Macet Bukan Penghalang, Ini 5 Tempat Wisata Populer di Puncak yang Selalu Ramai Dikunjungi Saat Liburan
Rest area Gunung Mas di Kawasan Wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)
16:28
17 September 2024

Macet Bukan Penghalang, Ini 5 Tempat Wisata Populer di Puncak yang Selalu Ramai Dikunjungi Saat Liburan

Libur panjang kembali membuat kemacetan di Puncak, Bogor. Bahkan, kemacetan yang berlangsung pada Minggu (15/9/2024) ini memakan waktu hingga belasan jam dan memakan korban jiwa. Memang, apa saja tempat wisata di Puncak yang kerap jadi pemicu macet parah saat musim liburan?

Puncak, Bogor, merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu menjadi favorit banyak wisatawan. Memiliki udara yang sejuk dengan deretan objek wisata alam yang memanjakan mata, tak heran kalau kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Namun, jalur ke Puncak saat weekend dikenal selalu macet, terlebih bila long weekend atau musim liburan. Menurut sejumlah pengamatan, ada beberapa tempat wisata di Puncak yang jadi pemicu macet karena diduga merupakan destinasi wisata favorit masyarakat. 

Tempat Wisata Favorit di Puncak 

Baca Juga: Nurunnisa Setiawan Desak Evaluasi Total Penataan Puncak Usai Wisatawan Meninggal

Ada sejumlah titik krusial yang jadi pemicu terjadinya kemacetan para selama libur panjang akhir pekan ini. Adapun beberapa titik tersebut yaitu Gunung Mas, Cipayung, kawasan Cimory, Pasar Cisarua,  dan Mega Mendung.

1. Agrowisata Gunung Mas

Kawasan Agrowisata Gunung Mas merupakan salah satu tempat wisata di Puncak Bogor yang sudah populer sejak lama. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam hijau yang begitu menyegarkan mata. Ramainya wisatawan membuat akses menuju lokasi sering macet.

Selain menyajikan wisata alam, ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berada di kawasan agrowisata Gunung Mas, seperti memetik daun teh, trekking, outbound, hingga glamping!

Untuk masuk ke kawasan agrowisata, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp15.500 per orang pada hari biasa dan Rp20.000 pada akhir pekan, di luar tarif parkir kendaraan. Sedangkan harga tiket untuk setiap wahana atau aktivitas yang tersedia akan bervariasi.

Baca Juga: Niat Healing Long Weekend Malah jadi Petaka, "Horornya" Kemacetan di Puncak Bogor: Wisatawan sampai Tidur di Jalanan

Sedangkan untuk menikmati fasilitas glamping, tarifnya mulai dari Rp 600.000 per malam pada hari Senin hingga Jumat, sedangkan di akhir pekan atau hari libur nasional, tarifnya menjadi Rp 700.000 per malam.

2. Nicole's River Park

Tempat wisata yang terbilang baru ini memiliki beragam spot foto Instagramable berupa replika dari berbagai negara. Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp35.000 saat weekday dan Rp40.000 saat weekend. Tiket ini bisa dibeli langsung di loket tiket.

Selain foto-foto, di sini juga ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan, seperti mengunjungi mini zoo yang berisi beberapa hewan lucu, seperti burung hantu, musang, iguana, dan lainnya, serta menjajal sejumlah wahana permainan seperti bumblebee, tagada, carousel, mini coaster, chicken coop, dan lain sebagainya.

3. Cimory Dairyland

Cimory Dairyland Puncak (Instagram.com/@dairyland.puncak)Cimory Dairyland Puncak (Instagram.com/@dairyland.puncak)

Cimory Dairyland juga merupakan salah satu tempat wisata favorit di kawasan Puncak yang tak pernah sepi pengunjung, terutama di akhir pekan dan musim liburan. Mengusung tema Farm Leisure Park, tempat ini menyuguhkan wahana bermain sekaligus kawasan peternakan yang bisa dimanfaatkan untuk mengedukasi anak-anak.

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat proses pembuatan susu yoghurt Cimory mulai dari awal hingga akhir. Selain itu, juga terdapat beberapa kegiatan menarik lainnya, seperti menunggang kuda, memberi makan hewan, hingga memerah susu sapi.

Cimory Dairyland buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Adapun harga tiket masuknya adalah Rp30.000 saat weekday dan Rp40.000 saat weekend.

4. Taman Safari Bogor

Kuda Zebra mendekati mobil di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/12).Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat

Taman Safari Bogor merupakan destinasi wisata favorit keluarga yang sudah ada sejak lama. Di sini, pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan liar dari dekat dan berkeliling melihat satwa dari dekat. Berbagai macam pertunjukan satwa juga sering dipentaskan di sini. Misalnya Free Animal Education Show biasa menampilkan ketangkasan satwa liar seperti gajah, harimau, singa, dan pinguin.

Saat ini, tiket Taman Safari Bogor dibagi menjadi dua jenis, yakni tiket premium dan tiket reguler. Tiket masuk reguler dijual dengan harga yang lebih murah karena beberapa wahana harus membeli tiket terusan terpisah, yaitu Istana Panda, wahana permainan, dan Curug Jaksa. Berikut rinciannya:

  • Weekday tiket reguler
    Wisatawan dewasa: Rp195.000
    Wisatawan anak (1-5 tahun): Rp150.000.
  • Weekday tiket premium
    Wisatawan dewasa: Rp230.000
    Wisatawan anak (1-5 tahun): Rp185.000
  • Weekend tiket reguler
    Wisatawan dewasa: Rp210.000
    Wisatawan anak (1-5 tahun): Rp175.000
  • Weekend tiket premium
    Wisatawan dewasa: Rp255.000
    Wisatawan anak (1-5 tahun): Rp195.000.
  • Safari malam
    Wisatawan dewasa: Rp180.000
    Wisatawan anak (1-5 tahun): Rp160.000.

5. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden adalah taman hijau nan indah yang luasnya hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit. Berada di bawah kaki gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 1.275 m dpl, kebun raya ini memiliki suhu udara yang sejuk dan segar, dengan kisaran 17 – 27 derajat Celcius.

Selain keindahan dan kesejukan Alamnya, pengunjung juga dapat melihat koleksi ratusan pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda. Di sini juga ada rumah kaca tempat beragam jenis kaktus, anggrek dan tanaman langka. Tercatat ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini.

Kebun Raya Cibodas buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada hari Senin-Jumat, dan pukul 07.00-16.00 WIB pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Harga tiket masuk bagi wisatawan nusantara dan mancanegara sama saja, yaitu mulai Rp15.500 pada hari Senin-Jumat, dan mulai Rp25.500 pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Demikian ulasan mengenai 5 tempat wisata di Puncak yang sering diburu banyak wisatawan dan sering terjadi kemacetan saat hari libur. 

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #macet #bukan #penghalang #tempat #wisata #populer #puncak #yang #selalu #ramai #dikunjungi #saat #liburan

KOMENTAR