidak berjalan sesuai rencana?

Kita semua punya. Akan tetapi, mereka yang memiliki harga diri tinggi cenderung tidak akan merenungkan dan mengingat-ingat kembali kesalahan masa lalu seperti itu.

Seperti yang dikemukakan oleh Dr. Gregory L. Jantz , seorang pakar kesehatan mental dan penulis buku terlaris, “Orang kuat yang memiliki harga diri yang tinggi adalah orang yang menolak membiarkan masa lalu mengendalikan apa yang terjadi saat ini.”

Mereka menyadari bahwa berkutat pada masa lalu tidak akan bermanfaat bagi masa kini atau masa depan mereka.

Sebaliknya, mereka mengadopsi pola pikir bahwa itu sudah berlalu, memahami bahwa setiap orang membuat kesalahan dan bahwa momen-momen ini tidak menentukan nilai atau kemampuan mereka.

Kemampuan untuk terus maju ini tidak berarti mereka mengabaikan kesalahan masa lalu mereka. Individu dengan harga diri yang tinggi memang merenungkan kesalahan mereka dan belajar darinya. Namun, mereka berbelas kasih kepada diri mereka sendiri.

Mereka tidak membiarkan keluhan, rasa malu, atau kegagalan masa lalu menghambat mereka dan menghambat pertumbuhan serta kebahagiaan mereka.

4. “Penting bagi saya bahwa bisa mendapat promosi itu, dan saya menghargai dukungan Anda.”

Bayangkan ini, Anda sedang memulai proyek baru di tempat kerja, yang memerlukan kreativitas dan kolaborasi. Anda tahu bahwa Anda dapat berkembang paling baik dalam lingkungan yang tenang dan tanpa gangguan untuk menyalurkan kreativitas Anda.

Tetapi, Anda mencoba untuk terus maju dalam ruang rapat yang sibuk karena takut dianggap terlalu menuntut atau mengganggu dinamika kelompok.

Orang dengan harga diri yang sehat tidak melakukan hal ini. Mereka tidak melihat kebutuhan mereka lebih rendah atau lebih penting daripada kebutuhan orang lain.

Mereka memahami keseimbangan antara memberi dan menerima dalam hubungan dan karena itu tidak ragu untuk mengungkapkan kebutuhan mereka dengan jelas dan tegas.

Kemampuan untuk mengutarakan apa yang mereka butuhkan tanpa merendahkan kebutuhan orang lain diterima secara luas sebagai tanda harga diri yang tinggi.

Bahkan, Universitas Queensland menyarankan untuk menegaskan kebutuhan kita sebagai cara untuk membangun harga diri.

5. “Tidak ada seorang pun yang sempurna.”

Bertentangan dengan apa yang mungkin dipikirkan sebagian orang, orang dengan harga diri yang sehat dan tinggi tidak memandang diri mereka sebagai contoh kesempurnaan.

Sebaliknya, seperti yang dikatakan oleh Kendra Cherry, seorang spesialis rehabilitasi psikososial, mereka melihat "kekuatan dan kelemahan mereka secara keseluruhan dan menerimanya."

Sederhananya, mereka memahami bahwa menjadi manusia memerlukan campuran kompleks antara kekuatan dan kelemahan.

Penerimaan ini tidak berasal dari sikap pasrah, tetapi dari sudut pandang sehat yang mengakui pertumbuhan pribadi sebagai perjalanan yang berkelanjutan.

Alih-alih terjerat dalam pencarian kesempurnaan yang sia-sia, mereka berfokus pada peningkatan kekuatan dan mengatasi kelemahan dengan sikap yang konstruktif.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #inilah #frasa #yang #sering #digunakan #oleh #orang #dengan #harga #diri #tinggi #menurut #penelitian #psikologi

KOMENTAR